Yessy itu suka banget baca buku.Mulai dari buku sejarah, novel, majalah, sampai buku paket sains. Semua buku yang ada tulisan nya bakal dia sempetin baca sekilas.
Terserah ilmu nya mau nyerap langsung atau gak sama sekali yang penting dia literasi. Tapi kadang buku yang dia baca gak berefek sama sekali, atau bahkan ngena banget sampe dia hafal kata per bait nya dengan jelas. Tidak ada ketentuan buku yang harus Yessy baca itu kaya gimana, yang penting jelas dan ada tulisan nya.
Kaya sekarang nih, karena udah buoseeeeeeeeeeeeeen banget di rumah, dia akhirnya pergi ke toko buku pinggir jalan. Dia mau beli satu dua novel Inggris. Kenapa gak ke grammed aja? Soal nya toko buku pinggir jalan yang jadi andalan Yessy tuh vintage banget, mereka selalu putarin lagu jaman dulu dari piringan hitam. Buat Yessy makin betah lama lama disana, makin banyak dia beli buku, makin untung bos yang punya asik
Terus pas muter muter, Yessy tertarik ke satu sampul buku warna Hijau tua, kaya album. Yessy tersenyum bangga bisa nemu buku Aesthetic, "Ih keren banget cover nya." Pas di balik ternyata buku sastra yang banyak quetos nya. "Oh no, skip skip skip," Yessy balikin lagi, gak bisa gak bisa gak bisa. Ya walaupun dia gak pilih pilih mau baca buku tapi kalau hadapan nya sama buku yang isinya hampir 90% kata kata mutiara yang buat Yessy harus mikir dulu arti nya apaan baru bisa baca, Yessy lebih baik milih buku mewarnai. Ya you know lah, unpuitisisme. [Gak, gak bukan puitisisme gue ngawur].
Baca buku identik dengan menulis, kalo orang rajin baca buku dia pasti otomatis pinter nulis juga kan? Secara teknis orang yang suka literasi otak kanan nya itu main pas mendeteksi kata demi kata, mereka akan lebih cepat nangkap kata dan menuliskan dengan lebih baik dan gak asal asal an. Istilah nya, puitis lah. Tapi Yessy nggak puitis, meskipun dia banyak baca quetos atau kata kata motivasi, dia bakal kesusahan banget kalo di suruh membicarakan hal bijak. Malah Yordan yang jago.
Ibarat nya tuh ya, dia di suruh nulis satu quetos, otak nya langsung ketutup. Mangkanya SMA Yessy bingung banget pas pelajaran Bahasa Indonesia. Bukan karena apa apa, individual Yessy kan INTJ alias Intelejen. Orang intelejen itu selalu berpikir berdasarkan fakta, melakukan sesuatu hal dengan otak bukan hati. Akhirnya kebanyakan dia gak paham sama frasa dan kaidah bahasa dalam quetos atau puisi.
Mangkanya...... dia agak kaku.
Kalo ketepaan Arin pagi melow puitis banget, di situ Yessy paling gak ngerti.
Kek, ?????MWORAGUU????
Suatu hari gitu, Yuqi ngasih Arin novel Tere Liye yang terkenal banget. Itung itung hadiah selepas sahabatnya itu bisa melupakan mantan gebetan bule yang jadian sama cewe lain. Arin baca lah sinopsis nya,
"Daun yang jatuh tak pernah membenci angin. Dia membiarkan dirinya jatuh begitu saja. Tak melawan, mengikhlaskan nya."
"IH ANJIR KEREN BANGET YUK GUE MAU NANGIIIIISSSSS!!!! HUAAAAAAA!!" Arin pecicilan, naik ke kursi terus meluk Yuki kenceng sambil nangis sesenggukan. Perjuangan nya melupakan cinta pertama such a beautiful war geng. Di tengah keadaan yang crowded gara gara se kantin jadi rame karena kakak kelas paling judes se hukum nangis maung maung, berbeda dengan Yessy yang masih duduk di meja nya sambil menopang kepala dengan jari.
"Hah? Daun yang jatuh tak pernah membenci angin? Emang angin ngapain?? Bisa aja daun nya udah tua??? Atau musim gugur???? Alay banget????? Mengikhlaskan siapa njir???? APAAN SIH ANJIR?????????" Ibarat meme muka nya Yessy udah paling ngezoom confused dengan peribahasa terus ada angka angka matematika nya yang mumet mumet di kepala.
Padahal kalimat itu terkenal banget ya, bisa bisa nya nih bocah kaga paham.
Selesai milih buku Yessy langsung bayar di kasir. Ini salah satu spot yang dia suka banget. Berhadapan dengan kaca lawas sebagai dinding pintu serta meja kayu kuno dan sebuah tv vintage yang kebetulan hari ini menampilkan pidato Obama. Yessy tau hampir setiap hari tv kuno hampir rusak itu menampilkan politik luar negeri yang bercampur dengan kilatan kilatan eror. Andai saja dia bawa kamera, udah foto sana sini kali.