What is Veela?

81 14 0
                                    

Setelah baca ulang beberapa komentar di bab pertama, banyak yang belum tau apa itu Veela. Aku sudah menaruh penjelasan singkat dibagian akhir bab, tapi kayanya terlalu singkat dan belum cukup. Jadi, aku memutuskan untuk membuat satu bab yang berisi pembahasan mengenai veela.

Sedikit tentang Veela, Vila (atau Wila, Wili, Veela) adalah makhluk perempuan dalam mitologi Slavia. Vila berwujud seperti peri atau nimfa. Vila memiliki kekuatan untuk mengendalikan badai, yang sering mereka manfaatkan untuk menyerang para pengelana. Vila tinggal di padang, kolam, samudra, pohon, dan awan. Mereka disebut Wiła (diucapkan [ˈviwa]) dalam mitologi Polandia.

Suara Vila sangat menawan sampai-sampai orang yang mendengarnya akan lupa makan, minum, dan tidur hingga berhari-hari. Meskipun memiliki daya pikat, Vila adalah prajurit yang tangguh. Dikatakan bahwa bumi berguncang ketika mereka bertempur. Vila memiliki kekuatan meramal dan kadang-kadang mau membantu manusia. Di lain waktu, Vila memikat para pria untuk menari bersama, yang bisa berakibat baik dan buruk tergantung sang Vila. Mereka menunggangi kuda atau rusa dan berburu dengan panah. Tarian Vila meninggalkan jejak di rumput, dan jika jejak itu diinjak oleh manusia maka akan membawa nasib buruk.

Veela berasal dari mitology slavia, itu sebabnya aku memasukan penjelasan tentang bangsa slavia yang bisa kalian baca di bab 9 (adegan Nora mengajukan pertanyaan pada profesor Gryson)

Veela juga pernah muncul di film/novel Harry Potter. Di film nggak terlalu di jelaskan pasal Veela, tapi di novelnya ada penjelasannya. Di Harry Potter, yang dijelaskan sebagai veela adalah Fleur Delacor dan adiknya, tapi mereka hanya setengah veela atau sebutannya half-veela.

Selain di Harry Potter, aku nggak tau veela pernah muncul di film/novel mana lagi, karena memang mahluk satu ini jarang banget dipakai, orang yang tau juga masih minim

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.


Selain di Harry Potter, aku nggak tau veela pernah muncul di film/novel mana lagi, karena memang mahluk satu ini jarang banget dipakai, orang yang tau juga masih minim. Veela nggak kaya vampir atau werowolf yang ceritanya udah boming dimana-mana.

Sebenarnya hal itu juga yang jadi dasar utama kenapa aku nekat buat cerita dengan karakter utama seorang veela. Di wattpad sendiri, hampir nggak ada yang pakai veela sebagai karakter di ceritanya, itupun jika ada, pasti hanya sekedar fanfic yang di buat para potterhead yang sudah familiar dengan karakter tersebut.

Sudah sejak lama aku ngerencanain buat cerita ini. Gonta ganti alur sama nama tokoh dan juga banyak-banyak riset. Veela yang aku gambarkan di cerita ini agak berbeda dari mitologi karena pada dasarnya veela sama dengan nimfa dan digambarkan sebagai  peri jahat yang suka menganggu manusia. Aku berusaha memutar otak untuk membangun karakterku sendiri, veela versiku-versi cerita ini dan kemudian jadilah Gwen Tarcey.

Pada dasarnya aku pengen buat cerita yang berbeda dengan karakter yang nggak mainstream. Villain yang aku munculkan juga, seperti wendigo. Masih banyak dari kalian yang masih asing sama mahluk satu itu kan? Buat yang pernah nonton serial Teen Wolf, pasti cukup mengenal wendigo, karena aku sendiri juga pertama kali tau pasal wendigo dari serial tersebut. Yah, meski hanya dimunculkan sekilas doang sih.

Itu dia sedikit penjelasan yang bisa aku berikan. Semoga kalian nggak bingung soal veela lagi setelah ini dan bisa nyaman selama membaca. Untuk istilah-istilah yang menurutku asing atau belum banyak yang tau, aku sudah sematkan penjelasan-penjelasan singkat disetiap akhir bab. Kalau ada yang belum dimengerti, kalian bisa nanya-nanya lewat komentar, aku akan berusaha untuk menjawab.

See you guys. Have a nice day~

Veela: Bloodlines ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang