Karya Menarik #Tips

478 79 39
                                    

Sebuah karya tidak memiliki kriteria tertentu agar dapat disimpulkan bahwa karya itu menarik.

Sebuah karya tidak memiliki syarat tertentu untuk terlihat menarik.

Semuanya tergantung pada bagaimana cara kamu memanfaatkan peluang atau kesempatan yang ada.

Jika kalian terus mengikuti minat pembaca, kemenarikan karya kalian akan habis jika minta pembaca berubah. Maka kalian harus kembali menciptakan cerita dengan minat pembaca yang terus berubah-ubah.

Karena minat pembaca akan terus berkembang.

Sekarang, jika kalian mau, mari ubah pola pikir kita. Yang membuat karya kita terlihat menarik bukankah karena minat pembaca. Jika karena minat pembaca, mungkin Ono Eriko akan menciptakan karya sastra dalam bentuk komik yang tidak mengusung tema kanak-kanak.

Percayalah, minat pembaca itu luas dan banyak.

Tidak akan ada selesainya jika kita terus menitikkan karya kita pada minat pembaca.

Kalau sudah begitu, kenapa kita tidak menciptakan minat karya kita sendiri?

1. Ciptakan ciri khas karyamu semenarik mungkin.

Sudah tidak asing lagi terdengar bahwa beberapa penulis punya ciri khas tersendiri untuk menggambarkan idenya dalam bentuk tulisan.

Terlebih, pembaca akan semakin ingat karya kita karena karya kita memiliki ciri khas tersendiri. Disitulah titik dimana kita dapat menciptakan minat karya kita.

2. Ciptakan tokoh semenarik mungkin.

Tokoh merupakan unsur penting. Tanpa kita sadari, tokoh merupakan pembangun cerita yang bersifat kondusif. Tidak ada peran tokoh yang tidak berguna. Jika tidak tidak berguna, untuk apa tokoh tersebut diciptakan?

Mengenai minat karya, tokoh memang harus dirancang semenarik mungkin. Saran aku, carilah referensi yang matang. Selama apapun kamu menentukan, jika pada ujungnya tokoh kamu telah matang, karyamu akan terlihat menarik.

3. Tunjukkan ciri khas tokoh secara menonjol.

Jika sebelumnya ciri khas karya kalian, kini ciri khas tokoh. Menggambarkan sebuah tokoh tidak mesti menggunakan kata umum dan khusus. Tidak perlu dijabarkan satu persatu bagaimana rupa dan sifat dari tokoh itu.

Kalian bisa menciptakan sebuah teka-teki untuk mengungkap ciri khas atau sifat yang menonjol dari tokoh tersebut.

Atau jika kalian tidak ingin ambil pusing dan berniat mengembangkan alur cerita saja, tunjukkan sifat atau ciri khas tokoh dalam bentuk dialog.

4. Bahasa yang mudah dipahami.

Bahasa merupakan titik kunci dari alur. Bahasa yang digunakan akan menentukan pilihan pembaca untuk terus lanjut atau tidak. Begini, mau sebagus apapun ide kalian, jika kalian belum pandai merangkai kata maka apa yang kalian akan sampaikan itu berbeda dengan apa yang akan pembaca tangkap.

Bahasa itu unsur yang cukup penting. Jadilah pembaca dalam beberapa waktu tertentu. Identifikasi bagaimana cara mereka menyampaikan idenya, bagaimana cara mereka mampu berkomunikasi, dan bahasa seperti apa yang selalu sulit dipahami.

5. Cover yang menarik.

Tidak ada salahnya kalian belajar membuat cover. Semenarik mungkin.

Kunci dari cover adalah, mampu menjadi indikator dalam alur cerita. Usahakan cover yang kalian buat itu pas dengan apa yang kalian tulis. Tapi ingat, semua gambar memiliki hak cipta masing-masing. Hati-hati dalam menggunakan karya orang lain.

Jika cover kalian menarik, pembaca akan tertarik.

6. Gunakan ilustrasi cerita untuk memperjelas narasi.

Sebenarnya hal ini cukup random dan optional. Jika tidak menggunakan pun tidak apa-apa. Hanya saja, beberapa orang justru tertarik jika disisipkan ilustrasi tertentu. Untuk mempermudah pembaca dalam menyerap cerita kita.

Pembaca juga dengan mudah ikut berimajinasi dengan narasi yang kita ciptakan.

Jika sudah begitu, bukankah karyamu akan terlihat menarik?

•••

A/n :

Halo semua! Ini akan jadi pembahasan terakhir di bulan ini dan bulan depan. Karena bulan depan aku sudah mulai ujian.

Doakan semoga aku bisa menyelesaikan soal-soal mengerikan itu dengan baik dan benar.

Terima kasih banyak sudah mengikuti pembahasan ku sampai saat ini. Sekali lagi, ini adalah opiniku. Jika kalian punya opini tersendiri, kalian bisa berdiskusi denganku melalui komentar.

Sesekali aku akan luangkan waktu untuk membalas chat pribadi kalian. Jika kalian merasa resah dan membutuhkan saran, kalian tetap bisa berkomunikasi denganku.

Sekali lagi, doakan aku teman-teman!

Terima kasih banyak sudah membaca! Sampai ketemu bulan Mei!🖤

Loooooooveeeee, ya!
Bita👻.

Menghargai Sebuah Tulisan ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang