Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ*****
Sebelum membahas tentang bab Hari Raya, aku mau bilang terlebih dahulu kalo ini akan jadi bab terakhir. Kenapa? Karena aku sendiri memang menargetkan kalo cerita ini gak lebih dari 40 part, tapi kayaknya udah lebih ya? Yaudah gpp anggap aja bonus buat kalian. Aku akan buat karya lagi, dan ceritanya seputar Islam yang 'mungkin' bagi kalian belum mengetahuinya, karya aku selanjutnya kurang lebih kayak gini juga kok. Dan cerita ini Insha Allah akan direvisi sama aku, karena ya jujur aja buanyakk banget typo dan kekurangan. Kalo kalian ada ide apa yang mau dibahas komen aja oke? Karena jujur aja kadang aku bingung mau bahas apa. Jadi silahkan menikmati, jangan lupa vote dan comment kalo ada kesalahan ya. So selamat menikmati 🌵💙.
*
*
*
*
Seneng gak umur kita masih ada di hari raya nanti? Itu kenikmatan yang luar biasa menurut aku, jadi kita harus banyak-banyak bersyukur ya. Semoga umur kita masih sampai ya di hari raya berikutnya.Dan buat kalian yang heboh nih mau pake baju apa buat lebaran, duh ya ngapain repot-repot mikirin baju. Mending pikirin aja tuh amal kita cukup gak buat nanti di akhirat, bukan cuma kalian sih aku juga kok.
Misal orang tua gaada uang buat beli baju lebaran kalian, yaudah gausah maksa ya? Kasihan mereka udah kerja capek-capek trus ditambah kalian merengek minta dibelikan baju, mumet gak tuh orang tua kalian? Seharusnya yang patut kalian syukuri itu kamu bisa lebaran bareng orang tua kamu dengan lengkap, bayangkan diluaran sana masih ada yang kurang beruntung gak bisa lebaran bareng orang tuanya.
Lagian beli baju lebaran itu memang wajib ya? Nggak kan? Gaada hadits yang mengharuskan buat beli baju lebaran kan? Lagian coba tuh buka lemari kamu, masih banyak kan baju yang masih bagus dan layak pakai? Yaudah pakai baju itu aja.
Kenapa? malu karena pakai baju itu-itu aja? Ngapain malu? Toh kita gak berbuat jahat kan, kalo kalian malu pakai baju yang itu-itu aja aku mau tanya nih. Kamu ada malu gak pas gak sholat? Malu gak ibadah kalian cacat tapi nikmat Allah masih luar biasa? Malu gak?! Harusnya kalian bersyukur masih nyampek di hari raya, dasar human kurang bersyukur! Siapa? Aku :"Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
فَلَوْ لَا كَانَ مِنَ الْقُرُوْنِ مِنْ قَبْلِكُمْ اُولُوْا بَقِيَّةٍ يَّـنْهَوْنَ عَنِ الْفَسَادِ فِى الْاَرْضِ اِلَّا قَلِيْلًا مِّمَّنْ اَنْجَيْنَا مِنْهُمْ ۚ وَاتَّبَعَ الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا مَاۤ اُتْرِفُوْا فِيْهِ وَكَانُوْا مُجْرِمِيْنَ
"Maka mengapa tidak ada di antara umat-umat sebelum kamu orang yang mempunyai keutamaan yang melarang (berbuat) kerusakan di bumi, kecuali sebagian kecil di antara orang yang telah Kami selamatkan. Dan orang-orang yang zalim hanya mementingkan kenikmatan dan kemewahan. Dan mereka adalah orang-orang yang berdosa."
(QS. Hud 11: Ayat 116)
Dan tradisi Hari Raya itu gimana sih? Halal bihalal kan sama kerabat dan keluarga? Pasti salaman dong ya, gimana tuh kan ada yang bukan mahram? Yaudah tangkupkan tangan kamu di depan dada, sambil minta maaf. Ngerasa gak enak yakan? Pasti di cap sok suci lah, apalah-apalah gitu. Bener gak? Kenapa begitu? Karena banyak orang yang gak tau kalo menyentuh yang bukan mahram sama saja dengan ditusukkan pasak besi di kepala. Ngeri gak tuh?
Gapapa dianggap sok suci, gak sopan karena gak salaman. Karena memang bukan mahram ya mau dibuat apa? Lain lagi kalo anak bapak nikah sama saya, mau peluk juga boleh yang penting halal hehe. Bercanda yaa:v
Mau pilih mengikuti Sunnah/kewajiban tapi dianggap aneh sama masyarakat atau tidak mengikuti Sunnah/kewajiban tapi dapat dosa? Pasti pilih mementingkan Sunnah kan? Toh biarin aja diomongin, mereka lagi transfer pahala ke kita.Terus-terus yang masalah baju lebaran gimana? Astaghfirullah, dibikin ribet aja masalah baju lebaran. Kan di lemari masih buaanyaaakkk gamis dan kerudung yang masih layak pakai. Lagian orang-orang gak bakalan nanya 'baju baru ya?' nggak kan? Lagian buat apa ngejar dunia, gabakal ada habisnya. Seriusan deh.
Ayo kita belajar dari saudara kita di Palestina sana, mereka berpuasa di antara gencatan senjata dan bom yang berjatuhan. Mungkin mereka gak berbuka di dunia, tapi Insha Allah mereka berbuka di surga kelak.
Belajar dari saudara kita yang ada di panti asuhan yang gak bisa lebaran bareng sama keluarga mereka. sedih? Itu pasti, tapi mereka bersyukur karena masih bisa sampai di hari raya.
Belajar sama anak jalanan yang udah bersyukur banget karena bisa makan nasi pas buka puasa, dan kita masih aja buang-buang makanan karena rasanya gak enak?
Jadi ayolah bersyukur atas semua nikmat yang sudah Allah beri, ngucap 'Alhamdulillah' gak susah kan?
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
فَاذْكُرُوْنِيْۤ اَذْكُرْكُمْ وَاشْکُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ٪
"Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 152)
Ya Allah,
Maafkan kami jika sering kali mengeluh atas cobaan yang Engkau berikan.
Maafkan kami jika kami sering kali lupa bersyukur atas semua nikmat yang Engkau berikan.
Maafkan kami jika kami lebih mementingkan dunia, padahal Engkau bisa kapan saja mencabut nyawa kami.
Maafkan kami jika ibadah hamba sering kali cacat.
Maafkan kami jika kami secara tidak sadar ataupun secara sadar kami sering merendahkan orang lain.
Maafkan kami yang tidak tau diri ini Ya Rabb, kami malu. Kami malu Ya Allah..Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
ثُمَّ عَفَوْنَا عَنْكُمْ مِّنْۢ بَعْدِ ذٰلِكَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ
"Kemudian, Kami memaafkan kamu setelah itu agar kamu bersyukur."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 52)
Minal Aidzin Walaupun Faidzin jika karya aku tidak sengaja bikin kalian tersinggung, jazakillahu khayran atas vote, comment dan yang udah masukin karya aku ke reading list. Karya aku tidak akan jadi apa-apa tanpa kalian💙 Lumayan panjang kan? Hehe, tunggu karya aku selanjutnya yaa. Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, semoga bermanfaat tayanggg hehe🌵🌵
KAMU SEDANG MEMBACA
Keep Hijrah To Istiqomah [SELESAI]
SpiritualAssalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh❤ WARNING : Ini bukan lapak teenfict yang bikin kalian baper. Tulisan ini sebagian besar berisi tentang pengetahuan hal 'kecil' dalam Islam yang 'mungkin' kalian belum mengetahuinya. Tegur dan berkomentarlah...