Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Bismillah
*****
Sholat dan Puasa ya? Udah tau dong yah kalo Sholat dan Puasa wajib bagi umat Muslim.
Puasa tapi tidak Sholat? Ibaratnya seperti kamu megcharger handphone, tapi kamu tidak tau jika charger kamu itu rusak. Sia-sia bukan? Jadi gini ukthi, Sholat itu tiang agama jadi wajib dilakukan. Pun puasa juga wajib dilakukan.
Kewajiban utama seorang muslim adalah mendirikan sholat. Allah Subhanahu Wa Ta'ala memerintahkan hamba-hambanya untuk mengerjakan sholat wajib sebanyak 5 kali sehari mulai dari sholat subuh, dhuhur, ashar, maghrib dan isya'. Hukum mengerjakan sholat bagi seorang muslim adalah wajib dan haram serta berdosa bagi seseorang yang meninggalkannya.
Sholat sendiri merupakan tiang agama islam dan merupakan salah satu ibadah paling utama, bahkan perkara yang pertama kali dipertanyakan di akhirat nanti adalah tentang bagaimana sholat kita semasa di dunia. jika sholat kita bagus, maka amalan lainnya ikut menjadi bagus. begitu pula sebaliknya, jika sholat kita jelek, maka jeleklah semua amal perbuatan kita lainnya.
Maka dari itu kita diwajibkan menjaga dan memelihara shalat kita semasa hidup agar kita selamat dunia akhirat.
مَنْ تَرَكَ صَلاَةً مَكْتُوبَةً مُتَعَمِّداً فَقَدْ بَرِئَتْ مِنْهُ ذِمَّةُ اللَّهِ
"Barangsiapa meninggalkan shalat yang wajib dengan sengaja, maka janji Allah terlepas darinya."
(HR. Ahmad no.22128.)
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda :
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: اِنَّ اَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ اْلعَبْدُ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ الصَّلاَةُ اْلمَكْتُوْبَةُ فَاِنْ اَتَمَّهَا وَ اِلاَّ قِيْلَ. اُنْظُرُوْا، هَلْ لَهُ مِنْ تَطَوُّعٍ؟ فَاِنْ كَانَ لَهُ تَطَوُّعٌ اُكْمِلَتِ اْلفَرِيْضَةُ مِنْ تَطَوُّعِهِ، ثُمَّ يُفْعَلُ بِسَائِرِ اْلاَعْمَالِ اْلمَفْرُوْضَةِ مِثْلُ ذلِكَ. الخمسة، فى نيل الاوطار 1: 345
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya pertama-tama perbuatan manusia yang dihisab pada hari kiamat, adalah shalat wajib. Maka apabila ia telah menyempurnakannya (maka selesailah persoalannya). Tetapi apabila tidak sempurna shalatnya, dikatakan (kepada malaikat), "Lihatlah dulu, apakah ia pernah mengerjakan shalat sunnah ! Jika ia mengerjakan shalat sunnah, maka kekurangan dalam shalat wajib disempurnakan dengan shalat sunnahnya". Kemudian semua amal-amal yang wajib diperlakukan seperti itu".
[HR. Khamsah, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 345]
Jadi masih mau meninggalkan sholat??
****
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh semoga bermanfaat ❤ Pendek? Emng pendek hehe
KAMU SEDANG MEMBACA
Keep Hijrah To Istiqomah [SELESAI]
SpiritualAssalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh❤ WARNING : Ini bukan lapak teenfict yang bikin kalian baper. Tulisan ini sebagian besar berisi tentang pengetahuan hal 'kecil' dalam Islam yang 'mungkin' kalian belum mengetahuinya. Tegur dan berkomentarlah...