4 - guanlin's tragedy

20.6K 3.3K 504
                                    

Sekolah baru gue gak buruk-buruk amat.  At least ruangan, bagian-bagian sekolah baru gue ini bersih dan tertata.

Sekarang jam sudah menunjukkan pukul 15.30. Setelah mandi, gue duduk di ruang tv. Sendiri.

Gue baru pindah dua hari yang lalu ke rumah sebesar ini yang gue tinggalin sendiri. Rumah om gue sih, karena dia ada kerjaan di luar negeri, jadi gue boleh pake rumahnya. Toh gue juga bisa ngerumat rumah dengan mandiri.

Sudah 12 tahun gue tinggal dan diasuh sama om yixing. Selama itu pula, gue cuma punya mama, tanpa ayah, tanpa tau alesannya apa. Di umur gue yang masih 6 tahun, mama buang gue gitu aja ke om yixing yang dulu kerja di taiwan. Dari percakapan yang gue denger samar-samar, mama bilang gue gak berguna. Gue gapantes dia bawa-bawa dan diakuin sebagai anaknya. Gue kotor. Gue sampah.

Mulai dari situ gue berusaha jadi anak baik dan bersihan. Gue yakin kalo nanti mama bakal jemput gue kalo gue sudah jadi anak yang bersih dan terumat. Setiap melakukan apapun gue selalu cuci tangan sebelum dan sesudah. Hampir-hampir dalam sehari gue mandi 4 kali karena mama gak kunjung datang jemput gue. Om yixing sempet nanya, kenapa gue kayak gini. Dan gue cuman jawab, guanlin mau sama mama. Guanlin mau pas mama jemput guanlin nanti, guanlin ganteng dan wangi. Bersih.

Dari situ, gue mulai ngidap OCD.

Berselang 6 tahun itu, setelah kelulusan SD gue dibawa balik ke indonesia. Bukan sama mama, tapi sama om yixing. Katanya, mama nunggu disini. Gue mulai kegirangan, gue mulai punya harapan buat tinggal sama mama.

Tapi semuanya~

Pupus.

Gue balik ke indonesia, tinggal di rumah yang dulu pernah gue tinggali sama mama, dan mama gaada. Mama gaada disini. Gue gak salahin om yixing, karna beliau yang ngerawat gue selama mama pergi. mama bener-bener gak pernah pulang. Gak pernah balik ke sisi gue sampe gue tumbuh sebesar ini tanpa asuhan seorang M A M A.

Ma, guanlin sudah di indonesia. Guanlin sudah ganteng, sudah wangi. Guanlin gak main kotor-kotoran lagi ma. Guanlin bersih. Guanlin sudah bukan sampah kayak yang mama bilang dulu.

Suatu saat rentenir datang ke rumah gue. Rumah gue disita. Mama kebelit hutang hingga 10M. Alhasil, gue pindah ke rumah om yixing yang sekaranh gue tempatin ini.

Semakin gue tumbuh, Semakin gue ngerti situasi sekarang. Sudah bukan waktunya lagi gue harepin kehadiran mama. Gue gak punya ayah. Gue gak punya mama. Gue benci terlihat seperti anak haram di mata temen gue SMP dan SMA gue dulu. Di SMA baru kali ini, gak akan pernah gue cerita tentang kehidupan gue. sama sekali.

Gue menjadi orang tertutup setelah pernah di bully dulu. Gue susah bergaul dengan orang lain, berbagi, apalagi melakukan skinship. Bagian itu bener-bener gue hindari.

Sebatas mereka tahu nama gue, gak masalah. Selebihnya gue bakal jaga jarak. Tujuan gue sekolah disini hanya untuk lulus, trus gue pergi ke universitas di belahan dunia yang lain, jauh dari kehidupan gue di indonesia. Yang pasti, gue gak mau kuliah di indonesia.

