Tujuh Belas

2K 368 16
                                    

Pagi-pagi gue udah denger Om Yah nangis-nangis di kamar mandi. Ada apa ini? Apakah burung Om Yah game over setelah perseteruan kemarin? Nggak mungkin. 

"Mih! Mamih! Itu kenapa Om Yah Mi? Cosplay jadi mbak-mbak Kunti yang suka nangis di pinggir pasar malem-malem itu apa gimana? Awet banget nangisnya?" gue ganguin Mami yang lagi jemur baju di halaman belakang. 

"Biasa! Mau ditinggal pergi sama Naya lagi," Mami nyodorin keranjang pakaian dan nyuruh gue bantuin jemurin.

"Lah, Naya mau pergi lagi?" gue sama shocknya. Mungkin habis ini gue mau gabung sama Om Yah bikin okestra suara tangis di kamar mandi. "Perasaan baru balik kok udah mau pergi lagi?" gue udah mewek ini.

"Lah kan Naya harus penetilian buat skripsinya. Berhubung ijinnya sudah keluar jadi Naya besok bisa berangkat," Mami ngasih tau.

"Hah? Besok?" mata gue hampir copot. "Maafin Mamas ya Mi, Mamas bolos bantuin Mami jemur baju dulu!" gue langsung kabur ke rumah sebelah.

"Heh! Mau kemana? Bantuin Mami dulu, Mamas! Mamas!" Mami teriak-teriak. "Udah bujang segedhe kingkong, sempak sendiri masih dicuciin emaknya!" gue disindir. 

***

"Nayaaaa!" gue nyelonong masuk ke kamar si cantik. Dia lagi beres-beres masukin baju ke dalam koper.

"Mamas ngapain sih? Kesurupan?" dia natap gue nggak abis pikir. 

"Kamu mau pergi? Iya?" tanpa basa-basi gue langsung to the point

"Iya," dia jawab enteng banget. Sumpah, mukanya lempeng, nggak ada sedikitpun rasa keberatan. 

Gue langsung megangin dada sebelah kiri, berakting kayak orang kena busur panah. Terus gue tumbang ke atas pahanya Naya. Eaaa... pergerakan yang mulus, Bung. 

"Kan abis pulang? Kok pergi lagi?" muka gue tekuk dan asem-asemin.

"Namanya juga penelitian. Terus Naya suruh di rumah aja gitu nggak nyelesein kuliah? Mamas mau Naya di drop out gagal jadi sarjana?" dia menyahut.

"Ya nggak gitu juga," gue manyun sambil mainan restlenging kopernya. "Harus besok banget gitu perginya? Nggak bisa besok-besoknya?" gue berharap.

"Mamas kira mau liburan, bisa dipending?" celotehnya. "Besok Naya bareng-bareng sama dosen dan tim Naya berangkat dari pelabuhan Tanjung Emas."

"Emang tempat penelitian kamu tuh dimana sih, Dek? Pakai naik kapal segala?" gue penasaran.

Kanaya senyum dari ujung ke ujung, "Mamas sini deh aku liatin!" dia buka peta Indonesia. "Nih di sini!" ucapnya bangga. Dia menunjuk suatu tempat di lautJawa, antara pulau Jawa dan Kalimantan.

"Hah? Di tengah laut?" gue ditimpuk mulutnya.

"Liatin yang bener dong! Ini nih ada pulau kecil. Liat nggak?" jarinya diketuk-ketukin ke satu titik yang bahkan lebih kecil daripada semut.

"Ini?" alis gue berkerut. "Kecil banget? Nanti kalau ada Tsunami terus kegulung ombak gimana?"

"Hush! Mulutnya!" sekali lagi gue ditimpuk. "Di sini bakalan dibangun laboratorium militer, tempat uji coba pesawat tempur. Jadi dosennya Naya tuh bergabung sama anggota LIPI buat ngadain penelitian di sini. Karena butuh banyak tenaga jadi aku sama temen-temen aku yang kebetulan lagi skripsi ikut bantu-bantu di sana. Kan lumayan, dapet bahan buat skripsi, dibimbing langsung sama dosen, jadi nanti lebih cepet selesainya. Mamas sih pinternya kebangetan, nggak tau gimana rasanya punya otak pas-pasan kayak Naya."

"Tapi kita bakalan terpisah jarak dan waktu dong?" gue mewek lagi, "Sini biar Mamas aja yang kerjain skripsi kamu. Seminggu langsung jadi!"

"Enak aja!" ketiga kalinya gue dapet timpukan. Sekali lagi pasti berhadiah piring cantik yang bisa diyukar di toko bangunan terdekat. "Naya kan juga mau usaha sendiri!"

Sky Before YouTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang