Apa yang disukai pembaca?

1.2K 204 142
                                    

Aku ketik pagi-pagi, dan rencananya akan aku publish pagi ini juga.

Semakin kesini aku rasa semakin banyak problem didunia kepenulisan. Eits, tapi jangan karena masalah kecil kalian mundur. Karena menulis itu bukan seberapa banyak kita mencetak buku, tapi seberapa mewahnya kualitas buku tersebut.

Jadi kalau ada yang bilang bahwa buku kamu tidak kunjung dicetak berarti kamu bukan penulis hebat, hiraukan mereka.

Kembali ketopik dari judul ini. Aku rasa kalau aplikasi wattpad ini sebagai awalan dari para penulis. Kita bisa belajar pelan-pelan dari aplikasi wattpad. Betul kan? Bahkan aku merasakan sendiri.

Nah semakin banyak penulis wattpad, semakin pula saingan bertambah. Saingan itu bukan harus dikalahkan ya, tapi setidaknya buatlah cerita yang lebih mantap. Dan cerita yang lebih mantap bukanlah sebuah kemenangan. (Jadi muter-muter).

Banyak penulis wattpad bilang, kalau menulis cerita harus ikutin trending sekarang. Hal itu tidak sepenuhnya salah ya. Memang sih kalau menulis harus dari hati dan tanpa paksaan. Tapi kalau kamu enjoy, kenapa tidak? Selama tidak plagiarisme atau asli dari imajinasi kamu, kenapa tidak lakukan?

Untuk saat ini penulis wattpad gemar menulis cerita bergenre short story, teenfiction, romance, dan seluruh cerita kisah cinta remaja. Katanya sih bisa buat pembaca cengar-cengir sendiri.

Nah, itu betul. Tapi, gak salah kalau kamu fokus dalam satu genre hanya untuk menarik pembaca? Semua cerita harus kamu buat yang kece agar pembaca tertarik. Bukan hanya dignre yang aku sebutkan tadi.

Kalau kamu bilang, enggalah pusing bikin fantasy, spiritual, horror, thiller, apalagi sci-fic. Kalau pikiran kalian begitu kalian akan susah untuk maju. Begitu ditantang bikin cerita bergenre diatas tadi, kalian akan kesulitan. Belajar intinya, karena seorang penulis tidak ada batasnya untuk belajar dunia kepenulisan.

Sekarang lagi buming juga tuh genre fanfiction, yang judulnya macam-macam. Seperti fakestagram, dan lain-lainnya. Karena fanfiction makin buming, para penulis wattpad beralih ke genre tersebut. Jangan begitu ya? Masalahnya kita harus menulis dari hati, bukan untuk kebumingan.

Karena fanfiction kali ini diburu, banyak tuh yang menyalah gunakan genre demi popularitas. Sudah aku bahas bukan di part sebelumnya? Ayo di baca ya biar kita sama-sama tau dan sama-sama belajar xX.

P/s : Maap ya kalau ada yang ngaco, maklum bangun tidur masih belum sadar sepenuhnya😂💗.

20 August 17.

Menghargai Sebuah Tulisan ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang