"Assalamu'alaikum, Bunda, Ayah." Sesuai janji. Dodo hari ini pulang malem dan janji bawa cewe ke rumah. Seharian gue dibikin penasaran soalnya Dodo ngga ngasih tau siapa cewenya.
Yah, okay, anak pertama gue udah 18 tahun, hal lumrah kalo dia lagi nyari pasangan di umur segitu.
Dan gue? Aduh, jangan dihitung ya umur gue udah berapa sekarang. Kalo udah sama keluarga kecil gini ngga mau mandang umur lagi, cukup sadar posisi aja sebagai siapa.
Dodo masuk rumah dan di belakangnya ada cewe nyusul yang tingginya udah mau setinggi Dodo. Beda tipis lah. Ngomong-ngomong Jaemin juga pulang cepet katanya pengen liat calon mantu anak pertama dia. Niat banget.
"Siapa atuh namanya?" tanya gue pas cewenya salim ke gue. Sengaja gue campur bahasa Sunda biar agak lembut dan ngga ada kesan kasar atau kayak ngga suka gitu.
"Wonyoung, panggil aja Wony, Bun. Makasih udah disambut ya Bun," kata dia dan ngebungkuk ke hadapan gue gitu.
"Wony? Temen Dodo waktu tk bukan?" tanya gue lagi dan natap mereka berdua gantian. Jaemin mandangin interaksi gue sama Si calon mantu.
"Eh, Bunda inget? Aku sama Wony sebenernya udah satu sekolah waktu smp, terus waktu sma satu kelas jadi agak lebih deket Bun, tapi aku ngga pernah cerita aja, hehe," jawab Dodo cengar-cengir sambil megang tengkuk.
Gue nyuruh Wonyoung duduk terus kita pada cerita basa-basi gitu. "Bun, tau ngga? Dohyon di sekolah tuh cuek banget! Tapi ke mana-mana sering berdua sama kak Hangyul sampe dikira ada kelainan."
"Ya Ampun, kok gitu? Kalian udah berapa lama pacarannya ih kenapa ngga ngasih tau Bunda?" Jujur, kayak ngga bermanfaat aja orang tuanya, masa ngga pernah cerita tentang pacar?
"Ngga ada apa-apa sih, cuma nyari suasana yang tepat," kata Dodo dengan jurus kejutekannya. Bener emang, suasana yang harus diperhatiin kalo mau cerita tentang pasangan, misal aja keadaan rumah lagi ngga akur terus Dodo cerita, kebayangnya bakalan canggung sih.
Tiba-tiba Jaemin yang duduk santai di sofa tunggal ngancungin jempol ke hadapan Dodo. "Anak pinter," terus kita pada ketawa.
"Bun, Nana ke mana?" tahan Jaemin pas gue mau bikinin teh. "Katanya pulang malem, bentar lagi juga pulang," kata gue, anak remaja butuh kebebasan, gue ngizinin Nana sekali-kali keluar malem tapi kalo Jaemin udah berkutik gue ngga komentar lagi.
Jaemin biarin gue, terus pas gue mau ke dapur malah ada yang ngelempar pintu dan pada noleh semua ke pintu utama rumah.
"Na? Kamu mandi dulu gih, kita ngumpul bareng," kata Jaemin. Gue liat Nana mukanya merah banget terus natap ke Dodo pake muka emosi dia, habis itu dia lepas sepatu dan dia lempar gitu aja ke raknya.
Deja vu.
"Bunda," panggil Jaemin pas Nana udah masuk kamar. Jaemin nyamperin gue terus nepuk bahu gue, "Sosok kamu yang dibutuhin Nana saat ini, aku takut salah paham, aku aja yang bikinin teh ya?" kata dia sambil senyum. Senyumnya masih sama.
"Ayah," Jaemin noleh. "Ngga takut kejadian kita terulang sama anak-anak kita?" bisik gue. Gue beneran takut beneran terjadi, masalahnya mereka berdua saudara kandung, ngga mungkin.
"Maksud kamu kayak cerita kita dulu? Em, gini, tugas kita cuma jadi orang tua bijak, takdirnya belum tau gimana, yang penting berusaha dulu," kata Jaemin terus ngelus-ngelus bahu gue. Bener sih kata dia, takdirnya belum tau gimana nanti.
Takut banget Nana ngelakuin hal yang gue lakuin waktu di posisi dia dulu.
Cklk
Ngga, pintunya ngga dikunci.
Dodo sama Wony sempet linglung ngga tau sama keadaan, apalagi anak gue noh bodoamatan pisan orangna.
"Nana.." panggil gue berusaha buat lembut. Nana lagi rebahan terus badannya ngeringkuk jadi ketutupan selimut semua.
"Tinggalin aku sendiri Bun."
"Kalo kamu suka sama abang juga gapapa Na," kata gue pake nada santai gitu biar suasananya ngga tegang-tegang amat.
Nana jadi kaget terus yang tadinya tengkurep di kasur langsung noleh ke gue. "B-bunda ngomong apa sih."
"Kamu tau ngga? Dulu tuh Bundaㅡ"
Gue langsung mutusin kata-kata gue, bukan tanpa alasan. Gue takutnya dengan nyeritain masa lalu, Nana malah salah ngambil pelajaran yang dia dapet. Jaemin pun ngga pernah nyuruh gue cerita, katanya masa depan biar masa depan, jangan pernah nyelipin masa lalu di dalamnya.
Nana sama Dodo itu saudara kandung, sama-sama dari rahim gue. Apa jadinya kalo mereka nasibnya sama kayak gue dan Jaemin?
"Dulu kenapa Bunda?" tanya Nana dan kayaknya udah terlanjur kepo sama kelanjutan kata-kata gue. Akhirnya gue berpikir keras.
Oh, iya.
"Ngga dulu sih, perasaan baru kemaren ya Bunda liat kamu sama Dodo manja-manjaan di balkon?" kata gue dan Si Nana malah uring-uringan lagi.
"Ngga tau aaaaaaah, males ngomongin Abang." Nana nenggelamin mukanya di bantal terus selimutnya dia tarik-tarik.
Gue diem, nunggu dia lanjut ngomong atau ngga. "Aku belum puas tau Bun, beberapa kali ke starbucks, ke mcd, ke mall sering dikira pacaran, tau-tau sekarang Abangnya punya pacar beneran."
"Takut dikira diselingkuhin?" tanya gue. Nana ngangguk di bawah sana.
Terus ngga lama Nana kayak kaget gitu karena keceplosan, terus nutupin seluruh badannya pake selimut. "BUNDA JANGAN KASIH TAU AYAH SAMA ABANG!!"
Gue ketawa banget di situ, tapi kayak ada rasa prihatin juga sama anak sendiri. Prihatin? Dari mananya? Brother complex?
Beneran ngga nyangka bakal kayak gini jadinya.
Tapi dengan begini, seengganya Nana mau cerita sama gue, biar gue tau juga gimana ke depannya.
Bener kata Jaemin, sosok Bunda yang dibutuhin Nana saat ini. Takut Nana macem-macem kayak gue waktu dulu karena gue ngga terlalu banyak nerima perhatian dari orang tua.
KAMU SEDANG MEMBACA
Different | Na Jaemin [✔️]
Fiksi Penggemar《Sequel of Abang-Na Jaemin-》❝Aku ngikutin cara kamu. Kamu berubah, aku juga berubah.❞ Published: 1 Januari, 2020 #1 in nct2020 [080120] #3 in njm [110220] #2 in kangmina [020321]