16. HBD Ya!

21 6 25
                                    

<<o0o>>

“Karang? Karang sahabat Aza.” Ucap Khanza yang tengah berjalan membawa minuman dingin.

“Aza kenal orang yang namnya Karang?” Tanya Juan memastikan.

“Ah!? E-enggak! Bukan-bukan!” Gadis itu menaruh minuman dingin yang ia bawa dan menggeleng cepat.

Khanza duduk di samping Juan, ia menatap Haris, Jordan dan Juan ragu, di susul menatap Marsha yang baru datang bersama Sofi dengan tatapan kaku.

“Aza jujur sama Juan.” Pinta Juan menatap lekat wajah kembarannya itu.

“Iiih! Mulut Aza keceplosan terus!” Gadis itu menampar pelan bibirnya, merutuki nasibnya kedepan.

Haris menatap lekat Khanza di depannya, Jordan, Marsha dan Sofi hanya diam, tak berniat untuik ikut masalah ini lebih dalam.

“Ayo jujur, Za. Juan gak suka Aza tutup-tutupin sesuatu dari Juan, apa lagi sekarang juga nyangkut sama masalah Haris.” Pinta Juan dengan nada lembut, pemuda itu ingin tahu apa yang disembunyikan kembarannya selama ini.

“Iya…. Em, Karang itu sahabat Aza. Dan… Karang udah gak ada sejak tiga tahun lalu, Aza deket kok, sama Karang, sejak awal jadi MABA. Aza tau apa aja yang Karang suka, Karang baik sama Aza, tapi setau Aza, Karang lebih muda dari kita semua, Karang masuk sekolah lebih cepet dari anak-anak biasanya, Karang pinter banget kalo kata Aza.”

“Karang punya Kakak di pulau Sumatera, gak jauh, ‘kan? Mungkin sekarang Kakaknya udah ada di Jakarta, dan kenal baik sama kita semua. Aza gak pernah liat muka Kakaknya Karang kayak apa, tapi Karang sering cerita ke Aza kalo Kakaknya baik banget, bahkan jadi teladan buat Karang sendiri. Nama Kakaknya Karang itu Sulaiman, dan Karang sering ceritain Kakaknya pakai panggilan Kak Aman. Sekarang Ais tau, ‘kan? Kenapa Kak Aman keliatan pengen banget deket sama Yisa?”

“Apa hubungannya Karang sama Yisa, Za? Lo Bilang Karang udah gak ada.” Jordan ikut berpikir, pemuda Bandung itu terlihat kebingungan.

Tidak bagi Haris, di kepalanya muncul segala kemungkinan-kemungkinan buruk yang tak pernah ia pikirkan sebelumnya.

“Karang kecelakaan tiga tahun lalu, Jo… Kapal yang Karang naikin buat pulang kampung tenggelem. Aza gak pernah bisa bayangin sahabat Aza meninggal secepet itu, padahal Karang itu orang pertama yang bisa deket banget sama Aza dengan waktu se singkat itu.”

“Juan inget, ‘kan? Waktu kita masih semester dua? Aza bilang sahabat Aza ada yang ninggalin Aza? Juan juga pernah anterin Aza ke kostannya, waktu itu hujan Juan, kita bawa mobil ke sana. Aza pernah denger kalo Karang benci hujan, karena hujan selalu nandain pertanda buruk buat dia. Tapi, waktu itu… kalimat itu juga berlaku buat Aza. Hujan waktu itu misahin Aza dari Karang.”

“Dan waktu Ais bilang Ais punya adek angkat dan nunjukin Yisa ke kita semua, cuman Aza yang langsung meluk Yisa, ‘kan? Kalian inget, gak? Waktu pertama kali Aza liat Yisa, Aza gak pernah percaya kalau Yisa itu Karang. Tapi, kalian percaya gak sama yang namanya takdir? Aza pernah liat Yisa lagi ngelamun sendirian, dan waktu itu Yisa gumamin satu kata yang buat Aza yakin, kalau dia Karang, sahabat Aza.”

“Yisa bilang…,”

‘Bukan langit, tapi tempat pulang. Sering marah, tapi sayang. Nakal, tapi ngangenin.’

“Itu satu kalimat yang bikin Aza yakin kalau Yisa itu Karang, karena karang pernah cerita, dia pernah bilang begitu waktu dia masih tinggal di Sumatera. Ais juga harus percaya sama Aza.... Enggak! Kalian semua harus percaya sama Aza!”

***

“Sepatu yang tadi Yisa beli tolong kasih ke Abang, ya… Yisa masih belum mau ketemu.”

Memeluk LukaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang