Pengetahuan

9K 333 9
                                    

Di lapangan yang luas, suara para komando bergema membuat bulu di lengan seorang wanita yang kebetulan ada di ruang konsumsi meremang.

VISI

Kopassus yang setia, disiplin dan berkemampuan tinggi serta berwawasan kebangsaan.

MISI

Melaksanakan operasi khusus dalam rangka menegakkan kedaulatan dan keutuhan negara serta melindungi segenap bangsa dan seluruh rakyat Indonesia.

JANJI PRAJURIT KOMANDO

1. Saya berjanji, bahwa saya akan tetap setia dan menepati isi dan jiwa Sapta Marga.
2. Saya berjanji, bahwa saya akan memegang teguh dan tetap berpedoman pada Sumpah Prajurit.
3. Saya berjanji, bahwa saya akan menjunjung tinggi dan mempertahankan derajat, nama, kehormatan dan jiwa Kesatuan Para Komando pada setiap saat, tempat dan keadaan keadaan bagaimanapun.

Suara itu sebenarnya membuat semua orang merinding juga kagum dengan pasukan yang sedang latihan regular di lapangan yang berada di Kemang, Bogor.

"Teteh.. ini sudah selesai?" suara seorang wanita yang berseragam hijau muda. Wanita ini berusia sekitar 40 tahun, seorang ibu Persit.

"Ehh.. Maaf atuh ibu.. Agak bengong tadi. Hmm.. semuanya sudah di urus staff saya, apakah semuanya sudah pas dan sesuai pesanan?" tanya wanita cantik berambut hitam panjang ini.

"Sudah atuh.. pesanan ini sudah semuanya pas. Wulan Bakery sangat memuaskan." ujar bu Leni Iskandar selaku Ketua Persit Kartika Chandra Kirana.

"Siap.. Izin untuk mundur!" ujar wanita cantik ini seolah mengikuti gaya militer dalam berbicara.

Bu Leni tersenyum lebar, lalu mempersilahkan wanita berambut hitam panjang itu berlalu sembari mengatakan akan pergi duluan kepada  staffnya.

***

Burhan Cahyadi Arifin, lelaki berusia 29 tahun, single, pekerjaan sudah mapan menurut versinya sendiri yaitu seorang abdi negara, wajahnya tampan sudah bawaan lahir juga menurut lelaki ini.

Bisa membuat para wanita klepek-klepek kalau lelaki ini mau menggunakan pesonanya. Dengan tinggi badan 185 CM dan berat badan seimbang,lelaki ini sangat prima di usianya tersebut. Pengetahuan di kepala Burhan yang berdiri tegap mengawasi para prajuit komando itu latihan sangatlah berwawasan luas. Lelaki tinggi berotot, kulit kecoklatan karena banyak beraktivitas di luar ruangan membuat dirinya sangatlah mempesona untuk mata kaum hawa. Lelaki ini sedang mengingat sesuatu dari sekian banyak pengetahuan yang di dapatnya sewaktu dulu sedang dalam pelatihan.

Organisasi pasukan Kekuatan Grup 1/Para Komando terdiri dari:  Batalyon 11/Astu Seno Baladhika, Batalyon 12/Asabha Seno Baladhika, Batalyon 13/Thikkaviro Seno Baladhika, dan Batalyon 14/Bhadrika Sena Baladika (atau Yon 14).

Setiap batalyon terdiri dari 3 kompi. Setiap kompi dipecah lagi menjadi 3 peleton,yang masing-masing peleton beranggotan 39 orang. Dan setiap peleton terdiri dari 3unit kecil yang disebut regu berkekuatan 10 orang.

Setiap regu hanya berkekuatan 10 orang, yang dipimpin oleh seorang bintara,dimana masing-masing orang memiliki keahlian masing-masing. Komposisi regu terdiri dari : Komandan Regu (Danru), Wakil Komandan Regu (Wadanru), Penembak senapan 1,  Penembak senapan 2, Bintara Zeni Demolisi,Tamtama Perhubungan, Tamtama Kesehatan, Penembak Senapan Mesin Ringan Ultimax 100, Penembak senapan 3/Pembantu penembak Senapan Mesin Ringan,  Penembak senapan 4.

Saat ini Grup 1/Para Komando memiliki persenjataan yang ringan dibawa tetapi efektif, jenis yang digunakan adalah: Senapan Serbu 1 buatan Pindad, Pelontar Granat SPG-1 kaliber 40 mm, Pistol SiG Sauer P226 untuk komandan kompi ke atas, dan Pistol P1 buatan Pindaduntuk di bawahnya, Night Vission Goggles (NVG), Shotgun MOD M3 Super 90, Sniper Accuracy International 7,62 mm,  Sniper Galil 7,62 mm, Senapan Mesin Ultimax 100.

BALADA CINTA KAPTEN BURHAN {Geng Rempong: 10}Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang