CATATAN KECIL

2.8K 92 3
                                    


Sejak kecil aku suka bercerita, tak terhitung ratusan kertas yang sudah kuhabiskan untuk menulis banyak cerita. Aku suka cerpen, aku suka dongeng. Aku suka membuat sebuah cerita berdasarkan impian dan khayalanku, tapi aku tidak pernah menceritakan kisahku sendiri.

Kisah yang selalu aku anggap tidak menarik untuk kuceritakan pada orang lain. Mungkin bisa dibilang aku malu untuk menceritakannya. Aku malu membuat keluargaku malu. Ya, mungkin seperti itu.

Tapi aku telah dewasa, sudah pantas untuk memilih jalan hidupku sendiri dan apapun yang ingin aku lakukan terhadap kehidupanku. Dan aku memilih untuk menceritakannya pada kalian semua. Berbagi tentang keresahanku selama ini. Tidak untuk menggurui, tidak juga untuk meninggalkan pesan moral. Aku benci setiap kali orang bertanya soal pesan moral. Aku hanya ingin bercerita, bukan untuk menghumbar moral.

Ceritaku ini adalah kisah nyata, segala hal yang pernah aku rasakan. Ungkapanku dari hati yang paling dalam.

Bagaimanapun ceritaku ini, aku tidak sedang bermaksud untuk menyudutkan siapapun ataupun menyalahkan. Tidak ada yang salah menurutku. Hidup itu adalah sebuah pilihan, tapi untuk sampai pada pilihan itu kita akan melalui sebuah perjalanan yang begitu panjang.

Dan ini adalah sebagian dari perjalanan panjang itu....




AYARA BHANU KUSUMA




"Untuk Ibu dan Bapak yang selalu disisiku."

LANANG. [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang