Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Bismillah
*****
Ada beberapa ustad yang menghalalkan musik. Tapi mayoritas ustad salaf sepakat bahwa musik itu tidak boleh, termasuk imam mazhab yang empat juga melarang tentang nyanyian dan musik.
Sekalipun ada yang menyebut musik Islami. Tapi Islam tidak mengenal musik, tidak boleh dicampur adukkan.Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
وَلَا تَلْبِسُوا الْحَـقَّ بِالْبَاطِلِ وَتَكْتُمُوا الْحَـقَّ وَاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ
"Dan janganlah kamu campur adukkan kebenaran dengan kebatilan dan (janganlah) kamu sembunyikan kebenaran, sedangkan kamu mengetahuinya."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 42)
Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam dengan tegas mengharamkan musik dalam sabdanya :
"Sungguh akan ada dari umatku kaum-kaum yang menghalalkan zina, kain sutra (bagi lelaki), khomer (segala sesuatu yang memabukkan), dan alat-alat musik." (HR Al-Bukhari)
Alat musik yang dibolehkan dibunyikan pada jaman Rasulullah hanyaRebana/Duff pernah dibiarkan oleh Rasulullah ketika ada acara walimahan waktu itu.
Wallahu'alam.
Memang tidak mudah meninggalkan hal-hal mengasyikkan semacam itu, tapi jika segala hal itu membuat kita lupa kepada Allah buat apa? Jika kamu mengejar akhirat In Sha Allah dunia akan mengikuti kamu.
Dulu nih aku juga seperti kalian yang suka dengerin musik-musik terbaru, musik barat dan lainnya ya. Trus pas udah tau kalo gak boleh aku hapus tuh, hapusnya bukan langsung di hapus semuanya. Aku hapus yang gak aku suka, nah trus yang aku suka aku biarin deh. Trus bertahap kan, setiap hari aku hapusin tuh satu persatu musik yang aku suka, Alhamdulillah sekarang sudah terhapus semua :)
Jika kita berniat ingin berubah menjadi lebih baik karena Allah, In Sha Allah akan dipermudah oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Toh setiap hal yang kita lakukan akan dapat balasannya kelak kan? Jika ingin mendapat pahala ya ayo berbuat baik, taati perintah Allah dan jauhi larangan-Nya.
***
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, semoga bermanfaat :)
KAMU SEDANG MEMBACA
Keep Hijrah To Istiqomah [SELESAI]
SpiritualAssalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh❤ WARNING : Ini bukan lapak teenfict yang bikin kalian baper. Tulisan ini sebagian besar berisi tentang pengetahuan hal 'kecil' dalam Islam yang 'mungkin' kalian belum mengetahuinya. Tegur dan berkomentarlah...