"chan, lo tuh goblok banget, sih?"
"lo sadar nggak sih apa yang lo lakuin?"
"bodoamat lah mending ngopi lur."
sekiranya itu kata-kata yang bisa dikeluarin temen-temen haechan setelah denger cerita dari jeno. iya, jadi jeno nyerita tentang haechan yang kegep jalan sama nancy di depan nara. ya mereka kan juga tau haechan yang lagi deket sama nara. tapi begitu denger berita sore ini, langsung deh tuh ngeroyok haechan.
jangan tanya jeno tau dari siapa. ya pasti dari pacarnya lah, siyeon. nah siyeon pasti dapet dari eunbin. mulut cewek itu kan lemes banget. kalo nara mah ogahan nyerita soal itu. lagi males banget bahas.
dan respon haechan yang semakin bikin temen-temennya gemes adalah, "apasih gue sama nara pacaran aja nggak."
"ah brengsek lu!"
ya, haechan pantes sih dapet umpatan itu. dia nggak lebih dari si brengsek yang mainin hati cewek seenaknya. haechan juga nggak ngerti, dia nggak ngerti harus ngapain. hatinya masih jelas cuma buat kang nara, tapi disisi lain dia juga nggak mau ngerasain sakit, lagi. kaya yang dilakuin somi—mantan terakhirnya.
tapi lamunan haechan buyar pas jaemin nyeletuk, "eh, hyunjin kok nggak keliatan, ya? kemana sih tuh curut biasanya juga paling semangat nyebat."
ha, liat aja tuh. oknum yang menurut haechan bikin hubungan dia sama nara ancur malah nggak muncul seharian. menghindar, bangsat?
oiya, temen-temennya yang lain juga belum tau tentang hyunjin yang ada sangkut pautnya sama masalah ini. akhirnya haechan cuma nanggepin, "jaga lilin kali."
"eh, loh, itu dateng anaknya," felix udah dadahin hyunjin yang baru aja masuk ke warung tempat mereka nyebat sekarang. hyunjin kaya ngos-ngosan abis maraton. nggak tau deh abis ngapain.
"kemana aja, lo?" sapa felix.
hyunjin nggak jawab dan tos-tosan ala cowok gitu sama kesembilan temannya itu. pas sampe di haechan, cowok itu malah sibuk sendiri mainin hpnya. bikin hyunjin narik tangannya nggak jadi tosin haechan dan duduk di kursi sebelah jaemin yang masih kosong.
"kemana ajasih nggak muncul seharian," kata sanha sambil nyeruput esteh milik jisung di sebelahnya.
hyunjin ngendikkin bahunya, "nggak kemana-mana ajatuh."
"eh? lo mau kemana?" tanya renjun mewakili temen-temennya yang bingung juga pas liat haechan yang tiba-tiba aja udah berdiri sambil gendong tasnya.
"pulang dulu, lur. disuruh nyokap pulang gasik."
"alah dari dulu nyokap lo oke oke aja tuh lo mau pulang subuh-subuh juga." komentar jeno. ya emang iya, namanya juga berandal untung tampan.
"inimah seriusan gue kudu pulang, jangan kangen." kata haechan sebelum bener-bener keluar dari warung ninggalin kesembilan temennya itu yang masih dibuat bingung.
salah satunya yaitu hyunjin. nggak usah ditanya juga pasti hyunjin tau alesan haechan langsung pulang pas dirinya baru banget dateng. hyunjin cuma bisa ketawa dalem hati, bocah banget.
"kenapasih tumbenan tuh kadal?" celetuk jeno.
"jangan-jangan ngambek gara-gara lo nyerita tanpa izin dia, jen?" ini seungmin yang tanya.
"halah childish banget gitu doang. lagian tadi juga biasa aja."
jaemin yang denger temen-temennya itu cuma diem. untuk manusia kelewat peka seperti jaemin sih udah nebak-nebak apa alesan haechan langsung pulang gitu aja. jaemin tuh yang paling sering ngabisin waktu bareng haechan. jadi ngerti kalo temen seperwarnetan nya itu lagi kenapa-napa.
jaemin ngerti, jaemin nyadar. haechan langsung pulang begitu hyunjin dateng. berarti itu pasti ada sangkut pautnya sama hyunjin.
•••
nara hentak-hentakkin kakinya ke lantai, kesel. kalo aja nggak inget dia butuh eunbin buat pulang, udah nolak mentah-mentah nara tuh pas eunbin minta temenin ke gramed. katanya sih beli buku penunjang snmptn biar pinter. hilih!
lagian nara nggak tau eunbin tuh lagi kerasukan setan apa pake beli buku segala biasa juga modal pap punya temen. tumbenan banget gitu.
dan dia tambah kesel aja pas eunbin tiba-tiba aja berhenti di koridor yang nuju ke parkiran, terus bilang, "eh anjir tas gue ketinggalan di perpus," cewek itu udah senyum-senyum ke nara bikin nara geli, "adikku sayang, kamu baik kan ke kakak? ambilin tas kakak dong."
nara pengen muntah pas eunbin bilang kaya gitu. ya nggak pantes aja seorang kwon eunbin aku-kamuan ew geli.
baru aja mau nolak, eunbin udah ngancem nara aja, "mau gue turunin di pangkalan ojek yang biasa itu? yang banyak om-om pedo?"
ya sebenernya nara juga bisa kali naik ojol kalo seandainya eunbin beneran nurunin nara di sana. tapi sayang banget dong uang jajannya kepotong. nara sayang uang.
akhirnya nara dengan kesel ngambilin tas eunbin ke perpustakaan. sementara si tuan putri cuma duduk di kursi panjang yang disediain di koridor. bikin nara ngumpatin mulu daritadi di dalem hati.
sampe di perpustakaan, nara nyari-nyari tas yang sesuai dengan deskripsi eunbin tadi, "warna biru langit polos ada gantungan mickey mouse-nya masa lo nggak tau, sih?"
mata nara mindai semua kursi yang tertata rapi di perpustakaan. dan akhirnya—nemu! tas biru langit polos beneran ada gantungan mickey mouse-nya di resleting depan, terletak di kursi sebelah yang didudukkin sepasang cowok-cewek yang lagi hadep-hadepan.
nara memicingkan matanya, kayanya dia kenal sama perawakan kedua cowok dan cewek itu, eh—
kak haechan? kak nancy?
oh, jadi haechan sama nancy. lagi ngobrol dan ketawa-ketawa, sesekali haechan ngusakkin rambut nancy kaya yang cowok itu sering lakuin ke nara.
nara cuma bisa senyum kecil liat itu. rasanya sakit sih. tapi akhirnya nara yakinin dirinya, dia jalan ke arah mereka, berniat ngambil tas eunbin yang ada di sebelah kursi yang didudukkin nancy.
"misi, kak. mau ngambil tas. maaf ganggu." kata nara sambil nunduk, nggak berani natap sama mereka berdua, apalagi haechan.
sementara haechan, melotot. kaget banget. nggak nyangka bakal ketemu nara pas dia posisinya lagi sama cewek lain, bangsat.
"eh, iya, dek. ambil aja." tanggep nancy sambil senyum ke nara. nara yang ngeliat senyum nancy jadi kaya... apa, ya? semakin ngerasa nggak pantes buat haechan. ya liat ajatuh nancy cantiknya udah kaya putri disney, nara mah apa yang sama dakinya aja kalah kali.
haechan cuma diem sambil natep gerak-gerik nara. kangen, batinnya. iya beneran kangen, padahal belum sampe seminggu mereka lost contact tiba-tiba. itupun yang ngebuat haechannya sendiri.
"mari, kak." terus nara beneran pergi ninggalin mereka berdua. nancy lagi-lagi senyumin nara.
haechan yang ngeliat itu semua, semakin ngerasa bersalah sama kedua cewek ini. terutama nara. cewek yang dia sayang tapi malah dia sakitin.
goblok sih lo!
"kenapa? kamu kenal?" tanya nancy tiba-tiba bikin lamunan haechan buyar.
aku-kamuan juga yha hm.
haechan ngegeleng, "nggak." —kenal, banget. dan aku sayang banget sama dia.
_
gadantaaaaa
KAMU SEDANG MEMBACA
bright, haechan✔
Fanfiction[bahasa] °in which haechan loves his girl wholeheartedly° ©mayjjjj, 2019.