Part 1 [S2]

737 46 5
                                    

Gue Keenan Abinaya Bachdim. Lo pasti udah kenal siapa gue dan gimana perjalanan hidup gue yang nano-nano kayak permen. Gue akui, hidup gue semakin lurus setelah gue akhirnya pisah sama Bagas.

Di hari itu, gue balik ke rumah beserta barang-barang gue yang diambil setelah seminggu sejak hari itu  datang. Keluarga gue ngga ikut campur begitupun dengan keluarga Bagas. Pada akhirnya kita harus berpisah dan bener-bener berpisah dengan cara yang cukup baik.

Gue berkali-kali sungkem sama Om Gulza dan Mama Berlin. Sedikit gue merasa bersalah dan berdosa karena udah buat onar. Tapi, meski gue sama Bagas putusin buat pisah. Gue ngga ada dendam sama sekali sama dia atau keluarga dia. Gue memilih buat damai biar hati gue juga tenang. Gue juga mengerti kondisi Bagas meskipun sejak hari itu, gue udah menjauh dan ngga mau ada kontak langsung sama dia. Akhirnya, gue blok dia dari semua kontak yang gue punya.

Sejak saat itu, dua sahabat gue dan temen-temen kampus gue tahu bahwa gue putus sama Bagas. Mereka tahu begitu saja, meski Rara, Arif, Thariq ngga pernah tahu gue pernah nikah sama Bagas. Tapi mereka tahu bahwa gue punya hubungan spesial sama dia. Mereka pada sayangin sama keputusan gue sama Bagas buat pisah. Tapi ya gimana lagi, gue capek juga. Gue ngga mau punya masalah saat studi gue pun belum selesai. Kalo kayak gini, ngga ada lagi kan orang yang bakal neror gue, ngga ada lagi kan orang yang bakal misuh-misuh ke gue atau lakuin hal cabul ke gue. Intinya, hari tenang akan datang kalo gue jauh sama dia.

Masalah band pun, berakhir.

Gue angkat kaki dari band 4play dengan alasan bahwa gue sibuk sama tugas-tugas yang makin lama makin menggunung. Bang Gilang dan yang lain memaklumi itu, mereka bilang meski udah ngga jadi manajer mereka lagi. Jangan sampai hubungan pertemanan jadi terputus. Gue berkali-kali minta maaf sama mereka sampai akhirnya ngga lama setelah itu band mereka sudah dapat manajer baru. Gue juga ikut seneng, rasa bersalah ke mereka dan band sedikit berkurang. Setelah semua itu, gue hanya fokus kuliah tanpa ikut kegiatan organisasi apapun karena pada akhirnya gue mengundurkan diri dari pencalonan pengurus BEM.

Perkuliahan gue berlangsung dengan khidmat. Biar gue ngga stres pada saat itu. Gue banyak banget ikutan seminar-seminar maupun webinar gratis di berbagai tempat. Lebih tepatnya gue cuman numpang tulis nama buat dapat sertifikat karena kampus gue sangat menjunjung tinggi keaktifan mahasiswa dan ada minimal poin tertentu keaktifan sebagai salah satu syarat kelulusan. Jadi, selain menghilangkan stres dan dapat snack gratis, salah satu alasannya karena kampus menuntut agar aktif.

Selain itu, nilai akademik gue juga lumayan bagus. Dan juga, gue ikut les bahasa inggris karena speaking gue jelek parah. Tapi gue ngga pernah nyangka karena rajin les dan belajar sendiri buat aktif ngomong inggris sama orang rumah. Pas gue tes TOEFL, gue dapat skor di atas 550. Alhasil, salah satu dosen rekomendasiin gue buat ikut program student exchanges ke luar. Ya, meski gue ngga dapet full funded sih cuman mesti bayar setengahnya. Tapi keluarga gue setuju dan akhirnya gue pergi ke sana untuk satu semester.

Hingga tak terasa waktu cepat berlalu.

Sampai akhirnya waktu itu tiba...

Hari ini adalah hari gue wisuda

Tepat sekali.

Setelah selesai masa studi selama empat tahun, pada bulan Agustus ini gue wisuda. Cuman sangat disayangkan, Rara, Arif, sama Thariq ngga bisa ambil wisuda periode yang sama. Mereka masih harus kerjain skripsi dan baru bisa sidang bulan ini dan wisuda di bulan desember. Jadi, kita cuman foto berempat sebagai kenangan kalau kita pernah punya masa-masa kuliah bareng selama beberapa tahun. Dan gue juga foto bareng Azka dan Bayu pake toga karena kita wisuda di periode yang sama.

Gue naik panggung dengan bangga tapi deg-degan. Bayangin, ribuan pasang mata lihat gue di atas panggung yang mesti pake kabaya dan make up agak menor buat momen ini. Sebenernya gue nolak buat make up, tapi lo tahu sendiri gimana berkuasanya Mama Sari di keluarga. Nah, pencetusnya adalah Yang Mulia Mama Sari kalo bukan, siapa lagi?

