It's still me, Arga.
Ya, segitu kiranya tentang Mama. Dan, apa yang diucapin Mama kala itu, direalisasikan sama Papa dan Diana. Mereka menikah. Dan, mulai itu juga gue sadar kalau Papa lebih ngasih perhatian ke gue. Papa juga ngejelasin kenapa Papa keluar jalur terus bisa sama Diana.
Udah gue kasih tau, kan? Alasannya simple banget, Papa bosen. Iya, Papa bosen sama Mama. Kata Papa, hubungan Mama sama dirinya itu monoton alias gak ada kemajuan sama sekali. Papa dari dulu pengen punya dua anak. Tapi, karena Tuhan belum juga ngasih lagi, makanya Papa berani main di belakang.
Brengsek emang. Tapi, mau gimana lagi? Dia Papa gue. Gue gak berani mengelak kalau emang si Diana itu perhatian banget ke gue. Dia sayang sama gue, ngasih perhatian layaknya Ibu ke anak kandungnya sendiri.
Pokoknya dia baik. Gue akuin itu.
Tapi, gue tetep nggak suka. Atau mungkin belum bisa menerima dia sebagai pendatang baru di kehidupan apalagi di keluarga gue. Walaupun dia udah nikah sama Papa, gak ada panggilan Ibu ataupun Mama ke dia. Gue gak sudi buat manggil dia gitu. Dengan senang hati gue manggil dia, Diana. Gak pakai embel-embel lainnya.
Biarin, ini hidup gue. Jadi, gue yang berhak memutuskan. Lagian, gak bakalan ada satu wanita pun yang bisa ngegantiin Mama gue.
Mama gue ya Tiffany. There's nothing else.
***
Singkatnya, gue emang gak kekurangan kasih sayang. Mereka berdua memperlakukan gue dengan baik. Tanpa kurang sedikit pun, walau sebelum Papa nikah sama Diana, Papa ngalamin yang namanya depresi.
Papa nyesel, nyesel banget katanya. Setiap malem Papa selalu nangis, dan terkadang membanting beberapa barang yang ada di dekatnya. Papa bahkan pernah satu bulan gak kerja, gak mau keluar kamar. Itu semua karena beliau baru ngerasa nyesel.
Gue? Gue cuma ngetawain aja. Gue sadar, gue juga masih bahkan harus berbakti sama dia. Gue rutin bawa dia ke psikiater. Walau awalnya gue udah mau nyerah aja karena gak ada perubahan atau perkembangan sama sekali pada diri Papa. Papa susah sembuhnya, bahkan gue ngira dia bakalan depresi terus.
Tapi, perlahan Papa mulai sadar sama keadaan. Dia masih punya anak yang harus diurus dan dirawat, dikasih perhatian sebaik mungkin, diberi kasih sayang secukup mungkin.
Papa udah gak mau lagi gue anter ke psikiater, dia maksa buat berangkat sendiri, katanya mau mulai berubah dan ngebiasain apa-apa sendiri tanpa Mama. Dan, gue gak percaya begitu aja. Gue tetep membuntuti dia dari belakang. Gue mastiin apa yang diucapin itu bener atau nggak.
Tapi, nyatanya emang bener. Papa mulai berubah. Dia mulai sadar kalau dia gak boleh terus-terusan terpuruk kayak gini. Gak baik. Nangis terus juga sia-sia. Toh, buat apa? Mama butuhnya doa bukan tangisan.
***
Dan, tentang hubungan gue sama Hanna, gue rasa baik-baik aja, gak ada kendala apapun. Ada masalah langsung kita atasi bersama, gak pakai emosi. Pokoknya kedua belah pihak sama-sama jadi air bukan api.
Gue seneng punya pacar kayak Hanna. Lucu dianya. Hanna bisa melihat yang gak terlihat di mata gue maupun di mata orang lain. Dia bisa berinteraksi, bisa komunikasi walaupun kadang marah-marah yang berujung gue kena dampaknya. Dia marah karena gak bisa dengan leluasa teriak ke makhluk gak keliatan itu.
Maklum sih punya pacar yang spesial kayak Hanna. Gue juga dapat manfaat, nyatanya gue gak begitu takut lagi kalau di tempat gelap ataupun sekedar ke kamar mandi tengah malem.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Invisible
Fanfiction[ Ft. Jeon Wonwoo ] Hanya cerita seputar kehidupan gue, tentang dia yang tak terlihat, and someone who's none other than the most important part of my life. 2019, nanalalunaa.