Sepulangnya dari Bali,Louisa mengajak Salsa untuk ketemuan.
Louisa pemasaran dengan sosok Vidya yang Eros ceritakan tempo hari itu yang membuat Louisa terus terusan berpikir keras.Apakah keputusannya sudah benar untuk tetap menyukai Eros disaat ia tahu bahwa Eros pernah menjalin hubungan 10 tahun bersama mantan terindahnya?apakah Louisa takkan sakit hati jika ia memilih Eros?
Pikiran jahat terus menghantui Louisa.
“Hai hai!ini ole ole gue dari Bali,”Louisa menyodorkan sebuah bingkisan yang berisi pernak pernik yang ia beli sewaktu di Bali .
“Makasih Sa,”balas Salsa sambil tersenyum manis.
“Oh iya kenapa tiba tiba ngajak gue ketemuan?mau bahas Eros ya?”tebak Salsa.
Louisa mengangguk,“Iya ada yang pengen gue tanyain ke elo.”Louisa menghela nafasnya panjang.
“Soal?”Salsa menaikkan alisnya sebelah.Merasa penasaran dengan pertanyaan apa yang akan Louisa ajukan padanya.
“Lo kenal Vidya mantannya Eros?”tanya Louisa ragu ragu.
Salsa terbelalak,“Tau dari mana soal Vidya?”
“Eros cerita pas kita di Bali,”balas Louisa dengan nada memelan.
“Vidya itu mantannya Eros.Mereka udah pacaran dari SMP.Gue akrab dan deket ama Vidya.Vidya itu first lovenya Eros,first girlfriendnya juga dan ya namanya first love rata rata ngk bakalan berakhir bersama,begitu juga dengan kisah cinta mereka.Vidya nikah duluan disaat Eros berniat ngelamar Vidya.Mereka awalnya ldr dan janji bakalan nikah setelah Vidya pulang dari Jepang,tapi emang bukan jodohnya Vidya malah nikah sama orang lain.Alasan Vidya karna Eros kayak ngk mau menjalin hubungan serius.Vidya takut menunggu Eros yang pada saat itu ragu buat menikah.Makanya Vidya memilih cowok yang dia rasa lebih pasti,”cerita Salsa panjang lebar.
Sebagai saksi atas bucinnya Eros dahulu,Salsa tahu betul siapa sosok Vidya bagi Eros.
“Menurut elo Eros masih cinta ngk sama Vidya?”tanya gadis itu polos.
“Gue ngk tau Sa.Gue bukan Eros,yang tau perasaan Eros ya cuman Eros.Tapi Sa,elo harus percaya kalau cowok udah mau memulai hubungan baru apalagi jenjang serius 99%dia udah lupain masa lalunya.1%nya adalah kenangannya.Dan elo taukan sampai kapanpun kenangan ngk bakalan pernah bisa hilang,tapi jangan pernah khawatir Eros ngk bakalan nyakitin elo,”
“Sal,gue ngk mau berekspetasi kalau Eros ngk bakalan nyakitin gue karna itu diluar kendali gue.Gue ngk mau berharap lebih sama cowok untuk ngk nyakitin gue,”Louisa menjawab dengan nada melemah.
“Sa,gue tau elo trauma.Gue paham elo butuh waktu untuk pulih,tapi jangan pernah sampai mati rasa ke orang lain ya,”Salsa memegang pundak Louisa.Sebagai seorang perempuan,Salsa tau bagaimana sakitnya setelah disakiti.Sama seperti Louisa,Salsa juga merasakan bagaimana disakiti oleh orang yang sama tapi dengan cara yang berbeda.
Setelah bertemu Salsa,Louisa lalu menepati janjinya untuk bertemu Jeon di Gacoan.
“Hai!btw ini ole ole buat elo,”Louisa memberikan ole olenya dari Bali untuk Jeon.Jeon pun menerimanya dengan penuh sumringah.
“Elo inget gue juga,”celetuknya.
“Iyalah.Emangnya elo,”cibir Louisa.
“Mau pesen apa?”lanjut Jeon bertanya.
“Hm gue keknya mau gacoan level 8,"jawab Louisa.
“Elo lagi pms atau apa pedes banget gila,”ujar Jeon.
“Gapapa sekali kali,”kata Louisa santai.
Setelah itu,mereka berdua kembali mengobrol.
“Gimana nikahan Laura di Bali?”Jeon bertanya.
“Seru banget sampai gue ngk mau pulang.Di Bali enak banget sumpah!”Louisa antusias.
“Enak karna sama Eros ya?”seru Jeon.
Louisa melotot,“Ngk gitu!”Louisa berusaha tenang ketika Jeon memancingnya.
“Elo emangnya gimana sama Eros?kalian lagi deket?”Jeon semakin kepo dengan hubungan Louisa dan Eros.
“Kalau iya kenapa?”jawab gadis itu santai.Tak sadar jika Jeon sedari tadi panas karna harus menerima kenyataan pahit.
“Kalau gitu Eros berarti nikung gue dong buat dapetin elo balik,”ujar Jeon.
“Je,kenapa sih elo ngebet banget buat ngajak gue balikan?kita kan udah lama selesai,”cibir Louisa.
“Karna gue ninggalin elo pas lagi sayang sayangnya.Gue nyesel Sa,maka dari itu gue pengen perbaikin kesalahan gue ke elo,”jelas Jeon.
Louisa menghela nafas kasar,kenapa percintaannya bisa serumit itu.Apa salah Louisa dikehidupan sebelumnya?apa cewek itu menolak banyak cowok sehingga di kehidupan saat ini percintaannya selalu dipersulit.
“Tapi perasaan gue ke elo udah hilang Jeon,”ucap Louisa melemah.
“Sejak kapan?”Jeon menatap Louisa dalam seolah menunggu jawaban Louisa.
“Sejak elo terang terangan pacaran sama Salsa disaat kita baru aja putus,”jawab Louisa.Memori buruknya kembali terputar.
Membawanya difase dimana saat ia tahu Jeon berpacaran dengan selingkuhannya.Memori buruk yang mash hinggap dikepala Louisa.Jeon seketika terdiam dan kaku ketika mendengar jawaban Louisa barusan.
“Untuk itu gue minta maaf,”katanya.
“Tiap kali gue ingin memulai kisah baru seperti elo,bayang bayang itu selalu muncul.Jujur,elo cowok pertama yang membuat gue jatuh cinta,tapi elo juga cowok pertama yang membuat gue terluka.Dulu,ketika kita baru aja putus gue selalu berharap kita bisa balikan walaupun gue tahu elo sendiri udah membuka lembaran baru,memulai kisah baru dengan pacar elo pada saat itu.Sedangkan gue?Gue masih berharap ke elo,berharap kalau kenangan kenangan kita terlintas di otak elo sehingga ada harapan buat kita kembali bersama.Tapi seiring berjalannya waktu,gue seperti orang bodoh yang mengharapkan elo balik ke gue.Pada gue tahu elo tuh udah nyakitin gue,udah selingkuhi gue tapi dengan bodohnya dengan atas nama cinta gue masih berharap ke elo,”mata Louisa mulai berbinar.Ia seperti tak sanggup untuk melanjutkan kalimatnya lagi.
“Tapi hari ini bisa gue pastikan Louisa yang dulu bodoh tentang cinta ngk bakalan datang untuk kedua kalinya.Kita ngk bisa balikan Je.Masa kita udah habis dan itu ngk bisa lagi buat diulang.Bagi gue,elo cuman pelajaran hidup bukan buat gue ulang tapi cuman buat gue kenang,”lanjut gadis itu.Louisa mulai bernafas lega karna telah mengeluarkan suara hatinya yang ia pendam.
“Gue paham.Gue harap elo nemuin cowok baik.Elo pantas dapetin yang terbaik di dunia,bukan kayak gue yang jauh dari kata sempurna.Gue emang brengsek banget Sa menyia-nyiakan dua cewek baik yang datang dihidup gue,”ucap Jeon penuh penyesalan.
Louisa lalu menatap Jeon,“Je gue tau elo orang baik.Tapi sayangnya kita emang ngk ditakdirin satu sama lain.Tapi gue berdoa semoga elo dapet cewek yang bisa nerima elo dan elo pun juga begitu.”
Jeon mengangguk,“Makasih ya Sa untuk hari ini dan terima kasih pada hari itu elo jadi alasan gue bahagia.”
“Gue pun berterima kasih karna elo juga banyak mengajarkan gue hal hal baru.Ngk semua kok kenangan yang elo kasih ke gue hal hal yang buruk,banyak hal hal baik yang gue dapetin dari elo.”
Dan hari itu keduanya menjadi dua insan manusia yang saling memaafkan dan menerima satu sama lain.Bahwa mereka adalah orang yang saling menyakiti dimasa lalu.Namun kini,belajar untuk berdamai dan lebih ikhlas bahwa kembali bukanlah jalan tengah yang harus mereka tempuh.
Sebab,bahagia dijalan masing masing adalah jalan terbaik untuk keduanya.