"Aku mengagumimu, maka untuk itu izinkan aku jadi pengagum rahasiamu"
Jihan Makaila Fakhirah
_My Future_
***
Jangan lupa tinggalkan jejak yuk! Vote, follow and comment 🤗Happy reading.....
Masa orientasi siswa atau yang sering dikenal dengan MOS sudah berakhir dua minggu lalu. Suasana tampak ramai di mana kelas Jihan berada, yaitu kelas XII MIPA 2 karena sedang tidak ada guru yang mengisi kelas tersebut.
Banyak dari mereka yang memanfaatkan waktu luang tersebut dengan bermain ponsel, berfoto ria, menyanyi sampai menonton film dari berbagai genre, dari horor samapi ke genre romance. Ada juga yang menjadi siswa rajin dengan mengerjakan tugas mata pelajaran berikutnya, ada pula yang hanya duduk melamun, bergosip ada pula yang membaca novel. Berbagai macam kegiatan dilakukan di kelas ini.
Tapi itu semua tidak berlaku untuk Jihan, jikalau memang iya, Jihan akan terlebih dahulu mengutamakan sholat dhuha setelah itu baru ia akan ikut bergabung untuk menonton film, atau menyendiri di bangku pojok dengan sebuah novel di genggamannya.
Tapi untuk sekarang, ia akan mengalahkan egonya terlebih dahulu, ia berjalan seorang diri menuju mushola sekolah untuk menunaikan salat Dhuha. Bukankah Rasullullah SAW telah menganjurkan untuk menunaikan salat Dhuha? Mengingat begitu banyaknya keutamaan dari pada salat Dhuha.
Di antara keutamaan salat Dhuha dapat menggantikan sedekah seluruh persendian.
Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda,
يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى
“Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at” (HR. Muslim no. 720).
Padahal persendian yang ada pada seluruh tubuh kita sebagaimana dikatakan dalam hadits dan dibuktikan dalam dunia kesehatan adalah 360 persendian. ‘Aisyah pernah menyebutkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
إِنَّهُ خُلِقَ كُلُّ إِنْسَانٍ مِنْ بَنِى آدَمَ عَلَى سِتِّينَ وَثَلاَثِمَائَةِ مَفْصِلٍ
“Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan dalam keadaan memiliki 360 persendian” (HR. Muslim no. 1007).
Hadits ini menjadi bukti selalu benarnya sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Namun sedekah dengan 360 persendian ini dapat digantikan dengan salat Dhuha sebagaimana disebutkan pula dalam hadits dari Buraidah, beliau mengatakan bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
KAMU SEDANG MEMBACA
My Future
Teen FictionSebagian part dihapus HARAP FOLLOW TERLEBIH DULU SEBELUM MEMBACA;) Cinta datang karena terbiasa, tapi nyatanya tidak bagi seorang putri kiai pesantren Al Irsyad ini. Justru ia jatuh cinta ketika ia mendengar lantunan lafadz adzan dari seseorang yang...