Hari ini hari pertama gue masuk di sekolah baru. Tadi pagi juga, ada seorang cewe yang ngakunya tetangga depan rumah gue, dan minta bareng berangkat ke sekolah. Nama dia hana, kalo gue gasalah denger si. Gue gatau kenapa, tapi karena gue lihat dia cewe yang bersihan dan rapih, secara gak langsung hati gue tergerak buat gak nolak permintaan dia.

Tetep aja. Gue ngidap OCD. Otomatis se-bersih-bersihnya itu cewe di mata gue, gaakan gue izinin dia buat sentuh barang-barang gue. Sebisa mungkin dia cuman duduk anteng di mobil gue. Ribetnya masyaAllah. Gue harus buka tutup pintu, lepas pasangin sitbelt dia. Gapapa. Dia cantik.

Eh?

Bukan gitu maksud gue. Sebagai orang pengidap OCD, gue harus tanggung resiko kayak gini kalo berada di sekitaran orang.

Di sekolah gue selalu pake sarung tangan. tisu kering, tisu basah dan handsanitizer gak pernah absen dari barang bawaan gue. Itu sudah jadi kebiasaan gue dari dulu. Beberapa orang ngeliat gue alay, lebay. Bodoamat. Ntar kena OCD baru tau rasa.

🙌🙌🙌

Ting tong!

Siapa?

Gue beranjak lihat interkom setelah bunyi bel tadi. Baru juga gue pindah kesini, udah ada yang nyamperin.

Hng?

hana. Si cewe tadi pagi. Si cewe yang duduk sebangku sama gue. Si cewe yang gue samperin pas dia dijemur di lapangan pas sekolah tadi.

Ada kotak makanan yang dia bawa.

"apa"

"ini, dari mama" hana nyodorin kotak makanan itu ke gue. Dan gue langsung mundur selangkah.

"tunggu" gue balik badan, ambil kaos tangan yang gue taroh di ruang tv.

"SAPA SURUH LO MASUK HAH?!"

hana sudah di dalam dengan kotak makannya. Dia ngikutin gue kedalem. Padahal kan gue suruh tunggu, tunggu di luar maksudnya.

Dia kaget denger bentakan gue. Kotak makan yang dia bawa kelempar dan-

Shit. Kerjaan gue nambah buat ngebersihin tumpahan makanannya.

"s - sori..."

"pergi lo"

"gue gak maksud-"

"pergi ato gue gamau ketemu lo lagi kedepannya"

Dia langsung ngacir keluar. Gue geram. Pertama kalinya, ada orang yang masuk wilayah gue tanpa gue persilahkan. Hana. Gue baru kenal dia tadi pagi. Bukan kenal. Sekedar tau namanya aja. Sekedar ngingetin hpnya bunyi waktu dilapangan. Gak lebih.

Gue bukan tipe orang yang pemarah. Tapi gue gasuka di perlakukan semena-mena.

🙌🙌🙌

Guanlin, besok ada tryout matematika.

Gue ketiduran di sofa ruang tv rupanya. Setelah bersihin tumpahan makanan tadi, gue bersih diri dan balik lagi ke ruang tv. Gonta-ganti channel, nyatanya ketiduran.

Baru inget kalo besok ada tryout matematika. Bukan masalah bagi gue, lagian gue jenius dengan IQ 200. (ebuset songong abis)

Sekedar baca-baca rumus dan ngerjain beberapa soal di ruang belajar, pada akhirnya gue laper. Makan dulu kali ah. Udah jam 19.00 lagian.

Gue turun ke lantai bawah, siapin makanan di dapur. Sendiri. Makan juga sendiri. Udah terbiasa gue dengan kehidupan yang kayak gini. Rutinitas gue setiap hari ya gini-gini aja.

Gue...

Udah terbiasa sendiri, tanpa orang lain di sisi gue.

Dan tanpa kasih sayang.

🙌🙌🙌

Maafkan ya YaAllah ini bahasa gue puitis jijik gimana gitu. Cuman part ini aja kok yg begini hehe

OCDTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang