26. Epilog

239 31 6
                                    

Happy reading :)


Selama weekday Sinta biasanya ngelakuin pekerjaan rumah seperti pada umumnya. Prima juga sering ke rumah kalau abangnya ngechat suruh nemenin dia pas Jay lagi lembur. Maklum, perusahaan lagi masa-masanya berkembang, jadi sering lembur.

Kalau ga lembur, sekitar jam lima sore udah di jalan. Jay selalu nelfon Sinta nanyain ada yang mau di titip atau enggak. Jay hapal banget istrinya itu tipe yang kalau ngapa-ngapain harus sama cemilan.

“enggak deh mas, ini jajan yang kemarin aja belum habis .. besok aja lagi kalau belanja bulanan” ucap wanita itu melalui telfon.

Untuk bulanan, Jay selalu nyempetin belanja bareng. Jay nganggepnya itu salah satu qtime sih, soalnya Jay juga lebih sering di kantor, jadi dirumah fullnya pas weekend atau emang kantor dia liburin.

“mas ..” panggil Sinta.

Mereka berdua sudah persiapan tidur diatas kasur. Disaat seperti ini biasanya Sinta cerita banyak hal, Jay juga cerita kendala-kendala dia selama di kantor kayak apa aja, jadi saling tukar cerita.

“aku tadi muntah-muntah ..”
“ha?! Kok ga nelfon?!” Jay seketika panik. Punggung tangannya ia tempelkan pada dahi Sinta, tapi suhunya normal. Jay juga megang-megang pipi Sinta, sampe pincet-pincet hidung juga, padahal gaada ngaruhnya apa sama hidung.

“mas! Ga sampe hidung juga kalau ngecek!” Sinta mulai ngamuknya.
“tapi kamu ga papa? Kok ga nelfon aku? Jangan bilang ga enak! Aku ini suami kamu, bunda sama ayah nitipin kamu ke aku ..”

“iya aku gapapa .. tapi aku cek sendiri ..” Sinta menjulurkan tangannya mengambil hasil tes kehamilannya yang ia beli di apotek.

“aku positif ..” ucap wanita itu tersenyum malu. Entah kenapa, malu aja.

“HA?! SIN?!” Jay langsung merebut benda panjang di tangan istrinya dengan antusias.
“b-beneran ini?” matanya melebar kaget tak percaya.

“tapi aku belum periksa ke dokter .. tadi cuma beli ini aja di apotek, inget kalau aku telat sebulanan ..”

“besok pagi kita berangkat! Sekarang tidur, istirahat!” Jay langsung narik tangan istrinya buat rebahan dan meluk dia erat banget.
“mas pelan-pelan napa ih! Kaget tau!”

“Ya Allah lupa ada debay ..” lelaki itu mengelus perut Sinta dan mengecup pipi wanita itu.
“belummm belum ada ..”

“gapapa, ayo bobok. Besok pagi-pagi kita ke dokter dulu ya sebelum aku ke kantor. Mau ikut ke kantor?”
“enggak ah, mau nyuci baju aja ..”
“jangan capek-capek istri aku! Kamu kalau ga kuat nyuci baju biar aku aja pulang kantor ..”

“ya ampun mas .. kita baru tinggal berdua. Lagian aku nyucinya pake mesin cuci. Jangan heboh napa ..”
“maap-maap hahaa, maklum, cucu pertama ..”

“heh!”
“cucu pertamanya mama-papa maksudnya, kan aku ikut deg-degan mau ngabarinnya.”

“jangan dikabarin dulu, tunggu dokter bilang apa ..”
“iya istriku cantik nan jelita .. apa besok aku libur aja ya?” Jay bertanya sedikit mendangak memeluk pinggang Sinta.

“ga usah .. aku masih bisa ngapa-ngapain kok .. belum banyak bertingkah. Kamu siapin diri aja buat masa ngidam aku besok ..”

“oke ibu negara .. mari kita tidur. Aku mau cepet-cepet besok, biar tau kabarnya ..”
“doain aku ga ngecewain ya ..”
“pasti .. aku selalu doain yang terbaik ..”

Cup!

“dah, tidur ya .. udah malem ..”
Sinta mengangguk menurut dan memejamkan matanya dipelukan sang suami. Pagi hari di hari selanjutnya mereka pergi ke dokter dan mendapatkan kabar baik. Hasil tes pribadi Sinta kemarin tidak melenceng.

Bahagia? Tentu.

Jay jadi lebih sering pulang duluan. Biasanya sering lembur, kini malah datang lebih cepat dari hari tanpa lembur. Walaupun tetap ujung-ujungnya Jay bawa kerjaan ke rumah, lelaki itu selalu minta temani Sinta di ruang tengah.

