[4] parallel universe

1.3K 298 69
                                    

10 Februari 2020

Kalian percaya yang namanya Parallel Universe atau dunia paralel?

Tapi, sebelum itu apa kalian tau maksudnya dunia paralel itu apa?

Dunia paralel adalah dunia dimana adanya kehidupan lain yang sejajar dengan kehidupan yang sedang kita jalani saat ini, ada satu atau lebih kehidupan lain yang juga berjalan secara bersamaan dalam dunia paralel.

Gagasan tentang dunia paralel udah mengemuka di awal era 1920-an, teori dunia paralel menyatakan bahwa kehidupan manusia beserta alam semesta ini sebenarnya ada banyak.

Banyak semesta ini berjalan secara paralel satu sama lain, ketika itu banyak peneliti meragukan tentang teori ini. Keberadaan dunia paralel baik yang sama dengan dunia kita maupun yang berbeda belum bisa dibuktikan secara ilmiah pada saat itu.

Awalnya dunia paralel hanya sebuah imajinasi dalam cerita fiksi, tapi kini makin banyak teori yang dijadikan jembatan untuk menjelaskan dan mendukung keberadaan dunia paralel. Para ilmuwan fisika berada di garis depan sebagai pihak yang mencoba menjelaskan kemungkinan keberadaannya.

Menurut beberapa ahli fisika gak memungkiri bahwa dunia paralel memang ada. Hal ini dibuktikan dengan adanya statement yang menyatakan bahwa alam semesta kita ini terdiri dari ribuan galaksi, dan bumi hanyalah satu dari sekian juta kehidupan yang ada di alam semesta ini.

Dasar teori dunia paralel adalah ketidakterbatasan jagat raya yang memberikan kemungkinan adanya alam semesta lain. Saat ini diperkirakan ada 1011 galaksi di jagat raya. Jadi, bukan gak mungkin jika selain di galaksi yang kita tinggali ada kehidupan yang juga sedang berlangsung.

Para ahli kuantum juga percaya bahwa setiap hari, bahkan setiap detik sebuah dunia paralel tercipta. Dunia paralel ini berjalan beriringan, tapi masing-masing dunia gak menyadari kehadiran yang lainnya. Yang satu merupakan imajiner terhadap yang lain, tapi gak ada yang bisa memastikan mana yang sebenarnya nyata.

Dan Sanha akhirnya percaya bahwa dia adalah a time traveller setelah kemarin lusa membuktikan ke dirinya sendiri. Sanha kembali masuk ke dalam lift setelah keluar dari unit apartemen Junkyu, dia berhasil ke masa depan untuk percobaan kedua kalinya.

Besoknya Sanha mencoba lagi untuk ketiga kalinya, dan berhasil lagi. Tapi ada yang berbeda, Sanha bukan ke masa depan, melainkan ke masa lalu.

Kemarin itu yang percobaan ketiga kalinya Sanha coba naik ke dalam lift pukul 9:04 pagi, dua kali sebelumnya dia masuk ke dalam lift di atas jam 12 siang. Ketika Sanha keluar dari lift ternyata dia ke masa lalu, bukan ke masa depan.

Kesimpulan Sanha setelah tiga kali mencoba (dua kali ke masa depan dan satu kali ke masa lalu) ada satu hal yang membedakan, perbedaannya adalah ada di waktu. Karena Sanha adalah a time traveller berarti semuanya berhubungan dengan waktu.

Inti dari rekapitulasi teori yang Sanha tebak adalah semuanya tergantung waktu kapan dia masuk ke dalam lift. Jadi, jika Sanha masuk ke dalam lift di atas jam 12 siang maka dia akan ke masa depan. Sebaliknya jika Sanha masuk ke dalam lift di bawah jam 12 siang maka dia akan ke masa lalu.

Seperti kata-kata 'ada pagi, siang dan malam.' maka 'ada masa lalu, masa kini dan masa depan.' semuanya adalah about time, sama halnya dengan istilah dunia paralel.

Dari tiga kali percobaan Sanha sedikit mengerti dan paham dengan permainan—eumm permainan? Apa menjadi a time traveller adalah sebuah permainan? Ok, katakan menjadi a time traveller adalah sebuah suratan tangan dari Tuhan.

TIME TRAVELER - SanhaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang