Apa kau tau? Apa yang paling mematikan didunia ini?
"It kill someone mentality"Apakah kita pernah berfikir seberapa besar dampak dari sebait ucapan kita? Apakah kita pernah bertanya apa yang akan terjadi pada diri seseorang kala kita menghakiminya tanpa alasan? Please, Think it again.
Terkadang kita lupa bahwa setiap ucapan ada konsekuensinya. Semua tindakan ada efek setelahnya. Apakah kita pernah menyadari efek paling lama dari sebuah kata? Iya! Kita bisa saja menyaksikan banyak berita di tv Banyak pembunuhan terjadi kemudian selesai. Si korban die dan si pelaku masuk penjara.
Apakah kita tau pembunuhan yang sangat panjang dampaknya? Bukan! Bukan panjang. Bisa jadi selama orang itu masih ada di dunia. "When you kill her character."Ketika seorang teman berkata :
"Bodoh, bisa apa lu"
"Masak itu aja gak tau, gak belajar lu"
"Kagak ada yang bener lu"
"Lemah lu"
"Dasar anak nakal!!"
"Gak punya masa depan kamu!!"Kita begitu mudah mengatakan hal yang menurut kita sepele tapi mampu membuat orang merasa tidak berarti, berhenti untuk belajar, karena belajarpun dia akan selalu dianggap orang bodoh.
Ketika kita bertemu seorang dosen dan berkata :
"Salah kamu!, jelas sekali kamu tidak punya wawasan."
Kemudian ia memarahimu didepan teman-temanmu dan kamu hanya bisa tertunduk dalam.What you feel?
I know, it makes your heart too hurt.
Dan kamu merasa..😟😔😳😢😭Dan kamu merasa tak berarti. Semua memandang dirimu lemah. Kamu hanya orang bodoh yang berkeliaran diluar sana dan terabaikan oleh lingkungan. Karena keterbatasanmu kamu di judge tanpa mereka tau alasan dibalik kekuranganmu.
Aku jadi merasa sedih ketika seseorang mengatakan hal yang tak patut didengar banyak orang dan aku yakin! Diri mereka sendiri bahkan tak mau mendengar ucapan itu.
Pernah dengar cerita tentang Thomas Alva Edison? Ia pernah dikeluarkan dari sekolah dan di judge sebagai orag bodoh. Tapi apa? Ia berhasil menemukan lampu pijar yang temuanyapun masih kita rasakan sampai sekarang.
Seseorang tidak bisa melakukan sesuatu bukan berarti dia tidak bisa melakukan hal lainya.
Jika seseorang ditanyai dan tak mampu menjawabnya. Jangan judge orang itu bodoh. Bisa jadi mereka tidak punya wawasan yang sama seperti kamu. Dan ketika ia pun bertanya sesuatu pada kamu. Kamu juga belum tentu bisa menjawabnya. Jadi gak usah sombong. Tiap orang punya keterbatasan. Semua orang mempunya latar belakang yang berbeda-beda. Yang paling berhak sombong itu cuma Allah SWT.
Kita ini hanya sebutir pasir yang kecil. Untuk apa kita merasa seperti laut yang mendominasi pantai? Karena pada hakikatnya kita cuma manusia yang mempunyai keterbatasan.Semua orang tidak ingin menjadi bodoh dan semua orang tidak ada yang bodoh. Yang ada hanya kata bodoh yang mendominasi kata pintar sehingga dia mampu merajai tindakan seseorang. Membuat orang takut bertindak, takut salah, dll.
Tidak saling mencela satu sama lain adalah perintah dari Allah.
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) itu lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok). Dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita yang lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olok) itu lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri (maksudnya, janganlah kamu mencela orang lain, pen.). Dan janganlah kamu saling memanggil dengan gelar (yang buruk). Seburuk-buruk panggilan ialah (penggilan) yang buruk (fasik) sesudah iman. Dan barangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang dzalim” (QS. Al-Hujuraat [49]: 11).
Baca selengkapnya https://muslim.or.id/41414-saudaraku-sampai-kapan-kita-saling-mencela-dan-mengolok-olok.html
Kita bisa saja mengolok orang lain. Tapi belum tentu kita lebih baik dari orang yang diperolok. Walaupun itu dalam rangka mengkritik seseorang. Kita harus menggunakan bahasa yang baik agar tidak melukai perasaan orang yang dikritik.
Tapi kebanyakan kita temui bahwa mengkritik dengan menjatuhkan seseorang akan menempa mental seseorang, katanya. Padahal yang terjadi tidak begitu. Hal tersebut malah membuat orang tersebut trauma dan tidak mau memperbaiki kesalahanya karena takut dihakimi.
Jangan judge langsung seseorang ketika mereka melakukan kesalahan. Tapi nasehatilah dengan cara yang baik-baik. InsyaAllah segala yang disampaikan dengan baik akan dapat diterima dengan baik pula.
Assalammualaikum.....😄
"Don't judge book by the cover"
Sering dengarkan?
Semoha kita bisa jadi orang yang lebih bijak dalam menghargai orang yaahh...Maaf, author numpang nyinyir lagi nihhh...gapapa kan? Asal kan gk jadi netijen nyinyir aje kali yaa..😂
Jangan lupa vote dan komen yaahh...😄
Komen terketceehh aku masukin story looh...😍Terima kasih sudah membaca...😄
Saranghee semuaaa...❤
KAMU SEDANG MEMBACA
Sedalam Makna
Non-FictionSegala hal yang terjadi didunia ini tidak semata-mata terjadi secara kebetulan. Setiap kejadian selalu ada hikmah yang dapat dipetik pelajaranya. Pengalaman mengajarkan kita tentang arti sebuah kehidupan. Menantang kita untuk lebih paham akan makna...