La Tahzan

247 5 0
                                    

Banyak hal yang harus kita syukuri dalam hidup ini, meskipun kita tengah kecewa, tidak baik-baik saja, bahkan dalam kesedihan yang sangat mendalam sekalipun.

Karena memang tidak ada satupun di dunia ini yang Allah ciptakan sia-sia, lantas bila saat ini kamu tengah kecewa dan bersedih maka tetap bersyukurlah, sebab darinya kamu tentu bisa belajar caranya bersabar dan ikhlas.

Dan terkadang kamu memang juga perlu sekali-kali merasa sakit, kecewa, dan dipatahkan oleh sesuatu yang kamu sendiri tidak menyukainya. Kenapa? agar kamu tahu caranya berjuang dan memperbaiki diri.

Maka dari itu, bila saat ini kamu sedang tidak enak hati karena merasa tidak dihargai tetaplah bersyukur, karena terkadang kamu memang harus tahu perihnya tidak dihargai, agar kamu tahu berpikir bagaimana cara membenahi diri.

Artinya, mungkin kamu tidak dihargai karena menurut orang lain kamu tidak sama dengan dirinya, atau menganggapmu banyak kekurangan, tapi jangan pernah kamu merasa kecewa dan mengutuk dengan amarah, karena bagaimanapun itulah cara agar kamu bisa semakin memantaskan dirimu.

Lalu bagaimana saat ada yang menghina? sedih? marah? tidak terima? seharusnya jangan bersikap demikian, karena terkadang memang kamu itu harus tahu pedihnya dihina, agar kamu tahu caranya menjadikan dirimu lebih baik, lebih pantas, dan berkualitas.

Terkadang kamu harus tahu rasanya diremehkan, tidak dipedulikan, atau bahkan dianggap tidak penting oleh orang lain, agar kamu tahu caranya menjadikan dirimu lebih berkualitas, sehingga akhirnya kamu tidak lagi menjadi bahan hinaan dan ejekan mereka.

Katika terjatuh atau gagal misalnya, mungkin kamu akan merasa sangat frustasi dan seakan tidak memiliki arah tujuan, tapi sejatinya semua itu adalah latihan untukmu lebih bijaksana lagi.

Terkadang kamu memang harus tahu rasanya terjatuh, ringkih, dan tidka berdaya, agar kamu tahu caranya bangkit kembali dengan rasa juang yang lebih besar lagi.

Dan terkadang kamu memang harus tahu rasanya dikecewakan terlebih dah

Jangan terlalu menggerutu saat Allah timpakan kita sebuah masalah, kesulitan, musibah, atau pun kesesdihan yang mendalam.

Karena sungguh saat kita terjatuh, tertekan, dan bahkan tersakiti sekalipun, disitulah kita akan lebih khusyuk berdoa kepada-Nya.

wahai hati, tetaplah bersyukur meski kita dalam keadaan teringkih sekalipun, karena semua itu memang telah Allah cipta agar kita lebih menikmati dalam berdoa kepada-Nya.

Maka cobalah introspeksi diri kita baik-baik, bukankah ketika kita aman-aman saja hidupnya tanpa masalah atau kesulitan sedikitpun, kita selalu seperti berburu dalam beribdah kepada-Nya? termasuk saat kita berdoa atau pun bersujud kepada-Nya.

Oleh sebab itu, jangan membenci rasa sakit atau keadaan yang menurut kita begitu menyiksa sebab suatu hal, karena dari rasa sakit itulah sebenarnya kita bisa lebih lama dalam meminta dan bercerita kepada-Nya dalam doa-doa panjang kita.

Dan bila saat ini kita dihadapkan pada kejadian buruk atau bahkan sangat buruk sekalipun, tetaplah legowo menerimanya dengan penuh prasangka baik kepada Allah.

Jangan pernah sesali kejadian buruk yang tengah menimpa, karena sungguh dari kejadian itu kita bisa lebih sering mencari dan meminta pertolongan-Nya.

Bila saat ini kita dalam masa sulit yang besar maupun kecil, jangan gerutui masa sulit tersebut, karena sungguh dari kesulitan itu kita bisa lebih bergantung dan mengingat kebesaran-kebesaran Allah disetiap waktu yang kita miliki.

Sebab rasa sakit dan keadaan yang paling tidak berguna sekalipun menurut kita, semua itu tersimpan hikmah dan makna hidup yang luar biasa, hanya saja kita yang tidak bisa menela’ahnya dengan baik.

Begitu pula denagn rasa sakit dan tertekan yang kita alami sekarang, syukurilah ia karena semua itu adalah cara Allah agar kita lebih khusyuk lagi dalam berdoa dan merintih kepada-Nya dengan sepenuh hati.

Hijrah Cinta Sang Akhwat FillahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang