5 years later
Gue natap jalanan yang jauh tersentuh dari kata aspal, di desa kecil di Hungaria.
Pekerjaan gue kali ini emang bikin capek tapi ada untungnya karena gue bisa keliling dunia.
Ya, seperti mimpi gue dulu. Gue udah jadi dokter spesialis bagian dalam. Sejak 2 tahun yang lalu. Kenapa? Karena gue bisa lulus kuliah cepet. Cuma 2,5 tahun. Karena nilai gue kebanyakan mendekati sempurna.
Bukannya mau sombong.
Sejak kelulusan gue emang pindah ke Kanada. Tapi dapet beasiswa kuliah di Universitas of Zurich, Swiss. Semenjak itu juga gue menetap di Swiss. Awalnya berat harus pisah lagi sama keluarga tapi ya mau gimana lagi.
Dan sekarang gue fokus jadi dokter relawan. Rasanya emang lebih menantang aja daripada harus kerja netap di rumah sakit. Bosen.
"Sandara!"
Gue noleh kearah belakang, natap cowo tinggi tegap yang lari sambil ngelambain tangan ke gue.
Namaya Jonathan Benedict. Cowo asli Swiss yang udah jadi temen gue semenjak masuk kuliah.
"Hei, kenapa?"
"Ga balik ke camp? Semuanya udah packing barang buat balik besok."
"Gue udah selesai. Cuma mau nikmatin semua yang ada disini sebelum semuanya berakhir."
Ben keliatan ngangguk doang sambil jalan disebelah gue.
"Dar, mau sampai kapan?"
Gue yang sempet mungut sampah langsung noleh kearah Ben.
"Maksudnya?"
"Mau sampai kapan lu nolak gue terus?"
Gue lagi-lagi diem. Emang bukan sekali dua kali Ben ngajak gue nikah. Dan bukan sekali dua kali juga gue selalu nolak Ben.
Gue tau gue bego. Ini udah 5 tahun lebih, tepatnya 5 tahun lebih 2 bulan. Dan gue masih berusaha untuk tetep jaga janji gue ke Jeno.
Buat Jeno, kita emang udah lost contact semenjak kita ngejar mimpi masing-masing. Kita cuma pengen fokus. Setau gue Jeno kuliah di University College London. Yah sebatas tau itu aja.
"Maaf," kata gue lagi dan lagi.
"Kenapa lagi? Karena lo belum bisa lupain cowo itu?"
"Bukan masalah bisa atau engga Ben. Karena emang gue ga pernah mau nyoba. Dan gue ga bisa nerima lu saat hati gue masih gue jaga buat orang lain," jelas gue ke Ben.
"Ini udah lebih dari 5 tahun Dar,"
Gue cuma bisa diem sambil gosok lengan gue sendiri.
"Dia bahkan ga ngabarin lu sama sekali. Bisa jadi dia disana udah sama cewe—"
"I believe him,"
Gue bisa lihat Ben ngacak rambutnya kasar. Tapi gue berusaha untuk tetep ga peduli. Kadang perkataannya Ben emang buat gue sedikit ragu dan juga takut.
Tapi mau gimanapun gue harus tetep nepatin janji gue.
"Apa yang bakal lo lakuin kalo semuanya diluar rencana lo. I mean, he never back and choose another girls."
"Kita lihat nanti."
Ben lagi-lagi hembusin nafas kasar.
"Seganteng dan sebaik apa sih dia ampe lu nolak gue berkali-kali?"
"Jelas lu kalah jauh lah," kata gue sambil bercanda. Gue bisa lihat Ben natep gue sebel abis itu ketawa.
"Inget, gue bakal tetep nunggu lo sampai kapapun. Dan kalo—"
"Gue udah bilang ke elu berkali-kali jangan nunggu gue." Tegas gue.
"Gue ga peduli. Gue bakal tetep ada disisi lu."
"Ben, makasih."
Jujur, gue ga enak di posisi kaya gini. Ben terlalu baik buat gue.
"Gue mau kok dijadiin pelampiasan."
"Ben, please jangan gini. Lo orang baik, lu bisa dapet cewe yang lebih baik dari gue."
"Mungkin yang lebih baik dari lo banyak Sandara. Tapi kalo yang gue sayang cuma lu gimana?"
Gue cuma ngehela napas. Debat sama Ben ga bakal ada kelarnya.
"Gue duluan," kata gue pas kita di camp relawan.
Gue udah ga meduliin Ben, gue langsung masuk ke tenda. Gue bisa liat ada Aiden yang lagi nata bajunya di koper.
"Kakak darimana?" tanya Aiden. Cewe cantik berdarah kental Swiss.
"Jalan-jalan aja,"
Gue duduk di ranjang trus ngeraih laptop gue yang ada di tas.
"Ai, wifi disini bisa dipake kan?" tanya gue sambil nyalain laptop.
"Bisa kok, passwordnya 'volunteer12'."
Gue mulai nyambungin wifi. Karena sinyal disini bener-bener susah. Gue mulai buka gmail setelah sekian lama.
Gue emang ga cuma lost contact sama Jeno tapi sama semua temen gue. Bahkan Mark. Sesekali gue emang masih ngabarin Mama, Papa bahkan Om Yoongi. Buat Nenek, beliau udah meninggal 1 tahun yang lalu. Gue juga nyempetin untuk pulang, bahkan jauh-jauh dari Madagaskar.
Gue bisa lihat banyak banget pesan gmail dari Mark. Ya, cuma itu alat komunikasi gue sama Mark. Karena pekerjaan gue bikin gue harus sering ganti nomer luar negeri.
You have messages from Marklee@gmail.com
Gue diem sebentar, kayanya terakhir kali gue kontakan sama Bang Mark udah 4 bulan yang lalu. Dan untuk bang Mark, dia udah nikah dua tahun yang lalu sama Mina. Ga nyangka kan? Padahal dulu dia bucinnya Arin. Gue juga udah dikasih keponakan. Namanya Leon.
Gue langsung aja baca-baca pesannya bang Mark. Intinya sih cuma nanyain kabar, ada pesan beberapa hari yang lalu. Intinya gue dapet undangan nikahannya Jaemin minggu depan.
Udah mau nikah aja itu anak.
Haruskah gue balik?
Tapi gatau kenapa, gue belom siap.
Gue tuh cuma ga siap ditanya kapan nikah mulu tau ga?!
Dipikir nikah tuh kaya buang upil apa gimana ya?
Sekarang ditanya kapan nikah, pas udah nikah ditanya kapan punya anak, pas udah punya anak ditanya kapan nambah anak, pas udah nambah anak ditanya kapan punya menantu, pas udah punya menantu ditanya kapan punya cucu trus kalo udah punya cucu mau ditanya apa lagi?
KAPAN MAU MATI?!
Kesel gue ama pikiran orang-orang.
"Kak!"
Lamunan gue buyar pas suaranya Aiden menginterupsi.
"Eh? Kenapa?"
Gue lihat Aiden kaya ragu gitu mau nanya.
"Kakak ada apa sama kak Ben?"
"Ha?"
—vousmeais present—
KAMU SEDANG MEMBACA
Adolescence 🔓 Lee Jeno
Ngẫu nhiên[ teruntuk kamu yang berhasil membuat masa mudaku campur aduk kaya pecel. ] Jeno, oc #2-free, 29 agustus 2019 #1-smfamily, 20 agustus 2019 #4-free, 20 agustus 2019