"Jodohku... Maunya ku dirimu.." gue lagi cosplay jadi Om Anang ceritanya. Nyanyi-nyanyi nggak jelas di depan jendelanya Naya sambil bawa bunga mawar hasil nyolong kebun tetangga.
"Hingga mati... ku ingin bersamamu.." bukan, itu bukan suara Naya yang tiba-tiba ikut gue nyanyi. Suaranya besar dan ngebass, dengan nada dasar C minor tapi fales.
Jendela kamar Naya terbuka. Nampaklah sosok tinggi besar yang untung aja bukan rajanya genderuwo. Dengan santai dia nangkring di jendela anaknya. Kakinya menjulur keluar serta menyilangkan ke dua tangan di depan dada, berusaha sebisa mungkin terlihat galak.
"Eh, Om ganteng" gue basa-basi. "Lagi apa, Om?"
"Lagi mengusir makhluk halus" nadanya ketus tapi menyindir.
"Panggilin Pak Kyai aja Om, biar makhluk halusnya nggak ganggu-ganggu lagi" gue memberi ide brilian. "Makhluk halus itu suka bandel soalnya, Om."
"Ngapain pake Pak Kyai. Kan Om punya granat."
"Granat nggak mempan, Om. Mempannya panggilin Pak Kyai terus ijab qabul" gue menaik turunkan alis.
"Semprul!" kepal gue kena geplakan.
"Aduh Om, jangan kepala. Ntar Mami nangis anaknya jadi tulalit!" nggak anak nggak bapak hobi banget geplak-geplak kepala gue.
"Itu apa itu bawa-bawa kembang segala? Rumah Om bukan kuburan" si Om nunjuk-nunjuk benda di tangan gue.
"Om mau? Masih banyak di tempat Pak Dhe satpam."
"Om nggak doyan bunga. Emang Om dukun? Makan bunga?"
"Siapa juga yang mau ngasih Om. Iih Ge-Er! Orang ini buat Nayaku bebiku bidadari surgaku" gue julurin lidah ke depan mukanya Om Yah.
"Enak aja anak Om cuma dikasih kembang. Nggak sudi!"
"Siapa bilang cuma dikasih kembang. Aku tuh ngasihnya hati ya. Nih sampe terparut-parut sakit berdarah-darah karena nggak pernah dinotice. Lagian ini bunga dapetinnya pake perjuangan Om. Mana tau Om kalau Mamas harus naik pohon rambutan gara-gara dikejar si Badararubi, guguknya Pak Dhe Satpam." gue curhat sambil mewek-mewek. "Nih gatel-gatel semua kena ulet bulu" gue menjulurkan lengan, memperlihatkan bentol-bentol merah di sana.
"Utu utu utu.. kecian bingit sih anak kicik" pipi gue dicubitin macem main sama bayi.
"Kicik-kicik gini udah bisa bikin anak kicik, Om!" gue protes. Pria satu ini terkadang emang masih nganggep gue cem anak bayi yang suka pipis di celana.
"Pipis dulu lurusin. Baru ngomongin anak!" tantang calon mertua.
"Om mau bukti kalau pipis Mamas udah lurus? Oke, ayo kita tanding pipis Om. Siapa yang mengucur paling deras dengan sudut elevasi paling miring nanti pemenangnya. Yang menang dapet Kanaya!" gue balik nantang.
"Enak aja main taruhan anak Om. Nggak boleh!" si Om bersikeras.
"Jadi Om takut nih?" goda gue menaik-turunkan alis.
"Siapa bilang? Ayok kita tanding. Tapi nggak usah bawa-bawa Kanaya."
"Kalau aku yang menang terus hadiahnya apa?"
"Voucher gratis makan di rumah Om seumur hidup"
"Enak aja. Kan yang masak Tante Bunda, bukan Om Yah!"
"Tetep aja pakai duitnya Om, iya kan?"
"Huuu... orang pelit kuburannya sempit!" gue mencibir.
"Ya udah deh kamu mau apa? Selain Kanaya tapi"
"Em.. apa ya?" gue mikir-mikir. "Aha.. voucher menolak calon menantu Om Yah" ide gue sangat brilian.
"Hah? Maksudnya?" pria matang itu mengerutkan dahi.
"Kalau misalnya ada yang datang ngelamar Naya, Mamas berhak menggunakan voucher menolak calon menantu Om Yah. Jadi, apapun yang terjadi Om Yah harus tolak itu orang!" gue mangut-mangut.
"Aneh-aneh aja kamu itu. Ya udah deh iya. Nah, kalau Om yang menang gimana? Kamu mau ngasih apa ke Om?" dia balik bertanya.
"Kasih cucu" gue cekikikan.
"Enak aja!" kepala gue digeplak untuk yang kedua kalinya.
"Om! Udah bilangin jangan kepala!"
"Ya udah nih!" malah tangan gue yang diplintir.
"Awh.. awh... ampun Om! Ampun!" gue teriak kesakitan. "Om tuh! Kan Mamas cuma bercanda" gerutu gue setelah lelaki itu melepaskan cengkeraman.
"Bercanda gigi kamu tongos? Enak aja masalah anak Om dijadiin barang candaan!"
"Iya iya... Mamas minta maaf," gue mengelus-elus bekas cengkeram prajurit tentara itu. "Gini ajan Om, kalau Om yang menang, Mamas kasih voucher menggantikan Om Yah jadi babu Mami deh, gimana? Menggiurkan kan?"
Mana bisa Om Yah nolak. Kanjeng Mami gue kan punya kuasa absolut tak terbatas. Paling hobi menindas Om Yah. Dari masalah ganti lampu sampai bikin minum buat arisan ibu-ibu Persit aja tenaga Om Yah yang diperdayakan. Dan anehnya, Om Yah selalu kalah debat sama Mami. Jadilah lelaki paruh baya itu mau-mau aja dibabuin. Tuhan itu emang mahal adil ya. Coba aja kalau dulu Om Yah jadi nikah sama Mami, auto botak rambut atas bawah.
"Oke. Deal" tuh kan bener Om Yah langsung setuju.
"Ayah!!!" acara bincang-bincang pagi kita terpotong oleh suara melengking Tante Bunda yang tiba-tiba nongol di teras depan. Dengan masih berbalut daster bunga-bunga, calon ibu mertua gue itu menghampiri Om Yah. Wajahnya ditekuk dan matanya mengeluarkan sinar laser yang panasnya melebihi panas inti atom bumi. "Ayah tuh gimana sih? Orang suruh bantuin ngelapin piring mau dipake arisan ntar sore malah ngilang! Nggak ikhlas apa bantuin Bunda?"
Yang dimarahi langsung mengkeret. Pangkat boleh Jenderal, ngadepin satu wanita aja auto mlingsep.
"Enggak bun, Ayah tadi cuma.. em.. cuma.." Om Yah nunduk sambil mainan jari. Nggak berani natep Tante Bunda secara langsung.
"Cuma apa? Hah?"
Gue yang baik hati pun langsung turun tangan menangani, "Cuma nyariin Tante ini nih!"
Kembang mawar persembahan dari hati gue untuk dek Naya terpaksa harus gue berikan ke Om Yah demi kelangsungan bahtera rumah tangga calon mertua. Dengan sembunyi-sembunyi gue ngumpetin tangan ke belakang, lalu bunga itu berpindah ke tangan Om Yah. Setelah digenggam, baru gue tarik tangan Om Yah ke depan.
Bener kan? Wanita mana yang nggak suka bunga? Buktinya, Tante Bunda yang beberapa detik lalu sedang meledak-ledak langsung meleleh jadi gunung es ketika melihat Om Yah mengulurkan setangkai mawar merah.
"Jadi gini Tan, Om Yah tuh tersentuh liat Tante gedubrakan di dapur demi menjalankan peran sebagai istri seorang tentara. Menyiapkan segala hal untuk acara ibu-ibu Persit nanti sore. Jadi Om Yah cari hadiah kecil. Perlu perjuangan loh Tan ini dapetnya, pake acara di kejar-kejar Badararubi dulu. Nah itu yang bikin lama," otak encer gue emang paling bisa menyumbang kedamaian di muka bumi.
"Oh, jadi gitu?" Tante Bunda mulai melunak.
Om Yah cuma ngangguk-angguk menyetujui alibi gue.
"Iiih Ayah! Masih inget aja Bunda suka mawar merah!" Tuh kan, jadi nglendot-nglendot manja. Ajaib emang ya yang namanya cewek itu. Sedetik yang lalu marah, sedetik berikutnya kemayu.
"Iya dong! Ayah mah nggak akan pernah lupa kesukaan Bunda." Om Yah ngasih gue jempol sembunyi-sembunyi.
Gini emang hubungan gue sama Om Yah. Kadang jadi anjing dan kucing, kadang jadi partner in crime.
Semoga aja tahun depan jadi anak menantu. Aminin dong!
KAMU SEDANG MEMBACA
Sky Before You
RomanceCita-cita gue gak muluk2, cuma menanamkan benih di rahim Dek Kanaya aja. Nunggu sembilan bulan lalu taraaa... gue jadi bapak paling hots seantero pulau Jawa. Tapi gimana mau bercocok tanam kalau lahannya galak kayak gitu, mana bapaknya Jenderal lag...