Part 5 [S2]

624 45 2
                                    

Hari ini hari Jumat dan gue dapet email dari sebuah perusahaan start up yang ada di Surabaya. Sebenernya gue ngga inget pernah apply job di perusahaan itu, apalagi itu perusahaan edutech dan posisinya sebagai konsultan pendidikan. Serius deh, gue serandom apa sih pas apply? Demi bisa kerja gue ngga baca tuh kerjaannya apa asal ada bacaan fresh graduate gue main masukkin aja random. So, sekarang? Gue kelabakan sendiri. Antara gue mesti coba tuh proses rekruitmennya di Surabaya atau mending gue mundur aja dan nunggu panggilan di tempat lain. Mending gue nanya emak aja deh apa emak gue ngizinin buat pergi ke sana atau ngga.

Gue langsung lari ke kamar emak sebelum emak pergi ke acara sunatan temen kerjanya. Emak gue kaget karena tiba-tiba gue dobrak pintu kamarnya dan langsung ngehardik gue anak durhaka bikin emak jantungan. Ya udahlah, gue langsung ke intinya aja kalau gue dapet undangan buat seleksi kerja di Surabaya.

Emak awalnya ragu tapi dia langsung cari tahu di google apa bener perusahaanya ada dan ngga bodong, terus dicari pula siapa CEO-nya dan bahkan nanya ke ibu-ibu entah siapa tentang perusahaan itu. Setelah emak nanya-nanya akhirnya emak izinin buat gue ikut seleksi di Surabaya. Kata emak sih bilangnya, "Coba dulu aja. Kalo lolos terus kerja di sana dan kamu nyaman ya udah. Tapi kalo pas kerja terus kamu ngga betah, pulang aja ke rumah." Gitu katanya. Tapi emak minta gue buat pergi ngga sendirian. Dia coba tanya Kak Miko atau Kak Hans buat temenin gue selama di Surabaya.

"Ma, Kakak ngga bisa temenin adek ke Surabaya. Kakak ada schedule jadi juri di kontes sekolah seninnya."

"Mama, maafin Hans. Hans ngga bisa tuker jadwal sama temen Hans hari itu."

Kedua kakak gue dua-duanya ngga bisa temenin gue pergi. Emak gue udah mengeluh resah denger jawaban abang-abang gue yang sibuk. Terus emak gue manyun gitu cemberut tapi bukan emak kalo kehilangan akal buat dapetin sesuatu.

Emak scroll hpnya cari kontak di WhatsApp meski entah siapa yang bakal emak hubungi sekarang. Ngga mungkin bapak gue sih, bapak gue udah ada urusan di Jakarta dua minggu ini. Emak tiba-tiba telepon orang sambil di loud speaker kayak tadi. Ya gue dengerin ajalah kalo emak gue entar ngomong sambil mencerna dokumen apa aja yang mesti gue bawa nanti.

"Assalamualaikum, Mama."

Bentar-- gue speechless. Itu suara mantan suami gue kan?

"Waalaikumussalam, Bagas. Bagas gimana sehat?" Tanya emak gue dengan ramah dan senyum merekah sempurna.

"Alhamdulillah Mama, Bagas sehat-sehat aja. Mama gimana kabarnya?"

Serius deh kok Bagas kalo ngomong sama emak gue kayak beda orang. Lembut banget sumpah!

"Alhamdulillah Mama sehat-sehat aja hehe."

"Bagas, Bagas hari pekan ini sampai Rabu depan sibuk ngga?" Tanya emak ke Bagas.

Jangan bilang emak gue mau minta mantan suami gue buat temenin ke sana.

"Oh, ngga Ma. Bagas sampai minggu depan ngga ada plan apa-apa. Memangnya kenapa, Ma?"

Mata emak gue semakin berbinar. Bisa gue lihat senyum setan di balik keceriaan emak.

"Owalah Bagas lagi santai ya. Jadi gini, Bagas. Mama mau minta tolong ke Bagas boleh?"

"Boleh kok, Ma. Mama minta tolong apa ke Bagas? Kalo bisa Bagas lakuin, Bagas bisa-bisa aja, Ma."

Emak gue semakin ngga bisa menyembunyikan hawa kebahagiaannya. Serius gue pengen bantah biar ngga libatin Bagas tentang masalah ini. Tapi emak gue pelototin gue sambil ngancem seakan emak bakal gorok leher gue kalo gue berani nentang.

"Oh tenang, Bagas. Mama bukan minta tolong yang bakal nyusahin Bagas kok. Kayaknya sih." Ucap emak gue tapi rada ragu di akhir.

"Kalo boleh tahu apa, Ma?" Bagas masih bersikap lembut dan bahkan dia ngga curiga apa-apa ke emak.

SWITCHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang