Kerudung dan Akhlak

834 52 0
                                    

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bismillah

*****

Jilbab dan Akhlak. Ini sudah sering kali jadi cemoohan banyak orang diluar sana. Misalnya nih ya:

"Ah percuma berkerudung tapi pacaran."

"Mending gue nih, gak pake kerudung tapi sholat gak pernah bolong-bolong."

"Percuma lo kerudungan tapi munafik."

"Alah kerudung aja dilebarin, tapi sering ngomongin orang."

Dan masih buaanyaaakkk lagi ya, hehe.
Jadi gini Sholehah, kerudung sama akhlak gak bisa disamakan. Sholehah sekalian tentu tau kan kalo berkerudung bagi muslimah hukumnya wajib? Nah tau hukumnya wajib kan? Kalo gak dikerjakan dapat dosa.

Coba deh sekali-kali pikiran kalian jangan di doktrin su'udzon mulu, khudnudzon kek sekali dua kali.
Mungkin aja mereka yang baru belajar berkerudung lagi masih ditahap awal lagi hijrah, mereka masih proses untuk belajar jadi lebih baik lagi.

Kita sama mereka itu sama. Sama-sama fakir ilmu, sama-sama masih dalam tahap belajar juga. Jadi jangan judge, sebaliknya kita rangkul mereka. Ajak mereka belajar Islam lebih dalam lagi, kan bagus tuh belajar sama-sama. Ada temen buat berkeluh kesah, buat diskusi, trus banyak deh.

Dan yang terpenting nih yaa, pilih guru yang benar-benar paham ilmu agama. Yang paham Sunnah, Hadist sama akidah-akidah Islam yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِّاَزْوَاجِكَ وَبَنٰتِكَ وَنِسَآءِ الْمُؤْمِنِيْنَ يُدْنِيْنَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيْبِهِنَّ ۗ ذٰلِكَ اَدْنٰۤى اَنْ يُّعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا

"Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang."

(QS. Al-Ahzab 33: Ayat 59)

Kalo kalian lihat wanita berkerudung yang kelakuannya gak baik ya ditegur aja gak papa, itu artinya kamu udah berbuat baik. Jangan malu-malu buat negur mereka yang salah, siapa tau mereka sadar dan berubah menjadi lebih baik. Tapi negurnya jangan di khalayak ramai ya, gak baik.
Ajak aja mereka mereka ke tempat yang lebih sepi trus tegur secara baik-baik, bahasanya yang sopan trus jangan ngebentak-bentak ya.

Jadi jangan salahin hijab sama kerudungnya, mungkin mereka masih belum tau. Lagian masa iya kita nyalahin selembar kain yang gak tau apa-apa dan yang gak bisa napas? Mbok ya dipikir-pikir dulu sebelum bicara.  Coba deh Sholehah sekalian sering-sering ngaca, trus tanya sama diri sendiri. "Aku masih belum baik, tapi masih aja suka nyinyirin orang. Udah gak baik, nambah dosa pula ngomongin orang."

Kalian, bukan cuma kalian. Aku pun juga harus banyak-banyak introspeksi diri sendiri. "Aku baik nggak ya?" "Aku pengen dihargai tapi aku sering gak ngehargain orang lain." "Duh aku suka iri sama dia, padahal kan dia gak punya salah sama aku." "Wah udah ganteng, rajin sholat. Aku mau nikah sama dia ah." Padahal ya, dianya Sholeh trus rajin sholat. Kamunya rajin sholat gak?

Bukankah Allah udah ngejanjiin. Laki-laki baik untuk wanita baik pula dan laki-laki buruk untuk perempuan buruk pula. Sholehah, dunia nyata gak seindah kisah di Wattpad atau novel romance yang sering kalian baca ya. Jadi jangan sering-sering ngehayal atau mikirin doi yaaa. Gabaik, zina pikiran itu namanya.

Trus misal nih ya, kamu udah berbuat baik tapi sama orang dijahatin. Udah biarin aja, yang sabar. Gausah bales dengan kejahatan pula, kalo kamu ngebales dia berarti kamu sama aja dengan dia yakan?

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

هَلْ جَزَآءُ الْاِحْسَانِ اِلَّا الْاِحْسَانُ ۚ 

"Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan (pula)."

(QS. Ar-Rahman 55: Ayat 60)


Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَاَطِيْعُوا اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ وَلَا تَنَازَعُوْا فَتَفْشَلُوْا وَتَذْهَبَ رِيْحُكُمْ وَاصْبِرُوْا ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ ۚ 

"Dan taatilah Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berselisih, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan kekuatanmu hilang dan bersabarlah. Sungguh, Allah beserta orang-orang sabar."

(QS. Al-Anfal 8: Ayat 46)
.

Wah ini udah melenceng dari temanya ya, tapi gapapa deh kan siapa tau bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi Wabarakatuh❤️💙

Keep Hijrah To Istiqomah [SELESAI]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang