"Sekian presentasi dari kami"
"Sekarang kami akan membuka sesi tanya jawab silakan jika ada yang ingin bertanya"
"Yang pertanyaannya sulit semoga harimu senin terus" sambung Aletha menyahuti ucapan Lizi sambil tersenyum lebar saking lebarnya malah kelihatan mengerikan. Berniat mengancam teman-temannya jika ada yang memberikan pertanyaan yang sulit.
Salah satu laki-laki yang duduk di barisan tengah keempat dari depan mengangkat tangannya.
"Kenapa bumi itu bulat?" pertanyaan yang meluncur dari mulut laki-laki itu membuat seisi kelas tertawa.
"Maaf sebelumnya apa anda tidak mendengar presentasi kami? Kami menjelaskan tentang sejarah kerajaan Hindu-Buddha. Bukan tentang Bumi, planet atau antariksa!" ucap Aletha berusaha sabar.
Laki-laki yang biasa dipanggil Enzo itu hanya menyengir tanpa dosa.
Kini giliran laki-laki yang duduk disamping Ucup itu mengangkat tangan. Masih ingat Ucup kan awas aja kalau lupa.
"Gimana caranya biar bisa jadi pasangan idamannya neng Lizi yang cantik jelita" Ucap laki-laki itu mengedipkan matanya pada Lizi. Laki-laki itu bernama Deon yang merupakan sohib Ucup. Jadi tidak heran jika tingkahnya sebelas duabelas dengan sahabatnya itu.
Ucapan Deon barusan membuat seisi kelas menjadi heboh. Sorakan dan siulan terdengar menggoda mereka berdua. Sedangkan Lizi yang mendengarnya hanya memasang wajah datar. Gini nih nasib jadi orang cantik.
Guru sejarah yang melihat keributan siswa-siswinya itu memijit keningnya pusing.
"Sudah-sudah jangan berisik" guru sejarah itu memukul mejanya "Ayo dilanjut presentasi nya"
"Jika tidak ada yang ingin bertanya lagi maka kami ak...." ucapan Vira terpotong saat melihat lagi-lagi ada yang mengangkat tangannya.
Kali ini yang mengangkat tangannya adalah laki-laki dengan kacamata yang bertengger di hidungnya.
"Apa penyebab perang Paregreg hingga bisa menjadi salah satu alasan runtuhnya kerajaan Majapahit"
Nah akhirnya ada yang normal juga. Aletha tersenyum lebar kemudian berucap "Baiklah yang akan menjawab pertanyaannya adalah teman saya, silakan" ucapnya melirik ketiga teman kelompoknya. Inilah tipikal beban kelompok, kirain bakal bantu jawab ternyata ujung-ujungnya tetap nyuruh yang lain.
"Perang Paregreg merupakan salah satu penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit. Perang ini terjadi ketika posisi kepemimpinan Kerajaan Majapahit digantikan oleh keponakan sekaligus menantu Hayam Wuruk. Hal itu menimbulkan ketidaksetujuan anak Hayam Wuruk, sehingga terjadi perang saudara di tahun 1404. Perang ini terjadi pada tahun 1404–1406 dan menjadi penyebab utama keruntuhan Kerajaan Majapahit" jelas Amira.
"Apa sudah jelas?"
Laki-laki berkacamata itu mengangguk puas dengan jawaban yang kelompok Lizi berikan.
"Sekarang kami akan menutup sesi tanya jawab. Sekian presentasi dari kami terima kasih"
Suara tepukan tangan terdengar setelah mereka berempat menutup presentasinya. Mereka kembali ketempat duduknya dan presentasi kembali dilanjutkan oleh kelompok selanjutnya hingga jam mata pelajaran selesai.
✧༺★༻✧
Suasana kelas XI IPA 2 begitu ramai di jam terakhir dikarenakan saat ini sedang jamkos.
Lizi membuka bungkus snack yang tadi ia beli di kantin saat jam istirahat. Ia menyalakan ponselnya, kemudian men-scroll media sosial.
KAMU SEDANG MEMBACA
𝔐𝔜 𝔓𝔯𝔦𝔫𝔠𝔢𝔰𝔰
Teen Fiction"𝙺𝚒𝚜𝚊𝚑 𝚒𝚗𝚒 𝚝𝚎𝚗𝚝𝚊𝚗𝚐 𝚖𝚎𝚛𝚎𝚔𝚊 𝚢𝚊𝚗𝚐 𝚋𝚎𝚛𝚞𝚜𝚊𝚑𝚊 𝚋𝚎𝚛𝚍𝚊𝚖𝚊𝚒 𝚍𝚎𝚗𝚐𝚊𝚗 𝚖𝚊𝚜𝚊 𝚕𝚊𝚕𝚞" Berawal dari kecelakaan yang merenggut nyawanya.Tapi siapa sangka ia diberi kesempatan kedua, hidup untuk kedua kalinya namun d...