Karya : Muh. Zuhdy
Pada hari rabu pagi, disaat mentari masih memancarkan kehangatan sinar cahayanya ditambah kicauan burung yang merdu. Alzy seorang pelajar tingkat SMA berangkat ke sekolahnya dengan semangat belajar yang tinggi. Bagaimana tidak.. Hari yang cerah ini akan diawali dengan mata pelajaran favoritnya yaitu Bahasa Indonesia.
Alzy selalu mendapatkan nilai yang tinggi di setiap ulangan Bahasa Indonesia ditambah lagi, Alzy merupakan orang yang hobi membaca menulis dan sangat menyukai sastra.
Bel pun berbunyi, lalu ibu dina yang merupakan guru bahasa Indonesia pun masuk ke dalam kelas tepat setelah beberapa detik bel berbunyi.
" Baik selamat pagi anak-anak, bagaimana kabar kalian hari ini? " tanya ibu dina
" Baik Buu " Jawab para siswa dengan semanagat
Setelah pembukaan dan juga absensi Bu dinah pun menjelaskan tugas akhir bagi para siswa sebelum ujian semester.
"Baik anak - anak, dikarenakan semester ganjil ini sudah mau selesai ibu akan memberikan tugas akhir untuk kalian yaitu " Membuat cerpen". Kalian bisa membuat cerpen dengan kreativitas kalian masing-masing batas pengumpulannya adalah hari jumat pekan depan.
Mendengar hal itu, Alzy pun sangat senang dan antusias dikarenakan tugas yang diberikan oleh Ibu Dina sangat sesuai dengan hobinya.
Saat jam istirahat sahabat Alzy yang bernama Riko bertanya kepada Alzy tentang tugas cerpen
" Zy, tugas bahasa Indonesia kali ini kamu mau buat cerpen dengan genre apa? " tanya Riko
" Umm aku mau buat cerpen dengan genre yang anti mainstream kayaknya seru deh " Jawab Alzy
" Oh ya? Kek gimana tuh? "
" Genre misteri misalnya, orang orang kan jarang pakai genre kayak gitu buat cerpennya karena alur ceritanya yang ribet dan mind blowing Jadi aku tertarik buat bikin cerpen pake genre itu "
" Oh wow menarik! aku jadi penasaran sama hasilnya.Kamu mau mulai nulisnya kapan "
" Ntar pas pulang sekolah "
" Owh okey "
Sepulang sekolah Alzy pun mengerjakan tugas Bahasa Indonesia nya di dalam kamarnya. Sebuah kamar yang bersih dengan buku-buku yang tertata rapih didalamnya.
" Oke, saatnya nuliss " Ujar Alzy dalam hati
Alzy pun mulai mulai menulis kata demi kata, kalimat demi kalimat, dan paragraf demi paragraf tak lupa juga ia mencari referensi dari buku-buku dan serial misteri yang terkenal seperti Sherlock Holmes dan lain-lain.
Setelah menguaras pikiran dan juga tenaga untuk menulis selama beberapa hari, tibalah hari pengumpulan cerpen, tugas akhir mata pelajaran bahasa indonesia.
Setelah Ibu Dina membaca cerpen demi cerpen yang dibuat oleh muridnya untuk memberi nilai.
Ibu Dina pun memberikan nilai tertinggi pada sebuah cerpen bergenre misteri berjudul "Lampu di malam hari " Karya Alzy Januartha.Saat hari pembagian nilai, orang-orang didalam kelas pun penasaran dengan cerpen karya Alzy uang mendapatkan nilai tertinggi tak terkecuali teman baiknya yaitu Riko.
Teman-temannya pun tercengang membaca cerpen berjudul "Lampu di malam hari" itu alur ceritanya yang jenius, dengan sedikit bumbu thriller dan horor dan tentunya ekesekusi ynag matang memberikan pengalaman membaca yang jarang ditemui di kebanyakan cerpen.