Gue pake kebaya hitam dan rok langsungan batik beserta sepatu dengan hak pendek.  Sengaja gue pilih kebaya yang lebih longgar. Yang paling penting, gue BIG NO buat pake korset pelangsing. Katanya biar perutnya rata. Tapi pas gue coba,

ANJIRRRR

Ngga bisa nafas.

Seriusan nih emak suruh gue pake kayak ginian cuman buat kelihatan langsing. Padaha badan gue ngga gendut-gendut amat cuman semok dikit soalnya selama pemulihan gue makan mulu biar ngga stres.

Tapi di balik semua itu, emak gue akhirnya setuju setelah gue sungkem tujuh hari tujuh malam biar emak gue setuju kalo gue ngga akan pake korset.

Setelah selesai acara wisuda berlangsung, Kak Miko sewa temennya buat acara hari ini. Temen Kak Miko fotografer lepas, jadi dia bisa bantu dokumentasi selama wisuda hari ini. Kak Miko sengaja datengin langsung fotografer dari luar biar backgroundnya ngga monoton. Sekaligus mengenang masa-masa gue kuliah di kampus tercinta.

Kita berlima berfoto ria di hampir semua tempat penjuru kampus. Banyak juga wisudawan/ti lain yang sewa fotografer juga ke acara wisuda mereka. Jadi kita harus rebutan tempat dan cari lokasi yang lebih sepi biar dapet spot yang bagus. Soalnya kalo rame gini, fotonya suka bocor dan ya hasilnya kurang memuaskan. 

Selendang cumlaude gue udah terkulai lemas soalnya udah lari-larian, hujan-hujanan, bahkan gue sempet nyeker karena pegel pakai sepatu hak meski haknya setipis dompet gue. Tapi akhirnya, kita selesai dan memutuskan buat makan-makan di restoran favorit keluarga gue.



Sebulan berlalu, akhirnya gue resmi menjadi pengangguran. Sehari-sehari gue cuman rebahan dan nonton anime sampe akhirnya emak gue marah-marah karena dikira anaknya ngga cari kerjaan. Padahal kan gue juga sambil daftar-daftar kerja tapi gue cuman bisa mentok sampe interview HR atau interview users. Sisanya gue ditolak semua. Belum ada yang mau nampung gue jadi budak korporat. Padahal kan ya kayaknya gue ngga jelek-jelek amat skills yang gue punya cuman ya kayaknya karena terlalu standar jadi ngga ada yang menarik dari gue.

Tapi pas siang itu, tiba-tiba gue dapet chat dari Tante Berlin. Agak heran sih soalnya udah berapa lama ngga dapet chat lagi dari emaknya Bagas. Dan setelah gue baca, gue ngga bisa ngga syok, setelah sekian purnama dan setelah sekian lama kabarnya Kak Rey batalin tunangan karena tunangannya hamil anak orang. Akhirnya Kak Rey nikah!

Gue ngga bisa ngga loncat dari atas kasur. Ya gimana pun entah kenapa gue girang sendiri. Kak Rey itu gambaran sempurna dari sosok kakak idaman. Pertama, dia kalem. Kedua, dia baik. Ketiga, dia pinter. Keempat, dia ganteng. Kelima,  dia baik hati, sabar, dan tidak sombong, terutama sama adek-adeknya. Itu sih yang gue dapet infonya dari emak dan bapak gue.

Buru-buru gue lari cari emak buat kasih kabar kalo Kak Rey mau kawin. Nah, pas banget emak gue lagi bikin kue di dapur. 

"Emak! Kak Rey mau nikah loh!" Teriak gue kenceng sampe ngga sengaja bikin si Meimei bangun. [Meimei nama kucing gue]

"Apasih, Nan! Jangan teriak-teriak, Mama ngga budeg!" 

Gue sungkem-sungkem minta maaf sebelum emosi emak meledak.

"Ma, Kak Rey mau nikah. Minggu depan." Mata berbinar-binar ke emak.

Emak gue cuman lihatin gue datar, "Udah tahu. Kan dari dulu juga udah dapet undangan. Gimana sih."

Gue merengut, "Kok Emak ngga kasih tahu Keenan. Kan Keenan kelihatan konyol di depan Tante Berlin di chat."

"Kamu ngga nanya, Nan." Jawab emak gue santai sambil mindah-mindahin kue dari oven ke atas piring.

"Cih."

Emak gue langsung melotot, "Apa kamu bilang?! Cih?! Nih anak makin lama makin ngga punya akhlak! Lama-lama emak kawinin juga kamu sama anak orang!"

Gue lari, "Dikira Keenan anak kucing main kawinin aja, Mak!"

Sebelum alat  dapur melayang, lebih  baik gue melarikan diri!

SWITCHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang