Cara Promosi Yang Benar?

1K 108 30
                                    

Promosi bukanlah sekedar untuk menarik perhatian pembaca, ataupun menaikkan jumlah pembaca dan vote yang kita terima. Justru, promosi adalah sarana pengenalan yang dilakukan banyak orang untuk mempromosikan karyanya, usahanya, ataupun produknya.

Bagi para penulis, promosi ini dimanfaatkan untuk menarik perhatian pembaca, dan menarik minat masyarakat terhadap karya kita. Kita semua sebagai penulis, pasti mempromosikan karya kita agar jumlah pembaca dan vote bertambah.

Namun perlu diketahui, jika kita berpikir seperti itu terus, kita akan melupakan faktor yang membuat cerita kita diminati. Percuma saja jika kalian rajin mempromosikan jika cerita kalian sendiri tidak terurus karena sibuk promosi.

Jadi, usahakan untuk menyeimbangkan keduanya jika kalian memang berniat untuk promosi habis-habisan. Jangan sampai cerita kalian jadi berantakan, hehe.

Disini aku tidak akan membahas bagaimana cara promosi agar jumlah vote dan pembaca bertambah, karena harus kita ingat sekali lagi, bahwa vote adalah bonus bagi kita yang sudah berusaha. Tapi, aku akan membahas bagaimana cara promosi yang benar, agar kita bisa tetap menggunakan bahasa yang baik ketika kita promosi.

Aku bukanlah seseorang yang hebat dalam hal promosi, karena jika aku hebat dalam hal ini, sudah pasti ceritaku banyak pembacanya😂.

1. Menggunakan Bahasa Yang Sopan

Kita harus memperhatikan setiap kata yang kita pilih. Tentu saja lebih baik jika memakai bahasa baku, atau jika memang menurut kalian sulit, kalian bisa membuat pembaca 'asik' ketika membaca apa yang kamu promosikan.

Bahasa yang sopan adalah point yang penting. Kenapa? Karena tidak ada pembaca yang akan mau membaca karya kalian jika gaya bahasa yang dipakai ketika promosi sangat berantakan, atau bisa dikatakan kurang sopan.

2. Meminta Izin

Dunia memiliki aturan, begitupun dengan makhluk didalamnya. Mereka punya aturan tersendiri yang mengharuskan setiap orang untuk menghormati aturan dan keputusannya.

Tentu saja serupa dengan promosi. Meminta izin bukan berarti kita mengemis ataupun meminta mohon agar karya kita bisa dipromosikan disana. Tidak, tidak seperti itu.

Meminta izin adalah salah satu etika kepenulisan saat kita ingin mempromosikan karya kita. Kalian tidak tau apakah orang tersebut dengan senang hati memperbolehkan kalian promosi disana?

3. Hindari Promosi Di Wall Penulis Lain

Memang, promosi di wall penulis lain bukanlah hal yang bisa dianggap sopan. Karena wattpad, menyediakan wall untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Wall merupakan kawasan akun sang penulis, dimana dia dapat memberikan informasi lebih kepada pembacanya.

Tidak mungkin jika kita promosi disana, sedangkan wall itu merupakan zona milik orang lain.

Jika memang sang penulis mengizinkan, silahkan saja. Tetapi ingat, semua itu tergantung aturan. Jadi kalian harus tetap menjadi penulis yang bermain bersih dan mengikuti aturan, ya!

4. Gunakan Bahasa Yang Menarik

Bahasa yang menarik saat promosi adalah bahasa yang mampu menarik para pembaca. Kamu harus terlihat sangat bersemangat dan percaya diri. Terutama percaya, bahwa karya kamu layak dibaca.

Selain itu, kamu juga harus meyakinkan mereka, bahwa karya kamu berkualitas dan menghibur. Karena bagaimanapun juga, kodrat penulis menciptakan karya adalah untuk menghibur mereka. Membantu mereka menciptakan imajinasi mereka sendiri.

Mungkin aku bisa kasih sedikit contoh;

“COSMIC RAILAWAY! CERITAKU YANG PERTAMA INI BERTEMAKAN PERJALAN SESEORANG DENGAN KERETA COSMIC!”

Lalu kalian bisa menambahkan sedikit kata-kata yang dapat membuat mereka tertarik. Tapi ingat, harus sopan.

5. Gunakan Blurb Saat Promosi

Setidaknya sedikit saja, kalian bisa mencantumkan blurb disana. Blurb yang kalian ciptakan harus membuat mereka tertarik dan ingin mengunjungi karya kamu.

Sebenarnya tidak harus juga. Tetapi, bagaimana cara membuat mereka tertarik selain berusaha membuat mereka mengunjungi karya kamu terlebih dahulu?

6. Aplikasi Yang Ramai

Yang ke-enam merupakan tempat dimana kamu bisa promosi. Usahakan untuk mencari yang ramai dan mudah untuk ditemukan dengan mode publik. Setidaknya, buat akun khusus untuk mempromosikan karya kamu.

7. Grup Kepenulisan

Sebenarnya pasti yang ini sudah banyak yang mengetahui. Tapi aku ingin bilang, bahwa hal semacam feedback tidak berarti apa-apa dibanding satu orang pembaca tanpa vote dan komen. Biasanya, anggota dalam grup kepenulisan memang berbagi karya mereka. Namun yang mereka lakukan adalah feedback.

Jika kalian ingin jadi penulis yang bahagia, keren, dan berkualitas, cobalah untuk menarik seseorang untuk membaca. Bukan untuk saling bertukar vote. Karena aku yakin, hal itu tidak berarti apa-apa. Kamu tidak bahagia.

Jadi, jika kalian masuk grup kepenulisan, kalian harus menghindari feedback. Ikutilah aturan, aturan mengenai jadwal promosi digrup tersebut.

Kalian bisa mengutarakan apapun disana, dengan bahasa sopan dan menarik.

•••

Hola! Sudah berapa lama aku tidak membahas sesuatu, huhu. Semoga ini bermanfaat dan kalian bisa suka.

Sekali lagi, ini adalah opiniku, pendapatku. Jadi jika kalian tidak setuju, kalian bisa komentar dan memberi pendapat diri kalian sendiri. Aku bisa belajar dari pendapat kalian juga.

Semangat buat kelas 6, 9, 12!

XOXO,
Bitaa.

Menghargai Sebuah Tulisan ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang