38. Terlalu Muda

703 64 22
                                    

"Jangan mikir macem-macem. Kalo kamu masih parno sendirian di rumah, aku anter kamu ke rumah Mama aja ya nanti? Atau sekali-kali ke rumah Bunda pas aku lagi kerja. Tapi nanti aku usahain pulang cepat deh." Dia cerewet banget sih gila, tapi cerewetnya lucu gitu terus dari sisi pedulinya romantis banget.

Gue ngangguk aja terus ada tetangga ngetok pintu padahal pintunya kebuka tapi mungkin emang sebagai tanda permisi gitu. "Saya udah telepon polisi tadi, nanti kasih liat cctvnya ya 'A, jagain baik-baik itu keluarganya," kata tetangga gue dan logatnya Sunda banget.

Jaemin lepasin pelukan karena malu juga mesraan gini di depan tetangga, "Makasih ya Kang."

"Istri saya bilang tadi juga nguntit enengnya, untung saya masang cctv juga di depan pager," kata tetangga gue. "Tapi lebih jelas mukanya di mana?"

"Di cctv 'Aa, tadi kan sempat dibuka atuh itu topinya," kata tetangga gue lagi sambil nunjuk topi yang ketinggalan di pager rumah gue gitu. Punya kak Jaehyun.

Jaemin bilang makasih lagi terus kami masuk kamar karena udah malem juga. "Sayang, aku takut," kata gue dan narik baju lengan Jaemin yang udah pengen berdiri dari kasur.

"Jendela sama pintu udah aku kunci semua Sayang, aku cuma mau mandi bentar." Jaemin ngelus rambut gue, anak kami udah tidur dan ada di box sebelah gue. Gila aja tu anak masih bisa tidur padahal emaknya lagi syok.

Gue ngegeleng. "Besok polisi pasti langsung nahan dia, jangan takut dia balik lagi ganggu kita, aku bakal bikin dia bener-bener sampe minta maaf sama kamu."

"Atau modus kamu minta mandi bareng?" lanjut dia. Anjir.

"Gila! Ya udah sana mandi, apa-apa salah mulu gue anjrit," kata gue langsung balik badan terus sok-sokan ngurusin box bayi sampe dia masuk kamar mandi. Jaemin sempet cengar-cengir terus ngambil handuk di belakang pintu kamar.

***

(loncat aja ya, sumpah kebanyakan chapter)

***

"Gimana Dodo di sekolah, Bu? Lincah gitu ngga sih?"

Gue nepuk-nepuk pantat Nana yang lagi tidur di gendongan gue. Ini kenapa anak-anak gue pada doyan tidur semua?

"Dibilang lincah ngga, pendiem juga ngga. Masalah pergaulan dia hebat Bun, sama Si Minhee tuh, yang gagah banget lari ke sana-sini itu bisa diajak ngomong sama Dodo, padahal Minhee tuh dikit-dikit mukul loh," jelas Ibu wali kelas Dodo.

"Eh? Masa sih?" Emang ya gue liat Minhee larinya cepet banget. Ini udah pulang sekolah tapi dia nunggu dijemput sambil loncat-loncat di atas perosotan. Serem.

Sedangkan Dodo, anak gue, duduk di sebelah gue kayak anak nolep sambil liatin orang-orang lewat. Dia kesepian soalnya temen dia yang cewe udah pulang duluan.

"Ada yang lebih menarik nih Bun. Itu, cewe yang barusan dijemput ayahnya," kata ibunya sambil nunjuk ke anak cewe yang sesekali ngeliatin ke belakang gitu. "Itu nempel mulu ke Dodo, namanya Wony."

Eh?

"Hah? Nempel?" Kata-katanya kayak ngga cocok aja gitu. "Iya, ke mana-mana berdua mulu, sering tukeran bekal juga. Setiap Dodo ngga sekolah, Wony pendiem banget orangnya, kadang ngga fokus juga kalo lagi belajar, pas ditanyain, katanya kangen Dodo."

