Janji terakhir (2)

3 1 0
                                    


Jam masih menunjukkan pukul 08.00 pagi. Gue males banget di rumah. Oh iya, gue ini saudara sepupunya Bisma. Cuma’ gue lebih tua dari dia. Mungkin terpaut 8 bulanan saja. Gue tinggal di Jakarta. Sedangkan Bisma tinggal di Bandung. By the way gue kangen banget ama dia. Udah hampir 1 tahun gue nggak ketemu. Dulu gue tinggal serumah ama Bisma. Tapi satu minggu kemudian bokap gue bilang katanya ada tugas di Jakarta. Gue terpaksa ikut bokap gue. Nyokap gue udah meninggal saat dia nglahirin gue. So, nyokap Bisma udah kaya nyokap gue sendiri. Next!!!

Gue duduk di sofa ruang tamu sambil ngotak-ngatik ponsel gue yang hampir kaya mayat hidup. Nggak ada SMS ataupun telepon sekalipun. Sambil ditemani jus jeruk buatan pembantu gue. Hmmm…

Ceklek…
Bokap gue masuk ke dalam rumah nggak pake’ salam. Gue lihat dia kayaknya tergesa-gesa banget.
“ada apa pah?”
“dokumen penting papa ada yang ketinggalan”
“oh…”
“Ve, minggu depan papa ada tugas di Bandung. Kamu harus ikut”
“ha? Maksud papa kita akan tinggal dirumah Bisma?”
“iya”
“yes… berarti Ve bisa ketemu Bisma lagi dong pa? Duh Ve jadi nggak sabar. Ve kangen banget sama Bisma pah…”
“kamu ini… haha”

Hari ini gue mau berangkat ke Bandung.
Bandung, I am Coming!
Hmmm… kini, gue sudah berada di depan rumah Bisma. Setelah menempuh waktu yang lumayan lama. Papa menurunkan gue dulu disini. Dia nggak bisa ikut karena tugasnya yang ada di sini. Gue melihat adik kecil Bisma sedang bermain dengan tante Ratih (mamanya Bisma). Kayaknya mereka sedang bersenang-senang. Dengan sigap gue memasuki gerbang bercat putih ini. Tante Ratih melihat kedatangan gue. Dia diam sejenak. Sambil menatap gue antusias. David, adik kecilnya Bisma menghentikan aktivitas mainnya. Ia juga melihat gue sejenak. Tante Ratih tetap diam. Sedangkan si David berlari ke arah gue dan memeluk gue. Erat. Erat sekali. Selayaknya orang yang baru pertama kali bertemu. Tante Ratih berdiri dari bangku yang ia duduki. Ia menghampiri gue dengan sejuta tanda tanya. Ia mendekap mulutnya. Perlahan air matanya mengalir membasahi pipi mulusnya. Tak lama ia meluk gue. Sangat erat.
Tiba-tiba ada suara klakson motor dari arah belakang. Gue melepaskan pelukan tante Ratih. Gue langsung menghadap ke arah sumber suara. Deg! Bisma. Apa benar ini Bisma. Duh! Gue benar-benar nggak percaya. ia menaiki motor Cagiva hitam kesayangannya. Motor pembelian bokap gue 2 tahun yang lalu. Bisma langsung turun dari motor. Ia ngeliat gue sejenak. Dia juga meluk gue. Lebih erat dari tante Ratih dan David.

“Bisma gue kangen banget ama lo. Udah hampir 1 tahun kita nggak ketemu. Bisma…” perlahan gue melepas pelukannya. Justru Bisma makin mempererat pelukannya. Untuk melepas rindu.
“gue juga kangen ama lo Ve. Gue kira lo bakal lupa ama gue”
“jelas gue nggak bakal nglupain elo bis. Gue sayang ama lo”
“gue jauh lebih sayang ama lo”
“yaudah kita masuk aja dulu. Kalian bisa ngobrol-ngobrol di dalam. Bisma tolong bantuin Ve bawa barang-barangnya ya” tante Ratih
“iya ma” perlahan Bisma nglepasin nih pelukan. Ia nangis tersedu-sedu. Mungkin saking kangennya ama gue kali ya?

Udah hampir seminggu gue berada di rumah megah Bisma. Yah kadang kali kita berantem hanya karena masalah yang sepele. Tapi gue ama Bisma maranya palingan juga 5 menitan ato sampe 10 menitan. Nggak perlu di perpanjang juga. Semenjak gue ada disini, bokap gue terus-terusan sibuk. Kadang ya pulang kerja sampe jam 22.00. atau bahkan sampe nggak pulang.

Minggu pagi gue jalan-jalan ama Bisma. Keliling-keliling komplek gitu. Yah buat nyehatin nih badan. Siangnya saat gue enak-enakan duduk di taman belakang, gue dapat telepon dari teman papa. Katanya papa kecelakaan saat mau pulang. Gue disuruh buat datang ke rumah sakit XXX. Gue kasih tau tante Ratih ama si Bisma. Gue nggak henti-hentinya nangisin bokap gue yang kecelakaan. Tante Ratih ngeluarin mobil dari garasi. Sedangkan Bisma nenangin gue. Di perjalanan gue terus berdo’a buat keselamatan papa.

Sampai di rumah sakit, gue langsung menuju ke ruangan yang tadi sempat dikasih tau temannya bokap gue. Si dokter ngelarang gue masuk. Gue disuruh nunggu di luar dan juga ngasih do’a agar bokap gue bisa di selamatkan. Hampir 1 jam lebih tapi si dokter belum keluar-keluar. Perasaan gue jadi nggak enak. Ceklek… nah keluar juga tuh si dokter. Tante Ratih langsung menghampiri si dokter. Dan nanyakan gimana kondisinya. Tapi si dokter malah jawab:
“maaf kami sudah berusaha semaksimal mungkin, tapi Tuhan berkata lain. Pasien mengalami pendarahan yang hebat di kepala hingga ia kehabisan darah. Maafkan kami. Permisi”
Tante Ratih shock. Sedangkan gue? Gue pingsan. Serasa dunia ini berhenti berputar. Hati gue hancur seketika.

rekomendasi cerita sadTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang