" Selamat pagi anak - anak. Seperti yang diberitahukan oleh Ibu Mathilda tempo hari. Sekarang kalian harus mengumpulkan tugas kalian saat di museum berupa catatan. " Ucap guru sejarah yang tak lain adalah Ibu Angela.
William yang baru saja mendengarnya hanya menelan ludahnya dengan susah payah.
' gawat. Tadi malam aku hanya mengerjakannya setengah, apa yang harus aku lakukan?' batin William." kau kenapa? Apakah ada masalah? " tanya Kennard yang kebetulan sekelas dengan William. Begitu juga dengan Edward dan Leia.
" sebenarnya, aku belum mengerjakan tugas yang diberikan Ibu Angela sampai selesai. Karena tadi malam aku sangat mengantuk dan juga Edward tidak mau membantuku mengerjakan tugas ini " ucap William setengah berbisik.
" itu salah mu karena tidak banyak mencatat saat di museum." ujar Kennard santai.
" kau benar. Jadi aku harus bagaimana? " tanya William pada Kennard.
" mungkin, kau harus mengatakan yang sebenarnya kepada Ibu Angela walaupun akibatnya bisa jadi kau dihukum." ucap Kennard
Tiba - tiba suara Ibu Angela mengejutkan Kennard dan William. " baiklah, yang pertama mengumpulkan tugas yaitu Kennard. Silahkan maju kedepan dan memperlihatkan tugasmu "
" aku duluan " ucap Kennard yang beranjak dari tempat duduknya dan mengambil buku catatannya lalu berjalan menuju meja Ibu Angela.
Tak berapa lama, buku Kennard sudah selesai di nilai. Dan sekarang, Kennard sudah diperbolehkan untuk duduk kembali.
" selanjutnya, William. Silahkan maju " ucap Ibu Angela. William tersentak karena namanya sudah dipanggil. Akhirnya, dia pun beranjak dari tempat duduknya dan membawa buku catatannya lalu berjalan menuju meja Ibu Angela.
Setelah sampai, William memberikan buku catatannya kepada Ibu Angela. Namun, saat tangan kanan Ibu Angela sudah memegang ujung buku itu. William juga Memegang erat ujung buku yang lain. Tak lama, Ibu Angela Menarik ujung buku itu. Namun setelah buku itu mendekat, William menarik ujung bukunya yang lain. Sehingga terjadi saling tarik menarik buku.
" William, apa yang kau lakukan? Buku ini akan saya periksa dan nilai. Tapi kenapa kau terus memegang buku ini " ucap Ibu Angela yang berusaha mengambil buku itu dari tangan William.
" sa-saya belum menyelesaikan tugas itu sampai selesai. Jadi, saya takut jika Ibu melihatnya dan menghukum saya. Tapi tolong jangan hukum saya " ucap William dengan nada ketakutan.
Namun ada rasa lega karena bisa mengatakan secara langsung kepada Ibu Angela.Sementara Ibu Angela hanya menghela nafas panjang lalu berkata " baiklah, untuk kali ini saya tidak akan menghukum mu. Tapi ingat, lain kali kamu harus mengerjakan tugas sebelum terlambat dan tidak boleh bermalas - malasan. Apa kamu mengerti William? "
" saya Mengerti bu " ucap William kepada Ibu Angela. Sementara guru sejarah tersebut hanya menanggapinya dengan senyuman lalu melepaskan genggaman tangannya dari buku William. " sekarang, kamu boleh kembali ke tempat duduk mu " Ucap Ibu Angela yang ditanggapi anggukan oleh William.
Setelah itu, William segera berjalan kembali menuju tempat duduknya. Tak lama, satu per satu murid - murid di kelas itu sudah diperiksa dan di nilai catatannya.
" karena semua buku sudah diperiksa. Kali ini Ibu akan memberikan kalian waktu setengah jam untuk belajar di perpustakaan. Karena akan ada ulangan sejarah mendadak. Jadi, yang bisa kalian pelajari yaitu sejarah terbentuknya kota, nama - nama pahlawan kota ini dan juga catatan yang kalian catat dari Museum. " ujar Ibu Angela panjang lebar.
Sebagian murid ada yang mengeluh, menanggapinya dengan tenang dan bahkan ada yang langsung belajar dari catatan masing - masing.
" Baiklah. Kalian bisa belajar di perpustakaan sekarang " ujar Ibu Angela pada murid - murid nya.
KAMU SEDANG MEMBACA
BEST FRIENDSHIP EVER
FantasyMenurutmu, Sahabat itu, orang yang seperti apa? Apakah dia orang yang selalu menolongmu ataupun melakukan sesuatu yang membuat dirimu bahagia? Atau yang rela meninggalkan dirimu hanya untuk menjaga keselamatanmu? Atau malah keduanya? Sebelum kau mem...