Hawa panas disiang hari membuatku terjaga dari tidur. Melihat keadaan sekitar situasi begitu sepi. Kemanakah mereka ?
Selepas merapikan keadaan yg berantakan aku bergegas keluar ingin memastikan kai bagaiman keadaannya.
Aku berdiri didepan pintu dan memantau keadaan sekitar. Dan mendengar suara riuh kai.
Sumber suara itu dari sisi kiri. Dan benar mataku melihat kai sedang bermain di parit samping rumah.
Terburu aku menghampiri kai. Dia sedang duduk bermain air setinggi perutnya.
Kemana istriku...
Kai sendirian disini.
Kai senang sekali dan mengajakku serta untuk ikut masuk. Jadi menurutinya.
Tak lama istriku terlihat berlarian.
Lirikan tajam mataku membuat dia tergagap.
" Aku tadi menjemur pakaian sebentar. "
Sedikit maklum kalau anak seumuran segini silap mata pasti sudah ntah kemana pergi bermain.
Aku mengabaikan hal itu. Ada yg lebih penting. Karena ada bentuk tidak biasa didekat kai.
Semakin dekat aku melihat . Warna putih belang kuning dan bercak hitam sedikit.
Itu mainan kai atau kain lap bekas atau hal yg membuatku waspada sedari awal kalau itu ular.
Istriku mendadak masuk keparit dan membereskan mainan kai.
Aku segera mengangkat dan menggendong kai. Menjauhkan dia dari benda itu.
Sambil naik aku memperingatkan istriku kalau ada sesuatu yg tidak dikenal disitu.
Kai ku mandikan didepan rumah. Ada pipa air yg terhubung didepan untuk aktifitas menyiram bunga.
Aku mendengar istriku berteriak. Dan mengeluhkan ada gigitan di kakinya.
Benar saja itu ular.
Kaki kirinya berdarah . Aku memberikan kode untuk segera masuk kerumah.
Istriku membersihkan kakinya dari sedikit lumpur dibagian yg terluka.
Karena aku bingung apakah ular itu berbisa atau tidak. Jadi aku berinisiatif sendiri.
Aku menyedot bagian gigitan ular. Untuk antisipasi.
Selanjutnya aku menyarankan untuk di bawa keklinik saja.
Selepas itu aku memakaikan baju kai dikamar dan memeriksa bagian tubuhnya apakah aman dari gigitan ular.
#
Sebenarnya aku bingung selama apa kai bermain disitu.
Lalu aku tidak menginginkan dia celaka tetapi kenapa dia aman saja dari ular itu.
#