Paling tidak dia tau gimana keadaan istrinya. Kalau tiba-tiba Sinta minta aneh-aneh kan bingung seandainya Jay di kantor.

Wanita itu juga berubah jadi lebih manja dari biasanya. Kalau sebelumnya ga pernah suapin makan, sekarang harus disuapin pake tangan sama Jay, gamau pake sendok.

Kadang lagi sama-sama duduk nonton tv di sofa tiba-tiba Sinta gelendotan ditangannya suami, kaki juga sampe naik minta pangku. Tapi bukan Sintanya yang dipangku, kakinya doang.

Kalau udah gitu, nanti mau ke kamar juga pasti minta gendong. Males jalan katanya.

“berat ga mas?” tanya Sinta begitu sang suami menidurkannya di atas kasur.
“enggak .. masih sama kayak dulu ..”
“mas sini tidur ..” tangan Sinta menepuk sisinya minta segera Jay ikut rebahan.

“bentar ya .. mau ke kamar mandi dulu ..” wanita itu mengangguk kemudian memiringkan posisinya memainkan spray tempat tidur.

Jay mencuci kaki dan wajahnya kemudian segera kembali. Dia ga merasa keberatan sama sekali dengan sikap manja Sinta yang mendadak dan berlebihan ini. Jujur, dia malah senang.

Mungkin kalau bukan karena hamil, Sinta ga bakal mau manja-manja sampe minta gendong dan suapin kayak tadi. Jay sayang banget sama Sinta, adanya si kecil di perut wanita itu bikin hubungan mereka makin romantis menurut Jay.

Walau kadang emang kerjaan dia jadi agak terganggu, tapi gapapa. Apapun pasti ada plus minusnya. Mereka berdua juga udah kasi kabar ke kedua orangtua mereka. Baik itu mama-papa atau ayah-bunda.

Mama terutama, beliau excited banget. Karena seperti yang Jay bilang, ini cucu pertama. Kalau ayah-bunda udah sempat dapat cucu dari abangnya Sinta, tapi ga bohong juga kalau mereka seneng nambah cucu.

Sembilan bulan kemudian saat Sinta lahiran, itu pukul setengah dua dini hari. Jay seperti biasa akan tidur sambil peluk pinggang istrinya. Tapi Sinta tiba-tiba bangun dan ngeluh sakit perut.

Agak panik, tapi untungnya Jay bukan yang susah bangun kalau sekali disebut namanya atau digoyangin. Jadi lelaki itu tinggal jaketan dan bawa istrinya ke rumah sakit terdekat.

Hingga kemudian, lahirlah Danendra Izzam Gentala. Anak laki-laki tampan yang sudah dinanti banyak orang, termasuk tante Prima.

Nama itu sudah mereka siapkan sebelumnya. Namanya anak pertama, laki-laki pula. Sinta bersyukur banget punya suami sabar kayak Jay. Kalau diinget-inget sebegitu nyusahinnya dia masa-masa ngidam kemarin.
Tapi semuanya bisa dilalui.

“makasii sayang ..” ucap Jay mengecup pipinya sambil membawa Izzam digendongannya.

Saling menghargai keberadaan pasangan itu suatu hal yang penting. Apapun yang terjadi, buruk dan baik dari setiap hal itu tentu ada. Karena mutlak kesempurnaan hanya milik Allah.

Kalau ditanya apakah Jay pernah kesal dengan Sinta? Jawabannya pernah. Begitupun sebaliknya jika pertanyaan itu dilontarkan pada wanita kelahiran Bandung tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan adalah bukan saling menyalahkan dalam hal itu, tapi bagaimana mencoba tidak melakukan hal yang sama pada pasangan. Jika kita tidak suka, maka jangan lakukan itu pada mereka.
Dan perkara yang paling penting adalah mampu menjaga ego, emosi, dan kepercayaan satu sama lain.

---

“jangan membenci secara berlebihan, tar lo suka sama gue, bingung.” – Jayandra 2021.

“saya terima nikah dan kawinnya Sinta Intan Pradnyani binti Darmawan Santoso dengan mahar tersebut, tunai!” – Jayandra 2025.

---

“ga usah deket-deket .. ga suka gue ..” – Sinta 2021.

“gue juga! Lo kira gue bisa? Kenapa lo baru nelfon gue sekarang?! Kenapa ga dari kemaren?!” – Sinta 2021.

---

"Pa-pa"
"SINTAAA IZZAM NYEBUT 'PAPAA' TADIII!!"

Wanita yang asik di dapur itu menghela nafasnya berat. Jay emang ga bisa lebih santai apa ya? Udah panikan, ngegass pula.

_THE END_

Jayandra Sinta [Sinhope]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang