Rencana Minak Jinggo

454 20 1
                                    


Mendengar kedatangan adipati Minak jinggo ke istana Majapahit, tentu berita yang menggembirakan bagi Panji, karena dia sudah cukup lama tidak bertemu dengan orang yang dia anggap anaknya sendiri.

" aku senang mendengar apa yang kau sampaikan ini Dayun, lagipula aku sudah cukup lama tidak bertemu dengan Jaka umbaran "

" ada satu hal yang lebih penting dari itu semua paman Panji "

" apa itu Dayun ? "

Untuk sesaat Dayun terdiam, dan dari raut wajahnya tergambar jelas jika ada sesuatu yang sangat penting untuk disampaikan kepada Panji.

" aku tidak akan memaksamu untuk mengatakan Dayun, jika sesuatu itu sangat penting bagi Jaka umbaran "

Lanjut Panji.

" tidak paman "

" lalu apa ? "

" Jaka umbaran ingin melamar gusti ratu Dyah ayu kencana wungu "

Panji mencoba menutupi rasa terkejutnya dengan bersikap biasa saja dihadapan Dayun, namun gerakan tubuhnya tidak bisa dia sembunyikan.

Tidak ada yang bisa Panji ucapkan, selain diam seribu bahasa.

" bagaimana paman ? "

" berikan aku sedikit waktu untuk bisa berpikir jernih "

" baik paman "

Tidak ada lagi suara diantara mereka, meski tidak ada hal yang harus mereka pikirkan berdua.

" apa Jaka umbaran sudah yakin dengan rencananya ini ? "

" sangat yakin paman "

Panji kembali terdiam, dia sama sekali tidak percaya dengan apa yang baru saja di dengarnya.

" apa dia siap dengan segala kemungkinan ? "

" tentu paman "

Walau sangat tidak yakin jika lamaran Jaka umbaran akan diterima oleh gusti ratu Dyah kencana wungu nantinya, namun Panji mencoba untuk bersikap biasa saja, dan tidak akan mencegahnya.

" dia tidak pernah bertemu dengan gusti ratu, mana mungkin lamaran itu akan diterima ? "

" dengan ilmu menembus mimpi "

" jadi selama ini Jaka umbaran sering berkomunikasi dengan gusti ratu lewat mimpi ? "

" benar paman Panji "

Panji kembali terdiam, dia tidak sanggup lagi untuk kembali mengatakan sesuatu kepada Dayun.

Meski senang akan datangnya Jaka umbaran di Majapahit, tapi rencana melamar gusti ratu Dyah ayu kencana wungu lebih merisaukan hatinya.

" paman merisaukan sesuatu ? "

" rencana Jaka umbaran melamar gusti ratu, itu yang sangat merisaukan hatiku "

" tapi saya yakin paman, jika lamaran Jaka umbaran nanti pasti diterima oleh gusti ratu "

" darimana kau yakin akan hal itu ? "

" di alam mimpi, gusti ratu menerima cinta Jaka umbaran "

Dalam alam mimpi, wajah Jaka umbaran muncul dalam bentuk aslinya, sebelum mukanya dirusak oleh Kebo marcuet.

Tidak perlu diragukan lagi soal ketampanan putra ki Ajar pamenger ini, namun setelah pertarungan dengan Kebo marcuet, semuanya berubah

Walau dalam hati berharap lamaran Jaka umbaran di terima, namun dalam hatinya Panji sangat sulit menerima itu.

Sebagai ratu Majapahit, tentu akan sangat menurunkan wibawa gusti ratu, jika menerima lamaran Jaka umbaran.



Ksatria Majapahit 5 Legenda Damar WulanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang