Prolog

5.8K 383 9
                                    

***

I'm a Joker, a Joker is a little fool who is different from everyone else. He’s not a club, diamond, heart, or spade. He’s not an eight or a nine, a king or a jack. He is an outsider. He is placed in the same pack as the other cards, but he doesn’t belong there. Therefore, he can be removed without anybody missing him.

I'm a Joker. I don't belong anywhere. I am neither a heart, a diamond, a club, nor a spade. I am neither a King, a Jack, an Eight, nor an Ace.

Every time I toss my head, the jingling bells remind me that I have no family.
I have no number - and no trade either.
I have gone around observing your activities from the outside.
Because of this I have also been able to see things to which you have been blind.

Every morning you have gone to work, but you have never been fully awake.
It is different for the Joker, because he was put into this world with a flaw:
he sees too deeply and too much.

Truth is a lonely thing.

(Jostein Gaarder – The Solitaire Mystery).

***

Joker disana untuk melihat melalui ilusi, sosok yang dapat memenangkan peperangan atau sosok yang tidak berguna sama sekali.

Joker disana untuk melihat melalui ilusi, sosok cerdas yang dapat menggantikan raja atau sosok bodoh yang tidak dapat dirusak waktu.

Joker tersenyum, karena itu membuat orang bingung.

Joker tersenyum, karena itu lebih mudah dibanding menjelaskan apa yang membunuhnya di dalam.

Mereka menertawakan Joker, karena ia berbeda. Dan Joker menertawakan mereka, karena mereka terlihat sama.

"Jangan bicara seakan kau adalah salah satu dari mereka. Kau bukan salah satu dari mereka. Kau berbeda dari mereka. Bagi mereka, kau aneh, sepertiku. Mereka membutuhkanmu sekarang, tapi nanti, ketika kau tidak lagi berguna, mereka akan membuangmu keluar. Seperti si penderita lepra. Lihatlah, moral mereka, peraturan mereka... Semua itu adalah lelucon yang buruk. Mereka hanya sebaik yang diizinkan dunia. Akan ku tunjukan, ketika aku menghancurkan peraturan mereka, orang-orang beradab itu... Mereka akan saling memakan satu sama lain. Aku bukan monster, aku hanya lebih unggul dari mereka, aku hanya seseorang yang melihat apa yang tidak mereka ingin lihat," ucap Joker.

***

Joker Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang