LOST'

369 53 18
                                    

Kalah adalah sesuatu yang umum, yang tidak perlu dikhawatirkan meski berdampak buruk bagi siapapun yang menerimanya. Sebagian orang mengatakan bahwa kegagalan itulah titik dari kesuksesan kalian, bahwa kekalahan itulah bagian dari kesuksesan kalian nantinya.

Jika kalian pernah mengikuti kompetisi menulis, dimana bukan hanya kalian yang ikut dan bergabung, pasti sudah tidak asing dengan namanya kalah dan menang, juara dan tidak juara. Karena itulah kalian harus memiliki pemikiran yang optimis dan positif.

Menangis ketika kita merasa kalah, adalah hal yang lumrah. Hal yang tidak masalah untuk ditumpahkan.

Tetapi mulai sekarang, menangislah dengan 
sewajarnya, menangislah karena kalian merasa kecewa, bukan merasa kalah. Kalah dan menang hanyalah kenyataan yang tertera saat kalian mengikuti kompetisi. Entah bagaimana bentuknya, kalian memiliki kesempatan untuk mengalami keduanya. Kalian memiliki hak untuk ikut dan berjuang. Maka dari itu, sebaiknya persiapkan mental sebelum terjun kedalam dunia kepenulisan.

Karena dunia kepenulisan adalah tempat dimana kamu bisa merasakan perkembangan orang yang jauh lebih pesat, sebuah karya yang secara tidak langsung dinilai oleh banyak orang, serta tempat dimana kalian dalam menerima berbagai kritikan.

Anggaplah bahwa kekalahan kalian itu sebagai kritikan. Karena sudah seharusnya, kita menelaah sebuah kritikan untuk kita kedepannya. Jika pemikiran kalian sudah seperti itu, maka kekalahan akan membangkitkan diri kalian lagi.

Semakin banyak kalian terjatuh, semakin tinggi kesempatan kalian untuk melaju pesat, semakin banyak kesempatan kalian untuk menciptakan karya yang sangat berkualitas berkat hal itu.

Temukan passion kalian, sesuatu yang  menjadi jati diri kalian, dan sesuatu yang dapat kalian lakukan tanpa beban. Tekuni bidang kalian dengan baik, maka kekalahan hanyalah sebuah pernyataan disaat usahanya belum sempurna. Bukan tidak sempurna, hanya saja belum. Itu artinya, kalian masih dapat menyempurnakan hal itu.

Kini, berjuanglah. Kehidupan kalian tidak berhenti hanya karena kalian kalah. Kalian bukanlah pecundang jika kalian kalah, tetapi kalian adalah salah satu manusia yang berani mengambil langkah beresiko. Bukankah hal itu sangat istimewa?

[]

Untuk inilah kita hidup, untuk merasakan kegagalan dan memperjuangkan kemenangan.

Semoga apa yang aku sampaikan, dapat bermanfaat dan membuat kalian merasa jauh lebih baik setelah merasakan kegagalan, kekalahan.

Jika memiliki pertanyaan atau pendapat sendiri, kalian bisa langsung komentar, ya! Terima kasih sudah membaca!♥️

HoLLa,
Bita🦑.

Menghargai Sebuah Tulisan ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang