Kayaknya kalau sudah dengar tentang prioritas, susah banget untuk pisahin antara kehidupan pribadi dan dunia kepenulisan.
Sering kali penulis wattpad membingungkan diri dengan apa yang harus diprioritaskan. Disatu sisi, mereka mengkhawatirkan pembaca dari ceritanya pergi atau tidak menunggu sampai penulis itu benar-benar kembali. Disisi lain, penulis ingin menjalani kehidupnya tanpa terpaku dengan dunia kepenulisan.
Terpaku dengan dunia kepenulisan itu sebenarnya ada plus minus nya. Secara tidak langsung, kita mengerahkan waktu kita untuk menghasilkan cerita yang berkualitas. Tetapi kehidupan kalian harus terus berjalan, harus terus berkembang. Dilema sendiri, kan.
It means, orang-orang banyak kehilangan waktu karena hal ini. Jujur aja, untuk manage waktu itu susah-susah gampang. Tergantung seperti apa aturan yang pas dengan keseharian kita. Kita harus pintar-pintar membagi waktu dan mengedepankan suatu kepentingan.
Lantas menurut kalian, apa yang harus diprioritaskan?
Menurutku sendiri, prioritas itu bisa ditentukan oleh waktu. Bukan menunggu waktu yang memutuskan, tapi menunggu waktu yang pas untuk memprioritaskan sesuatu.
Prioritaskan keduanya tidak masalah, asalkan pada waktu yang tepat.
Ambil contoh minggu depan kalian memiliki jadwal ujian akhir. Disaat seperti ini kalian harus lebih memprioritaskan kehidupan. Nanti setelah ujian, libur panjang, kalian memiliki ambisi untuk mengikuti kompetisi menulis, maka prioritaskan menulis.
Inilah yang aku maksud mengedepankan kepentingan.
Kepentingan itu akan datang sesuai waktu yang pas. Disitu kalian bisa mulai mengatur waktu dan memprioritaskan kepentingan itu. Jika minggu depan ada ujian akhir tetapi hampir seharian penuh kalian menulis, bukankah kalian sudah keluar dari jalur yang harus dikedepankan?
Sebaliknya. Jika kalian mengikuti kompetisi menulis tetapi hampir seharian penuh kalian tidak menulis atau melepas tanggung jawab atas naskah yang akan di kompetisikan, bukankah kalian sudah keluar dari jalur yang harus dikedepankan?
Overall, prioritaskan lah sesuatu berdasarkan besarnya kepentingan hal yang harus diprioritaskan itu. Prioritaskan lah sesuatu berdasarkan waktu yang tepat, dimana kamu harus mendahulukan hal penting sesuai dengan masanya.
•••
Halo, semua!
Semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang dilanda dilema. Yang kutulis disini adalah pendapatku, kalian juga bebas berpendapat di kolom komentar. Akan aku tanggapi dengan baik.
Maaf jika ada kesalahan atau kata-kata yang terkesan menyinggung. Aku tidak pernah menyinggung siapapun dengan apa yang aku tulis.
Terima kasih sudah mengikuti pendapatku hingga titik ini. Semoga bab terakhir yang akan aku publish nanti bisa tepat waktu🙏.
Thanks a lot, Bita🖤.
KAMU SEDANG MEMBACA
Menghargai Sebuah Tulisan ✓
No FicciónSaya dedikasikan tulisan ini untuk para penulis yang merasa tidak percaya diri dan merasa karyanya tidak dihargai. Saya dedikasikan tulisan ini untuk para pembaca yang merasa takut untuk memberikan masukan, dan untuk para pembaca yang ingin mengeta...