Palembang, 16 october 2015
KA Sindang Marga relasi Palembang to Linggau.
Persiapan dinas telah aku tata dengan sempurna, saat ini aku masih memakai kemeja lengan pendek berwarna putih, rok selutut berwarna hitam dan scraft magenta yang aku pasangkan di kerah kemejaku.
Yeah ini hari pertama aku pergi bekerja setelah beberapa hari yang lalu melakukan training yang luar biasa membosankan hanya dengan mendengarkan materi selama berjam-jam lamanya.
Penempatan dinas ku di kota Palembang, jauh sekali dengan rumahku dan tentu saja aku masih tinggal sendirian di mess yang disediakan.
Kali ini ada 48 orang yang lolos, 8 orang pramugari dan 40 lainnya pramugara. Alasannya karena perusahaan sedang membutuhkan banyak pramugara.
Crew wanita yang ditempatkan di area palembang hanya aku dan Nisa, sedangkan crew lelaki ada sekitar 19 orang. Sisahnya di sebar di berbagai area contohnya Semarang, Solo, Surabaya, Yogyakarta.
Sebenarnya aku berharap dapat ditempatkan di Jakarta, karena dekat dengan rumah dan sewaktu-waktu bisa pulang, aku tipe orang yang tidak bisa jauh-jauh dari orang tua. Tapi berkat dukungan mama dan papa ku, disinilah aku sekarang, selalu bersemangat meskipun jauh dari mereka...
Dibalik itu semu aku bersyukur setidaknya ada beribu orang yang tidak lolos seleksi dan kami 48 orang terpilih sanggat bangga meskipun sebenarnya penempatan dinas membuat kami jauh dari rumah.
Aku memoleskan makeup natural di wajahku, tak lupa lipstik berwarna pink yang menggoda dan blushon tipis untuk efek merona di wajahku. Perfect, i'm ready to go..
S.O.P (standard operasional) crew restaurant on train pra dinas :
1. Tiba di kantor 90 menit sebelum keberangkatan kereta
2. Absensi via finger print, jika telat maka tidak di dinaskan. Jika lebih dari satu kali mendapat surat peringatan 1
3. Membawa semua perlengkapan dinas (buku SOP, id card, nameplat, bukti surat dinas, seragam rapi dan lengkap (high heels untuk boarding minimal 9cm dan minimal 5cm untuk serving)
4. Standard make-up (fresh and bold)
5. Selalu tersenyum dalam melayani penumpang
6. Melakukan briefing dengan supervisor crew.
7. Melakukan briefing dengan all crew on train (kondektur, masinis, polsuska, OTC/on trip cleaning, TKA/ teknisi kereta api, captain crew restaurant on train)
8. Memastikan tidak ada complain dari penumpang.
9. Pelayanan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan penumpang hingga tiba di tempat tujuan adalah ujung tombak dunia perkeretaapian.
10. Koordinasi all crew on train.
11.
12.......Gila banyak banget poin peraturannya, aku menggerutu sendiri ketika di beri buku S.O.P oleh supervisor crew, Bu Linda. Cantik menawan panutan kami.
Baik hati namun selalu disiplin dengan waktu. Tidak mentolerir keterlambatan walaupun hanya 1 detik.
Setelah banyak briefing yang membuat telingaku sakit akhirnya kita dipersilahkan menuju kereta masing-masing. Parter crew saru angkatanku kali ini Fadli, asalnya Tegal dan lucu ketika berbicara dengan logat tegalnya, bapake, inyong, mamake.... hahahahaha
Setelah tiba di restorasi aku membereskan koper dan meletakkan pada cabin (sebutan tempat istirahat crew di kereta api)
Kemudian aku dan fadli segera menemui 3 crew kami yang lain.
Terlihat 3 seniorku sedang bersiap di restorasi, aku dan fadli gugup sambil mengucap salam.
"Selamat siang kak, kami anak baru yang ditugaskan di KA Sindang Marga hari ini, nama saya Enola. Mohon bimbingannya kak." Sapaku sambil bersemangat. Setelah itu diikuti fadli yang menirukanku.
KAMU SEDANG MEMBACA
Trust me, it's WORK.
Random40% Author's PoV Part 1-20 was edited. Nb : VOTE/klik bintang sebelum baca ya ;) -------------------- "Selamat pagi, kereta api Sindang Marga." Dari kejauhan terlihat seorang wanita bertubuh tinggi ramping, berseragam magenta dengan rok yang panjang...