Ya Allah gemes banget ini anak gue udah ada yang demen:(

"Terus kalo Si Wony ngga sekolah, Dodo gimana?" tanya gue. Berharap jawabannya hampir sama kayak tadi karena gemes gemes gemes banget pokoknya.

Gue ngga terlalu merhatiin Dodo sekolah soalnya Nana baru 2 tahun yang kadang susah banget buat diajak keluar rumah. Untung banget hari ini ngga cerewet dan tidur pas gue jemput Dodo.

"Dodo mah punya banyak temen walaupun mukanya jutek banget."

"Bun, pulang." Dodo narik-narik ujung baju gue sambil mukanya cemberut gitu karena gue liat mobil Wony udah ngga ada lagi dari halaman sekolah. Perasaan tadi pas gue baru dateng ngejemput masih ceria-ceria aja kejar-kejaran sama Wony.

Heh, udahlah, masih kecil woi.

"Saya duluan ya Bu, makasih info perkembangannya Dodo di sekolah," kata gue pamit dan langsung ke mobil sambil megangin tangan Dodo.

Hadeuh. Ribet juga punya anak dua apalagi masih kecil-kecil gini.

"Mau ayam kentucky ngga Do?" tanya gue ke Dodo sambil jalanin mobilnya. Gue juga mikir-mikir bahan makanan yang kesisa di kulkas masih banyak apa ngga. "Bubun masak aja. Ayam goyeng Bubun enak..."

Gemes bangettttt. Pengen unyel-unyel gitu pipi dia soalnya tembem banget tapi gue lagi nyetir sambil gendongan Nana.

Jadi Dodo mukanya emang turunan gue banget. Pipi tembem gitu, mata sipit. Kayak gue versi cowo aja gitu. Kalo Nana turunan Jaemin banget, mata gede, gigi kelinci, pokoknya Jaemin banget.

Terus gue juga bingung kenapa Jaemin ngasih nama pada sama kayak gitu, padahal nama yang bagus masih banyak, gue pengennya kayak nama artis gitu ya kan.

"Ayah mana Bun?" tanya Dodo. "Ayah kerja Sayang. Mulai hari ini Bubun yang jemput Dodo ya?" Dodo langsung ngangguk.

Gue kira dia bakal protes gitu kalo pulang sekolah sama gue ngga seru. Kan biasanya anak-anak emang suka ngabisin waktu sama Ayah gitu karena emang dimanjain juga sih.

Nah gue jelas-jelas kadang galak di rumah dan gue pikir dia bakal ilfeel kalo mulai sekarang gue yang jemput dia pulang sekolah, nyatanya ngga, raut muka dia pun biasa aja ngga kayak cemberut-cemberut gitu. Cerewet juga ngga dia tuh.

Nak, sifat kamu turunan siapa sih? Kok manis banget?

Takutnya juga ke depannya kalo Dodo kayak gini terus dia jadi pendiem banget. Semua dia pendem sendiri, ngga mau cerita apa-apa.

"Tadi belajar apa di sekolah Nak?"

"Tulis-tulis... sama susun balok. Bubun tau nda? Wony peluk Dodo... kalena... Minhee kejal-kejal dia... Wony jadi takut." Jujur, waktu Dodo ngomong gue jadi gregetan sendiri. Tapi gue juga takjub sih, di umur dia yang 4 tahun udah bisa susun kata-kata gitu buat komunikasi. Pertanyaan-pertanyaan pun dia udah betul-betul bisa memahami.

Terlalu muda menurut gue buat perkembangan Dodo. Tapi mungkin karena dia bersosialisasi emang ahli banget, jadi banyak yang bisa dia ambil di sekitarnya.

"Wony itu temen kamu ya?" tanya gue. Dodo ngangguk, "Dia bilang.. ga mau jauh-jauh dali Dodo.."

Ya Ampun, manis banget, ngga tahan.

***

Different | Na Jaemin [✔️]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang