7. Lantunan Yang Mengusik

3K 259 25
                                    

Di sebuah musala terlihat seorang ustaz tengah memberikan ceramah sore pada beberapa ibu-ibu dan bapak-bapak di kompleks itu. Termasuk juga Aisyah yang terlihat ikut duduk bersama mereka untuk mendengarkan.

"Sabar merupakan salah satu sifat terpuji yang sangat disukai oleh Allah dan Rasulullah. Sab-" Kata-kata Ustaz Arsyad terhenti saat dari arah pintu musala seorang remaja datang tergopoh-gopoh dan mengagetkan mereka.

"Assalamualaikum!" Seruan tersebut membuat semua mata mengalihkan perhatiannya pada remaja itu.

"Waalaikumsalam," jawab mereka serentak.

Jovan mengedarkan pandangan pada semua orang di dalam musala. Hingga tatapannya berserobok dengan gadis yang mengenakan kerudung biru laut. Aisyah tak kalah kaget mendapati Jovan datang ke tempat itu. Terlebih ketika cowok itu menghampiri Arsyad dan memanggilnya Opa.

"Maaf, Jovan telat, Opa.” Ucapan Jovan hanya dijawab anggukan kecil Ustaz Arsyad. Lalu cowok itu berjalan memasuki musala dan duduk tepat di sebelah sang kakek. Jovan sempat melirik Aisyah sekilas, membuat gadis itu menundukkan kepala. Setelah itu Ustaz Arsyad memulai kembali ceramah yang tadi terpotong karena kedatangan cucunya.

"Jadi, sampai di mana kita tadi?" tanya Ustaz Arsyad pada semua jamaah.

"Sampai pada sabar, Ustaz," jawab semua orang.

"Ah, ya. Sabar merupakan salah satu sifat terpuji yang sangat disukai oleh Allah dan Rasulullah. Sabar ialah mampu menahan diri dari segala sesuatu yang tidak disukai karena mengharap ridho dari Allah SWT. Mampu menghadapi segala cobaan dan ujian dari Allah SWT tanpa mengeluh dan menerimanya dengan penuh kesabaran,”

“sabar itu tak ada batasan. Kalau berbatas itu namanya bukan sabar. Ikhlas juga sama, selama kita masih menyebut-nyebut kata ikhlas saat kita melakukan perbuatan baik, itu namanya kita belum ikhlas. Seperti yang telah disebutkan dalam firman Allah yang artinya,

'Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang - orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan' Surah An - Nahl ayat : 96.

Bisa kalian cermati, bahwa sifat sabar adalah sifat yang begitu mulia hingga Allah menjanjikan tempat terpuji untuk orang-orang yang termasuk dalam golongan ini. Percayalah pada ketetapan Allah, karena sebaik-baik penentu takdir hanyalah Dia, Dzat Yang Maha Pemberi Hidup.

Maka bersabarlah kalian, karena Allah selalu bersama orang-orang yang sabar. Jika hatimu mulai dipenuhi pikiran buruk dan putus asa, maka berusahalah ingat selalu nikmat Allah. Bersyukur karena kita telah diberi nikmat sehat. Sementara rasa sakit dan musibah yang kita alami biarkan jadi penawar dosa-dosa kita. Insya Allah, Allah akan mengganti kesabaran kita dengan yang lebuh baik. Berzikir, bertasbih, adalah cara terbaik untuk menguatkan iman kita. Berdoalah selalu dan meminta ampun. Agar Allah melindungi kita dari rasa putus asa."

Mendengar ceramah Ustaz Arsyad,  Aisyah menitikkan air matanya tanpa sadar. Ia teringat rasa putus asa yang kadang menderanya, dan membuat ia berpikir buruk pada Allah. Seharusnya ia memikirkan nikmat sehat itu, harusnya dia memikirkan nikmat hidup itu.

Sementara Jovan yang duduk berseberangan dengan Aisyah pun tak mengalihkan tatapannya pada gadis itu, yang kini terlihat tengah mengusap air mata. Ada rasa iba yang lagi-lagi merasuki hati Jovan. Buru-buru Jovan mengalihkan tatapan ketika mata Aisyah menangkap basah cowok itu yang tengah memperhatikan dirinya.

"Saya cukupkan ceramah hari ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Wabillahi taufik walhidayah, wassalamualaikum warohmahtuallah hiwabarrakatuh." Setelah ucapan salam terdengar semua Jamaah berhambur keluar kecuali Ustaz Arsyad, Jovan dan Aisyah. Karena gadis itu memilih menyiapkan semua bangku yang akan digunakan untuk mengajar mengaji anak-anak komplek.

Tasbih Ketulusan Aisyah: Repost (Complet)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang