Keputusan

158 32 0
                                    

"Nih" kata gue sambil menyerahkan secarik kertas ke Ilham. Lelaki itu menerima sambil tersenyum manis. "Yaudah kalo gitu aku pergi dulu"

"Ettt" lengannya gue tahan, lebih tepatnya lengan kaus seragam putih abu abunya. "Bentar dong, gue mau nanya"

"Nanya apa ?"

"Kalo gue pake ke—" Tiba tiba aja mulut gue berhenti bicara. Malu aja nanya hal beginian sama Ilham.

"Pake ke apa ?"

"O oh kelung maksud gue"

"Kelung? Apaan tuh ?"

"Kalung, haha iya kalung"

"Kamu bicara apaa si?"

"Nggak ! ngga jadi. Gue pergi dulu"

Ilham cuma ngangguk, terus gue sama dia berlalu gitu aja. 'makin susah aja digapai' batin There.

Kalo dipikir pikir, tapi jangan dipikirin. Ilham orangnya simpel banget, dia tipe orang yang suka inget omongan orang gasih ? Atau penampilannya aja yang simpel tapi aslinya rempong ? gatau sih. Kayanya Risma lebih tau hal itu.

Risma ? Kok omongin dia. Iya kadang gue cemburu aja gitu liat mereka deket. Kaya umi dan abi. Cocok ! Lah gue ? kayanya gue lebih cocok terjun ke jurang dari pada bersanding dengan Ilham dipelaminan kelak.

"Woi !"

"Eh copot" gue kaget. Tapi lebih kaget lagi waktu liat muka Revzan sama Sarah.

"Bengong mulu, pantes jomblo" Cerocos Sarah.

"Weh sembarangan kaya yang bilang ngga jomblo"

"Jomblo sih, tapi kan gue punya gebetan" Jawab Sarah sumringah sambil lirik lirikan sama Revzan.

"Dih ?!" Kata gue sambil menatap jijik oknum berinisial R dan S ini.

"Zina tau ngga ukhti. DOSA !" balas gue lagi sambil mengacungkan tangan telunjuk didepan wajah Sarah dan pergi berlalu.

Selepas There berlalu, Sarah dan Revzan saling menatap satu sama lain, seolah olah minta penjelasan satu sama lain 'itu There kenapa ? kok mirip orang gila ?' Batin keduanya.



————

"RISMA ! " teriak There memanggil cewek didepannya itu. Risma sontak berbalik.

"Eh There ada apa ?" jawab Risma pake suara lembut nan adem beda jauh sama There yang bar bar kaya nagih utang.

"Hehe anu aku udah daftar rohis"

"Oh ya ? Masya Allah. Serius kamu Ther?" sambil senyum manis banget.

"I Iya"

"Aku ngga nyangka loh, ternyata Allah masih gerakin hati kamu buat lebih dekat dengan-Nya"

Gue cuma bales dengan senyuman. Iya sih. Gue juga baru sadar, selama ini gue jauh banget dari kata baik. Walaupun pinter, tapi gapunya akhlak percuma. Akhlak diatas segala galanya. Pantes selama ini setelah pencapaian gue yang lumayan bagus dikelas gue nggak merasakan dampak apa apa. Ya karena yang gue lakuin juga bukan Lillah.

Banyak yang ngasih selamat karena gue berhasil dapet nilai tertinggi waktu ujian semester tahun lalu, tapi gue biasa aja. Zonk banget gitu. Astagfirullah kemana aja gue selama ini ? Gue sampe lupa sama tuhan gue sendiri. Solat harus diingetin, pake kerudung ogah ogahan kecuali lebaran. Itu juga cuma selendang doang, rambutnya masih keliatan. Puasa juga males, alasannya sakit. Padahal gue aja yang kaya syaiton males puasa. Masih suka nongkrong nongkrong sama cowok, kadang kadang nyebat juga :(

Beberapa bulan ini deh udah jarang, semenjak ada bunda gue lebih suka dirumah.

Lama gue merenung sampe akhirnya Risma jentikan tangannya tepat didepan wajah gue.

"Hei ! kenapa kamu?"

Gue jadi gelapan "Nggak kok Ris, gue cuma mikir kalo gue masuk rohis ada ngga ya yang mau temenan sama gue"

"Loh kamu itukan pinter, banyak pasti temennya"

"Banyak sih, tapi datangnya waktu banyak tugas aja tuh" Kesal gue terus masang muka bete.

"Haha itu tandanya kamu bisa nyelesain masalah mereka"

"positif banget kamu Ris"

"Harus dong"

"Oh iya mulai kajiannya kapan? cewe cowo gabung gak? ketuanya ikut gak ?" Tanya gue bertubi tubi.

"Haha yaampun satu satu dong Ther, aku sampe ngga tau harus jawab yang mana dulu"

"Terserah kamu Ris, mau yang mana dulu terserah"

"Haha iya deh iya. Jadi gini kajiannya selalu diadain setiap hari Kamis sehabis pulang sekolah. Untuk sekarang sih kajiannya masih gabung, gatau kalo nanti udah rame dan ruangannya ngga cukup mungkin bakal dipisah. Ketuanya ? Ilham ya? iya kok dia sering masuk, tapi kalo lagi sibuk banget biasannya ngga. Tuh dan aku jawab, mau tanya apa lagi ?"

"YES !!!"

Sontak gue teriak kenceng banget sampe satu koridor liatin gue, aduh sorry gue ngga peduli. Lagi bahagia banget nih.

"Astagfirullah Ther ? kamu ngga kesurupan kan ?"

Gue yang lagi loncat loncat langsung kicep waktu Risma bilang ginian. Muka gue berubah jadi datar dan sepersekian detik kemudian langsung senyum cerah lagi. "Nggak kok Ris, aku duluan ya" sambil lari lari ngga jelas.

Sampe kelas gue ngga berhenti hentinya ketawa, ngga sabar sumpah mau langsung kajian. Gue yang lagi senyum senyum sambil scrool layar ponsel langsung kaget gitu. Gue lupa nanya soal baju tadi sama Risma. Baru aja gue mau bangkit terus gue mikir lagi, masa baju juga harus nanya sih. Gue kembali duduk mencoba meyakinkan dalam hati 'Ikutin cara Risma pake baju aja'

Tiba tiba Sarah sama Kalisa masuk kelas sambil bawa kertas.  

"Gue masuk ekskul drama" kata Sarah lesu.

"Serius ?" tanya gue rada kaget. Soalnya ekskul drama ada anak yang namanya Rayya, ngga pernah akur sama Sarah dari SMP.

"Ntah tu anak gue juga bingung" Timpal Kalisa.

"Rah gimana ceritanya lo bisa masuk ekskul drama ? Hidup lo kan udah banyak drama. Ditambah masuk ekskul drama jadi aktris lo"

"Situ ngejek ?" Sindir Sarah ke gue.

Gue cuma cengir kuda tanpa merasa bersalah. Tapi justru muka Sarah yang nunjukin banyak masalah. Kaya ada tekanan batin gitu.

"Mamanya Rayya nyuruh gue ikut ekskul drama buat jagain tu anak. Tuh anakkan udah bosen kan ya bolaj balik bk, dan mamanya udah cukup malu karena dipanggil kesekolah buat nyelesain masalah Rayya" Kata Sarah sambil membuang nafas kasar.

"Kok lo mau mau aja si?"

"Ya karena gue masih ngotak lah. Mamanya udah mohon mohon gitu sama gue masa iya gue tolak sambil bilang 'maaf bu, anaknya ngeselin saya ngga bisa' gitu ?"

"Ya lo bilang aja kalo Rayya itu selalu cari masalah sama lo, mana ngga ada sopan sopannya lagi" kesal Kalisa.

"Mamanya ada serangan jantung. Gue ngga bisa setega itu. Dulu papa meninggal juga karena serangan jantung. Dan gue ngga mau nyakitin orang orang disekitar gue cuma karena omongan gue"

Gue natap iba Sarah, kadang orang yang bikin orang lain tertawa ngga selamanya bisa tertawa lepas, ada masa dimana dirinya cukup terpuruk dan susah buat ceritain semua masalahnya ke orang orang.

Gue pegang pundak Sarah pelan, terys gue elus elus lembut. "Sabar ya, Allah with you. Dan Allah ngga pernah ngasi cobaan di luar batas kemampuan hambanya"

Tbc

Hijrah, Love and Destiny •Huang RenjunTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang