Membagi Waktu #Tips

446 70 38
                                    

Tidak ada alasan bagi kita untuk menyerah.

Diluar sana, waktu adalah hal pokok yang biasa dibicarakan oleh kebanyakan penulis. Sebagian penulis memang merasa perlu untuk membagi waktunya. Sebab, apa yang mereka lakukan akan terasa lebih teratur dan ringan.

Tapi tetap saja, itu semua tergantung kalian. Kalian harus merasa nyaman, jadi buatlah waktu sebaik dan senyaman mungkin untuk menulis. Jika kalian punya saran, silahkan komentar, ya!

Meskipun aku masih belum menemukan waktu yang nyaman dan pas, aku selalu menulis ketika waktu luang. Jadi, aku menulis ketika aku sedang tidak melakukan apapun, berantakan banget, ya? Hehe.

Tentu saja, aku merasa kesal karena tidak pandai dalam membagi waktu. Jadi, aku mulai belajar pelan-pelan untuk menyeimbangkan waktu antara menulis dan kegiatan lainnya.

Nah, disini kita sama-sama belajar, ya! Karena aku juga belum tau pasti, dan ingin membahasnya bersama-sama.

Jangan menyepelekan waktu. Meskipun terlihat biasa saja dan semua orang menganggapnya hal kecil, tapi bagi kita para penulis, waktu adalah hal penting yang harus kita manfaatkan. Bukan hanya penulis, siapapun itu, mereka harus pandai memanfaatkan waktu.

Jadi, aku punya sedikit tips untuk membagi waktu. Semoga saja bisa diterima dengan baik, jika tidak bermanfaat, tolong kritik dan sarannya, ya!

1. Perhatikan Alur Kegiatanmu Sehari-hari

Jadi sebelum membagi waktu, kamu harus punya satu hari penuh untuk mengamati kegiatan pokok yang selalu kamu lakukan. Sebagai contoh, pagi sekolah hingga sore. Otomatis, kita tidak punya waktu untuk menulis bukan? Lalu sepulangnya, les dua jam, dan seterusnya.

Perhatikan dan amati seperti itu. Cari celah yang membuat kamu nyaman untuk menulis. Lalu bandingkan dengan waktu yang biasa kamu pergunakan untuk menulis.

Contoh ;

Waktu luang kamu adalah setelah makan malam. Tetapi, kamu selalu menulis larut malam. Pas bukan? Tidak menganggu jam tidurmu.

2. Cari Waktu Senyaman Mungkin

Jika waktu luang yang kamu miliki kurang nyaman, maka jangan dipaksakan. Senyaman mungkin. Meskipun saat itu waktu luang kamu melimpah, jika waktunya tidak membuatmu nyaman, sebaiknya jangan lakukan.

Tetap saja seperti biasa, tetapi jangan terlalu memaksakan.

3. Menyeimbangkan Keduanya

Kegiatan lain dan menulis harus diseimbangkan. Seperti pola makan, bukan? Iya benar. Supaya kamu tidak terlalu letih. Jika kamu keletihan, jangan paksa otak kamu untuk bekerja dua kali lebih keras.

Maka dari itu, seimbangkan keduanya agar kamu tetap bugar dan bisa mengatur pola makan yang baik, sehingga ketika menulis, imajinasi akan lancar selancar-lancarnya.

4. Buat Pengingat

Pengingat bisa alarm, ataupun jam. Bahkan, kalian bisa minta bantuan anggota keluarga untuk belajar membagi waktu.

5. Tulis

Tulis, bagaimana kamu membagi waktu kamu. Seperti apa, dan kapan harus dilakukan.

Menulis alur pembagian waktu adalah hal yang tepat. Aku selalu menggunakan cara ini. Meskipun sering berantakan karena aku suka lupa.

6. Disiplin

Ketika kalian sudah membagi waktu, kalian harus mendisiplinkan jadwal tersebut. Jangan hanya membuat pembagian waktu, mempelajari, lalu dilupakan setelahnya.

Kerjaan mentah sekali jika seperti itu. Jadi, saran aku, tetap saja lanjutkan sekalipun jadwalmu berantakan karena lupa.

Jika kita sudah mendisiplinkan diri mengenai waktu, aku yakin kedepannya kita akan merasa lebih bersahabat dengan waktu dan merasa lebih mudah untuk mengelola kesibukan.

7. Hargai Waktu

Yang terakhir bagiku adalah, menghargai waktu.

Sebelum menghargai tulisan, kamu harus belajar menghargai waktu. Kenapa? Karena kita harus memanfaatkannya dengan baik. Bukan sesekali saja, setiap hari. Jika memang waktunya sudah tidur, kamu harus tidur. Menurutku seperti itu.

Note ;

Hola! Aku datang-datang bahas soal waktu //plak. Soalnya emang suka sih, waktu itu jika dipikirkan memang hal kecil. Tapi tetap saja, menghargai waktu itu penting.

Semoga yang kutulis bisa bermanfaat, meskipun terlihat ngaco, semoga saja kedepannya bisa bermanfaat.

Maaf kalau ada kesalahan.

Entah belasan atau puluhan tahun kedepan, ketika kalian sudah menjadi penulis, pasti menghargai waktu adalah hal yang tepat.

Waktu kalian akan teratur. Apalagi jika kalian dikejar deadline. Wah, asik banget kan? Kamu sudah terbiasa sejak kecil untuk menghargai waktu.

Makasih sudah baca!❤.

XOXO,
Bita.

Menghargai Sebuah Tulisan ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang