Jam jam 6 seperti ini,Lana dan Louisa tengah menunggu kedatangan Eros pulang kerja agar mereka bisa makan malam bertiga.
Kini,Lana asyik di ruang keluarga bermain handphone Louisa,sedangkan Louisa sendiri sibuk didapur memasak makan malam.
“Jadi ini dulu Mama sama siapa?”tanya Lana,bocah yang berusia 6 tahun itu saat tak sengaja menonton video lama mamanya di youtube 7 tahun lalu.Entah dari mana kanal YouTube Legend mamanya itu kembali muncul diberanda.
Louisa terlonjak kaget,lalu menghampiri Lana yang asyik menonton youtuber di ruang keluarga.
Lana Rosa Harlandi adalah anak tunggal dari Louisa dan Eros semenjak menikah 7 tahun yang lalu.Arti nama Lana sendiri memiliki kemampuan bicara yang baik,tak ayal bocah tersebut hobi ngoceh yang membuat rumah rame setiap harinya dengan pertanyaan pertanyaan randomnya.Lalu Rosa sendiri adalah singkatan dari nama Eros-Louisa.
Harlandi sendiri adalah nama belakang dari ayahnya.“Jeon siapa Ma?”tanyanya lagi dengan raut penasaran.
“Jadi itu mantan Mama pas jaman sebelum ketemu Papa mu,”balas Louisa.
Lana mengangguk paham.Anak gadis Louisa dan Eros yang sudah menginjak 6 tahun itu sudah mulai aktif bermain gadget.Namun sebagai orang tua yang bijak,Louisa membatasi Lana untuk bermain gadget.
“Trus kalau gitu mantannya mama dimana sekarang?”
Lana benar benar penasaran dengan sosok Jeon yang pernah mengisi hati mamanya itu.Andai saja Lana tau betapa dramanya kisah asmara mamanya dulu dengan sosok yang bernama Jeon tersebut.
“Sekarang tinggal di Jerman setau Mama.Emang kenapa sih kamu kepo banget?”Louisa mencubit hidung Lana yang membuat bocah tersebut geli.
“Soalnya Mama sama Om Jeon ini lucu banget yah.Tapi lucuan Papa ke Mama sih kalau menurut Lana,”ujar anak itu jujur.
“Ih pinter banget ya kamu ngomongnya,”sahut Louisa gemas.
“Lana pikir ya Ma,Papa dan Mama itu langsung jodoh gitu aja.Orang dewasa emang gitu ya Ma?"
“Gitu apanya?”tanya Louisa heran.
“Punya mantan.Jadi kalau Lana udah besar berarti aku punya mantan juga dong?"katanya dengan raut polos.
Louisa meringis.Dari mana anaknya tau hal hal begini?apa ini karna Lana sering menonton drama di handphonenya diam diam?
“Ya bisa jadi.Tapi Lana terlalu kecil buat bahas kayak gitu.Gimana kalau Lana nonton video Sofia the first aja?”
Louisa mencoba mengalihkan perhatian Lana dari topik masa lalunya dengan Jeon.Memang benar ya jejak digital itu susah untuk dihapus.Tapi paling tidak Louisa terlihat cantik pada jaman itu,bahkan sekarang pun cantiknya bertambah walaupun telah memiliki satu orang anak.
“Papa pulang~"
Kepulangan Eros langsung disambut oleh Lana yang langsung menyalim Papanya itu.Video Sofia the first yang ia tonton,langsung gadis itu tinggalkan.
“Lana habis ngapain?”tanya Eros.
“Lagi nonton Sofia.Oh iya Pa,Lana Nemu video Mama sama orang lain,”kata gadis itu melapur ke Papanya.
“Oh ya?”
Lana lalu mengambil hp mamanya untuk memperlihatkan video yang ia maksud.
Louisa sudah menggeleng gelengkan kepalanya dengan wajahnya yang mulai cemas.Kelakuan Lana memang selalu diluar nalarnya.
Eros tertawa ketika menonton video masa lalu Louisa dan Jeon.
“Papa cemburu ngk?”tanya Lana.
“Banget.Tapi itu dulu,sekarang mah,Mama punya Papa.Ada Lana juga kan sekarang,”jawab Papanya.
“Tuhkan Na,”timpal Louisa kepada Lana.
“Kalau mama punya mantan berarti Papa juga punya dong?”kini Lana kembali mengintrogasi Papanya
“Punya dong.Malahan Papa mu lama banget bareng mantannya sebelum jodoh sama Mama,”Louisa meledek Eros yang kini wajahnya memerah.
“Tapi Lana ngk nemu videonya.”
“Kan Papa bukan youtuber hits pada jamannya kayak Mama mu,"sahut Eros.
“Udah ah kenapa Lana bahas mantan sih.Masih kecil,”sungut Louisa.
“Jangan jangan Lana punya crush ya di sekolah?”tebak Eros.
“Iya punya.Tapi Lananya ngk suka,”jawab gadis itu polos.
Louisa tambah melotot lagi,“Ih kamu masih kecil.Ngk boleh crush crush.Masih SD kelas satu juga.”
“Mama iri aja soalnya ngk pernah ada yang suka kan pas sd,"bela Eros.
Louisa langsung mencubit lengan Eros gemas.
Tak lama bau gosong pun tercium.Louisa lupa bahwa ia sedang sibuk menggoreng ayam akibat asyik bercengkrama dengan keluarga kecilnya.
“ASTAGA AYAM GORENG AKU!”pekik Louisa.
Eros dan Lana pun hanya bisa menggeleng karna malam ini mereka agaknya akan makan diluar akibat kecerobohan Mamanya yang asik ngobrol.
Dan begitulah kerandoman keluarga Harlandi tiap harinya.