"What did I tell you? Dia emang gak baik buat kamu." ujar cowok itu dengan penuh penekanan disetiap katanya.
Gue bener-bener muak. Kenapa dia selalu bilang kayak gitu seakan Arga paling buruk?
"Dia baik. Kamu kenapa selalu muncul? Kenapa juga selalu ngejelekin Arga?"
"Karena aku tau sifatnya yang asli. Aku tau dia lebih dari yang kamu tau."
Gue inget. Inget banget kejadian di rumah Arga. Yang nusuk gue jelas-jelas bukan Arga. Ya, kalau ada yang menyangkal sih emang itu tubuhnya Arga. Tapi kan, jiwanya bukan Arga.
Gue juga tau. Kalau yang mengendalikan tubuh Arga adalah nenek-nenek yang nyembunyiin kunci pintu rumah. Seperti yang dibilang anak kecil pembawa pisau di rumah Bu Rere.
Gue juga tau. Kalau nenek itu emang cuma main-main. Gak serius. Karena sebelumnya gue emang pernah ketemu sama nenek itu dan dia cerita ke gue. Itu sih gue yang maksa. Sebenernya nenek itu baikㅡke gue. Gak tau kalau ke orang lain. Aktivitas aneh itu emang dia lakuin setiap hari.
Dimana aja.
Kapan aja.
Ke siapa aja.
Tapi, yang bikin greget itu kenapa harus gue? Sebel rasanya. Tau sih, pas masuk ke dalam rumah Arga, gue emang ngerasa ada yang nungguinㅡjelas mereka. Tapi, gak nyangka aja gitu. Ternyata yang ada di dalem si nenek tua yang sering curhat ke gue. Kenapa harus gue? Kenapa harus gue yang kena tusuk? Kenapa gue yang jadi korban tuh nenek?
Jawabannya adalah karena nenek itu gak tau kalau yang dateng gue. Dia ngiranya orang lain. Dan, kenapa gue tau itu? Karena singkatnya lagi pas gue udah sadarㅡtepat udah di kamar rawatㅡnenek itu ngedatengin gue. Pertama kali yang dateng sebelum kak Jeffrey, kak Rosa, serta Arga yang dateng.
Nenek itu minta maaf. Dia maaf karena gak sengaja nusuk gue. Ya, gue sebagai insan yang baik, maafin dialah. Kasian. Udah tua. Alhasil, itu nenek curhat lagi. Gak lama. Gak sampai panjang lebar.
Dia cuma bilang gini, "nenek minta maaf. Sebenernya bukan kamu target mainan nenek. Tapi, cewek lain yang sering dateng ke rumah Arga. Nenek gak suka sama cewek itu."
Kalimat itu. Kalimat yang dilontarkan langsung oleh si nenek seketika bikin gue tercengang. Ya, gimana nggak? Selama ini Arga gak pernah bilang bahkan cerita ke gue tentang cewek atau siapalah yang dateng ke rumahnya. Iya, emang ada sih yang dateng. Tapi, itu cuma papanya doang buat ngasih uang bulanan. Abis gitu balik lagi ke rumah barunya.
Gak ada cewek lain. Selain gue dan Bu Rere. Itu sih, ya, cuman sepengetahuan gue doang.
Berhubung Arga masih nungguin gue di sini, pas banget buat gue nanya ke dia. Masa bodo dia mau bohong atau enggak. Karena gue juga bakalan tau gelagatnya pas bilang secara gamblang nan jujur atau malah bohongin gue.
Pas juga kak Jef sama kak Rosa lagi keluar buat cari makanan. Tersisalah gue sama Arga di kamar segede ini. Arga sedari dateng tadi juga belum ngucapin sepatah kata buat gue. Dia cuma senyum tipis. Tipis banget. Sampai kalau gue gak jeli ngeliatnya juga gak bakal tau kalau Arga senyum.
Dia duduk di sofa. Nunduk sambil mainin jari tangannya, sesekali juga ngegigit kuku tangan kanan. Kebiasaan.
Gue ngambil napas terus gue hembusin pelan. "Arga?"
Ini tuh suasana yang paling gue benci. Suasana canggung. Gak ngenakin banget. Sumpah.
Dia mengangkat kepalanya. Arga natap gue sendu dengan kedua mata yang memerah pertanda dia menangis. Gue buru-buru buat duduk. Tapi, badan gue rasanya sakit banget. Jadilah gue baringan lagi di kasur yang gak bikin nyaman ini.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Invisible
Fanfic[ Ft. Jeon Wonwoo ] Hanya cerita seputar kehidupan gue, tentang dia yang tak terlihat, and someone who's none other than the most important part of my life. 2019, nanalalunaa.