23

9.1K 1.2K 71
                                    

Bel pulang sekolah udah bunyi sejak lima belas menit yang lalu, tapi seungmin baru keluar dari kelas abis bantuin ayahnya masukin data-data siswa kelas 12 yang diwali kelasin sama ayahnya. Bukan dia yang nawarin bantuan, tapi ayahnya yang nyuruh.

Seungmin udah gak pernah pulang bareng ayahnya. Kalau ditanya kenapa, dia selalu jawab 'males, ayah suka digodain janda' atau 'gak mau ah, nanti banyak yang nanya mau punya ibu baru apa nggak'. gitu. Karena dulu waktu seungmin masih suka pulang bareng ayahnya, di jalan suka ada yang nyapa, ngenitin ayahnya, terus nanya ke seungmin mau punya ibu lagi apa nggak. Males banget seungmin tuh kalau udah dicegat janda atau ibu-ibu yang lagi jalan sama anak gadisnya.

Ngomong-ngomong soal dicegat, ini seungmin juga dicegat sama om om.g

Siapa lagi yang nyegat dia kalau bukan anaknya om yongguk ravindra alias si c. chandra ravindra?

"Baru pulang?"

Ini basa basi terbasi sih. Gak dijawab pertanyaannya juga pasti udah tau jawabannya. Udah tau baru pulang kenapa masih ditanya.

Maunya seungmin ngomong gitu tapi gak berani. Kenapa? Mana aku taw kan aku gataw. Jadilah dia cuma senyumin chan.

"Ada jam tambahan kak?"

"Gak ada"

Seungmin ngerutin dahinya. "Terus?"

"Biasa lah, gurunya suka betah di kelas."

Seungmin ngangguk paham.

"Pulang sendiri?" Seungmin baru aja mau jawab 'iya' tapi chan keburu ngomong lagi. "Yaudah, aku anterin"

Ya... emang biasanya kayak gitu, kan? Yang sering nganterin pulang kemarin-kemarin itu siapa ya? Yaudala terserah dia.

____

"Mampir dulu kesini gak apa-apa, kan? Sekalian print buat tugas."

Seungmin sih iya iya aja. Kan yang bawa motor itu chan bukan dia.

"Ini aja? Masih ada yang perlu diubah gak dek? Atau di revisi?" Tanya si mas tukangnya ke chan.

"Udah itu aja mas"

"Suka minum gak min?"

Pertanyaan gak berbobot yang terlontar dari mulut chan itu bikin seungmin kayak asdgjlhshshs alias gak tau lah aing lieur entah kalimat apa yang harus dikeluarkan untuk mendefinisikannya.

Dengan senyum yang kelewat manis seungmin pun menjawab pertanyaan chan.

"Gak kak. Aku nelen angin aja hausnya ilang kok."

Seungmun kesel. Chan ketawa

"Yaudah, bentar ya"

Chan pergi ke sebrang jalan disana ada penjual minuman gitu. Gak lama, chan balik lagi.

"Bentar ya, dibikinin dulu." seungmin ngangguk.

"Udah deket ke ujian, suka masih banyak tugas kak?"

"Masih. Tuh, salah satunya" chan nunjuk si mas yang lagi mantengin komputer.

"Tugas apa emangnya?"

"Laporan self project." Chan natap seungmin yang natap dia dengan bingung.

"Tugas yang ini ngebantu siswa buat nemuin potensi diri masing-masing. Setiap siswa dituntut buat bikin projectnya sendiri. Mau itu usaha di bidang kuliner ataupun di bidang jasa.

Projectnya bisa hasil bikinan sendiri atau pun hasil inovasi dari usaha yang udah ada sebelumnya.

Project ini harus bener-bener murni hasil pemikiran sendiri. Meskipun ngambil dari usaha yang udah ada sebelumnya, tapi kita harus nyari inovasi lagi kayak usaha ini yang kurangnya apa, terus konsepnya kita ganti kayak gimana."

Chan belum selesai ngomong, seungmin juga masih dengerin penjelasan chan soal self projectnya. Tapi kepotong sama mba-mba yang bawa dua minuman.

"Makasih mba"

Chan ngasih satu ke seungmin, dan yang satu lagi buat dia.

"Terus kak?"

"Terus, usaha yang kita buat ini harus ngambil dari permasalahan yang ada di masyarakat. Kayak sekarang tuh masyarakat di sekitaran kita kurangnya apa, apa yang belum ditemuin buat ngatasin masalah itu. Selain itu, usaha yang kita buat juga harus bener-bener bermanfaat dan ngebantu masyarakat.

Project ini juga bisa dijadiin pegangan, kalau nanti abis lulus sekolah kita bingung mau ngapain, kita bisa make self project yang udah kita bikin ini. Jadi, semua siswa setelah lulus dari SMA dipastikan udah punya tujuan kedepannya mau gimana."

"Oh gitu... Terus, kakak bikin apa?"

Chan jelasin semuanya ke seungmin dia mau bikin usaha apa di self projectnya secara lengkap mulai dari latar belakang, alasan kenapa dia milih usaha itu bahkan sampai modalnya juga dia sebutin.

"Mau langsung dijilid gak dek?"

"Boleh mas"

"Katanya kakak gak minat di dunia bisnis, tapi itu bagus banget loh. Kenapa mau jadi produser?"

"Ya... gimana ya, ngalir aja gitu gak tau dari mana asalnya tiba-tiba aja datang ke otak. Kalo produser itu mungkin karena hobi dan aku juga suka musik. Tapi yang ini bisa aja jadi sampingan buat menghidupi kamu sama anak kita nanti."

Goodbye. Seungmin mengembun, menyublim, membeku, mencair, mengkristal. Jiwanya hilang terbawa arus sungai yang mengalir.









To be continue...

GAK JELAS OK.

Pernah gak sih kalian ditanya "masih suka minum gak?" Kesel gak? Kesel anjiran hshshs.

Btw aku bingung sama tugas self project. Gatau mau bikin apa. Masalah yang ada di masyarakat sekarang apa ya gaes?

Candu ; chanmin Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang