"Baiklah anak-anak! Dengarkan pengarahan bapak ya!"
"Saat ini kita sudah sampai di lokasi perkemahan. Karena kita baru saja sampai, bapak akan memberikan waktu untuk kalian istirahat dan mendirikan tenda"
"Kalian sudah dibagi per kelompok. Kalian bisa mencari posisi kalian mendirikan tenda kalian sesuai dengan nomor urut kelompok kalian. Para pembina dan guru sudah memasang tanda berupa urutan kelompok kalian di beberapa tempat. Lahan yang ada tanda berupa nomor urut kelompok kalian, berarti disitulah kalian bisa mendirikan tenda."
"Waktu yang diberikan untuk kalian mendirikan tenda dan istirahat adalah 1 jam setengah. Jadi kalian harus saling bekerja sama sesama anggota tim dan harus bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Ingat! Kegiatan camping ini bukan kegiatan individu. Ini merupakan kegiatan kelompok. Disinilah kita bisa melihat kekompakkan kalian, bagaimana kalian (bagi ketua) bisa mengorganisir teman-temannya, bagaimana sikap saling tolong menolong. Bapak harap semua anggota tim mau bekerja sama tanpa mengandalkan orang lain. Bagaimana paham semuanya?" Intruksi dari Pak Bambang. Sesampainya di lokasi tadi, semua siswa dikumpulkan terlebih dahulu oleh pak Bambang untuk diberi beberapa pengarahan selama menjalankan camping.
"Paham pak!!!" Jawab para siswa serentak.
"Bagus! Sekarang kalian bisa mencari lokasi pendirian tenda kalian. Ingat! 1 jam setengah dari sekarang, bapak akan kembali mengumpulkan kalian dan kita akan melanjutkan kegiatan yang lainnya."
Setelah pak Bambang berucap, semua anak mulai berhamburan. Mencari lokasi dimana mereka bisa mendirikan tenda mereka.
---------------------------------------------
"Oh my God,Prill!!!! Sumpah ya. Gue B-E-T-E banget liat muka lo saat ini. Kelipet-lipet begitu. Belom lagi tu bibir dari tadi di manyun-manyunin. Lo kenapa sih ha? Jangan bikin sumpek bumi deh gara-gara liat wajah super nyebelin lo!" Gita mendengus sebal melihat raut wajah Prilly saat ini."Huaaaaa!!! Gita!!!! Gue bete! Gue sebel! Gue kesel! Huaaaa!!!" Rengek Prilly yang dibuat-buat dengan suara 8 oktafnya. Membuat orang-orang yang ada didekatnya menutup kedua telinga mereka.
"Prilly!!!! Ya Tuhan!!! Bisa gak sih tuh suara diturunin ha?! Gak malu apa didenger sama yang lain?"
"Huaaaa!!! Git!!! gue tu bete banget. Masa' iya gue lagi enak-enak tidur, di bahunya my baby Ali. Bus kita malah berenti. Huaaaa Git!!! Kan nyebelin banget Git!" Rengek Prilly lagi. Membuat Gita lagi-lagi menutup kedua telinganya.
"Yaelah Prilly. Lo lebay pake banget sih! Cuma gara-gara itu aja muka lo sepet begini!"
"Aaaahhhh!!!! Pokoknya gue bete! Gue kesel! Gue sebel!" Gerutu Prilly berlalu kemudian menghentak-hentakkan kakinya kesal.
---------------------------------------------
"Baiklah anak-anak. Hari ini kegiatan kita adalah memecahkan sandi. Jadi, disekitaran tenda ini sudah tersebar beberapa clue. Dari clue tersebut kalian dapat merangkai sebuah kalimat yang berhubungan dengan pelajaran sekolah""Clue yang harus kalian ambil adalah clue dengan kertas berwarna yang sama dengan pita yang dipakai oleh ketua kelompok kalian."
"Pemenang dari permainan ini, dapat menentukan hukuman bagi kelompok yang terakhir kali mampu menjawab dari clue yang mereka dapatkan. Bagaimana semuanya? Paham?"