7. DH|| Fatih galak lagi

213 30 3
                                    

Sudah kelembar berikutnya Hasnah nulis tentang mas Fatih yang galak. Mas Fatih ... Kapan sih baiknya sama Hasnah? Hasnahkan bosen nulis tentang mas Fatih yang galak Mulu di diary Hasnah!

||Diary Hasnah||

____________

"Reproduksi pada manusia diawali oleh peleburan sel kelamin jantan (sperma) dengan sel kelamin betina (ovum) yang menghasilkan zigot."

Oke, Hasnah tidak perlu menjelaskan lebih lanjut lagi kalimat di atas. Semua orang pasti sudah paham, apalagi Hasnah yang sekarang sudah duduk di kelas dua belas. Rasanya sudah tidak asing lagi belajar tentang reproduksi manusia, apalagi jurusannya IPA. Sudah sangat sering.

Tetapi masa iya, Hasnah harus menjelaskan secara rinci proses terjadinya janin di dalam rahim wanita, mulai dari awal sampai terbentuknya janin. Di depan teman-temannya! Sendiri!

Yaallah, rasanya Hasnah ingin pulang saja, lumutan lagi di kamar, dari pada harus presentasi macam begini.

Siapa lagi kalau bukan Fatih si biang kerok yang memberikan Hasnah tugas seperti itu. Teman-temannya enak, mereka tugasnya menjelaskan sistem muskulus, rangka, sendi, pernapasan, dan yang lainnya. Yang tidak ada hubungannya dengan reproduksi manusia. Hanya Hasnah seorang yang di beri tugas begitu.

"Setelah menghasilkan zigot, selanjutnya proses apa lagi?" Tanya Fatih pada Hasnah yang tengah berdiri sendiri di depan teman-temannya.

Hasnah mendengus kesal, "Hanya allah yang tau pak proses lebih rincinya. Hasnah gatau, gak pernah lihat, dan gak pernah nyobain." Ucap Hasnah membuat teman-teman kelasnya tertawa.

Fatih hanya mampu menggelengkan kepalanya sembari menahan tawa. "Lanjutkan," kata Fatih membuat Hasnah kembali melihat ke layar laptop yang tengah menunjukkan materi yang sudah ia buat. Teman-temannya bisa melihat materinya di papan tulis karena Hasnah presentasi menggunakan inpokus.

"Sistem reproduksi manusia, baik laki-laki maupun wanita memiliki empat komponen utama dalam sistem reproduksi nya, yaitu organ penghasil sel kelamin, saluran reproduksi, kelenjar tambahan, dan alat kopulasi." Jelas Hasnah kembali.

Hasnah akan melanjutkan ucapannya, tetapi salah satu teman laki-lakinya bertanya dan membuat mulut Hasnah menganga karena tidak lanjut bicara dan mengaga karena pertanyaannya.

"Kopulasi itu apa, Na?"

Yaallah, haruskah Hasnah menjelaskan secara rinci juga tentang kopulasi? Hasnahkan malu, geli lagi. Fatih sih, ngasih materi kok yang buat orang lain Travelling otak saja.

"Lan," panggil Hasnah pada teman laki-lakinya. "Masa gak tahu sih? Kan udah pernah di jelasin sama pak Fatih."

"Lupa, Na. Beneran. Makanya nanya."

Hasnah menghembus nafasnya kasar, ia melirik ke arah Fatih yang tengah duduk di meja guru, Fatih menopang dagunya sembari memperhatikan Hasnah.

"Di jawab pertanyaannya, Hasnah." Ucap Fatih.

Hasnah membulatkan matanya, "Bapak aja deh yang jawab, sambil jelasin." Ucap Hasnah dengan muka memohonnya.

"Kan kamu yang presentasi, kok bapak yang harus jawab?"

Ah sudahlah! Percuma saja Hasnah minta bantuan pada manusia jahat seperti Fatih.

Diary HasnahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang