Tepat setelah shalat juhur dimushala kampus "..
Aku berniat akan langsung pulang kerumah..Aku tidak ditemani ica kali ini
Dia sudah pulang lebih awal karena mama ica harus pergi untuk acara keluarga..Setelah mengenakan sepatu kets ku dan merapikan posisi hijab dan gamis aku melangkah keluar musholah...
Ternyata yogyakarta berubah dingin hari ini...
Sepertinya akan turun hujan..
Awan mendung dilangit semangkin bergeser kearah angin membawanyaSeandainya hujanpun aku akan kewalahan karena tidak membawa payung...
Sebuah mobil honda jazz merah berhenti pas dihadpanku..
Jantungku mulai tidak terkontrol padahal baru saja minta ampun pada Allah...Aduh salwa apa iman kamu sudah mulai luntur...
"Batinku ...yang marah pada jantungku yang tidak bisa aku kendalikan...
Perlahan kaca mobil itu turun...Deg...deg...deg...semangkin kacau jantungku..
Seseorang melihat keluar dari jendelah mobil.....dia adalah abi...
Dengan kaca mata hitamnya abi terlihat semangkin karismatik walaupun tidak mengurangi keteduhan dan keshalehannya...Abi memang begitu modis..untuk stelan ikhwan jaman sekarang..dengan kacamata hitam ditambah scraf dilehernya."MasyaAllah sungguh sempurna ciptaanMu yaAllah
"Batinku....Sebab abi bukan tipe ikhwan dengan celana cingkrang diatas mata kaki....
Penampilannya yang luar biasa menjadikan semua mata wanita terpanah...
Tidak terkecuali akhwat sepertikuPadahal sudah janji atas godaan kaum adam ,,,,tapi sepertinya imanku sudah agak melemah..
Allah maafkan salwah ....
Aku terus minta maaf pada sang pemilik hati ini"Mau pulang?
Abi bertanya padaku..
Iya jawabku singkat tentu saja sambil tertunduk..."Mau kehalte bus kan?
Tanya abi lagi...
Iya..
Sepertinya akan segera hujan..
Sambungnya lagi...
Lebih baik kamu agak cepat kehalte bus takut keburu hujan...""Hmm eee.. iya sepertinya mau hujan ..jawabku gagap ..entah kenapa bisa jadi seperti ini..
"Ya sudah aku duluan ya ,hati-hati..Assalamualaikum
Abi berlalu dari hadapanku.."Huhh... baru aku bisa benafas lega..
Angin sudah mulai dingin ,,benar kata abi aku harus cepat kehalte bus,,,bisa-bisa aku basah kuyup kehujanan."Abi pov"
Aku melihat salwa keluar musholah..
Tapi sepertinya langit sangat mendung..tidak mungkin aku menawarinya naik mobil berdua denganku...
Kami bukan muhrim dan tidak ada siapa-siapa didalam mobil ini..
"Lebih baik aku menyuruhnaya cepat kehalte bus,,karena kulihat salwa berjalan begitu santai.***
Benar saja sampai dihalte bus hujan lebat mengguyur kota gudeg ini...
Bus yang ku tunggu belum juga sampai..
Gamisku sedikit basah kena percikan air hujan sebab banyak orang lalu lalang disekitarku..Ada sekitar 5 orang disini..
Seorang ibu dengan bakul jamunya.
Dan dua remaja putri dengan stelan baju putih abu-abu..
Jelas mereka semua terlihat kedinginan.dua lelaki yang satu seumuran abah dan satu lagi memakai tas punggung hitam kira-kira.
sebaya dengan ku...dari penampilannya dia seperti mahasiswa juga..
karena bad nama yang tergantung dilehernya..Aku tidak melihat wajahnya karena dia sedang asik dengan buku ditangannya..
10 menit berlalu bus yang kami tunggu datang..semua secara bergantian ingin masuk dan duduk didalam karena kami sudah mulai beku diluar sini..
Bus terus berjalan menyusuri jalanan berair sesekali bus tersentak karena sopir tidak melihat lubang akibat genangan air yang begitu banyak..
Pak supir yang baik hati itupun langsung minta maaf pada kami...***
Tiba-tiba bus mengerem mendadak...kami semua terkejut..
Seseorang ibu yang disebelahku bertanya
""Ada apa pak.kok tiba-tiba berhenti?"Maaf buk ada kecelakaan didepan sepertinya akan lama mengantri..
Seperti inilah hidup kita hanya bisa merencanakan tapi ...lagi-lagi ALLAH
lah yang menentukan dan memegang kendali..
Kulihat gadis remaja itu mengeluarkan airpon dan habdset yang disumpalkan ditelinga mengusir kebosenan..Kumasukkan tangan ketas punggungku kucari-cari buku bersampul putih tadi..
""Yapp.. aku menemukannya..
"Hijrah "begitulah halaman pertama kubuka...
Aku membaca dengan seksama setiap kata yang ada dibuku itu.Sesekali ada tetesan air hujan yang membasahi bukuku lewat kaca jendela bus..
Tapi ada keanehan perasaan ku tidak enak seperti ada sepasang mata yang sedang memperhatikanku.."Kulirik sekeliling tidak ada yang mencurigakan semua asik dengan pikiran mereka sendiri ada yang tertidur..mendengarkan musik..
"Ada juga anak kecil yang asik menulis-nulis kaca bus karena berembunMataku kualihkan lagi pada buku..tapi perasaan ku masi sama seperti ada yang terus mengawasiku..
Aku berdoa dalam hati ...
"Ya Allah lindungilah hambamu ini dari segala macam kejahatan"Ada rasa takut yang berkecamuk dalam hatiku..
Kulirik lagi buku itu dan sebuah kata yang menarik perhatiaanku"Allah subhanahu wa ta'la.seperti yang terdapat pada firman Allah disurat Adz-Dzariyat ayat 56..
"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepadaku"Oleh sebab itu hijrah adalah sala satu cara untuk menyempurnakan ikhtiar agar senantiasa..mendekat kepada-Nya menjauhi larangan-Nya.
Dan melaksanakan perintah-Nya secara kaffah atau menyeluruh.
Baik dari secara penampilan.,tingkah laku,perbuatan,utamanya amalan-amalan.yang pastinya lebih meningkat dibanding
Ketika belum berhijrah..Saat kepalaku sedang berputar-putar dengan makna dari kata-kata itu...
Bus kembali berjalan normal..Seperti dikomando para penumpang secara serentak mengucapkan hamdala..
Bus kembali menyusuri jalanan berair,hujan masi setia diluar sana sesekali kulirik kaca jendela yang berembun itu...
KAMU SEDANG MEMBACA
Tunduknya Senyuman
SpiritualAku juga seorang muslim meski sudah menjalankan kewajibanku menutup aurat,tapi masi saja ada ketakutan dalam diriku,yaitu ketertarikan terhadap kaum Adam. kadang aku tak ingin membayangkan rasa ketakukutan itu apalagi ucapan Abah yang selalu membuat...