Bagian dua
Lily menghela nafas dan meletakkan kertas-kertas yang dengan susah payah dia coba tandai. Ramuan adalah topik yang jauh lebih sulit daripada yang dianggap kebanyakan orang. Dia bersandar di kursinya dan mengusap lehernya yang lelah; dia telah mencoba untuk menyelesaikan semua penandaan sebelum dia pergi ke tempat tidurnya untuk malam itu.
Dia melirik sekelilingnya. Ruang stafnya di Hogwarts benar-benar sederhana, meskipun terletak di ruang bawah tanah. Dia telah memberi tempat itu sentuhan wanita dengan mendekorasi dinding semen sebaik mungkin. Di sekitar mejanya dia memiliki foto-foto keluarganya. Dia selalu merasa lebih nyaman untuk bisa berpaling dari pekerjaannya dan melihat wajah orang yang dicintainya. Dia hampir tidak punya kesempatan untuk melihat James lagi. Apa dengan Ramuan mengajarnya dan dia keluar dalam tugas Auror, dan kemudian mereka berdua adalah anggota Orde Phoenix. Ini menyita seluruh waktu mereka. Liburan adalah satu-satunya saat dia bisa bersama keluarganya.
Dia akan bekerja untuk Order penuh waktu jika bukan karena putranya, Damien. Dia telah memulai Hogwarts dua tahun lalu dan dia telah mengambil posisi sebagai profesor Ramuan segera setelah ditawarkan kepadanya. Dia tahu Damien akan mengeluh bahwa dia tidak bisa berbuat jahat ketika ibunya sendiri hadir, tetapi itu bukanlah alasan baginya untuk tidak mengambil pekerjaan itu. Dia menghela nafas lagi dan memegang fotonya. Itu diambil tahun lalu ketika Damien menjadi tahun pertama. Tidak seperti kakak laki-lakinya, Damien bukanlah gambaran James. Dia masih memiliki rambut hitam tapi tidak berantakan seperti James. Dia memiliki mata James, mata cokelat tua yang selalu dia gunakan untuk keluar dari masalah, sekali lagi sangat mirip dengan ayahnya. Meskipun wajahnya seperti Lily. Dia memiliki hidung ibunya, mulutnya dan bahkan senyumnya. Dia juga mewarisi temperamennya yang membara. Dia adalah campuran dari keduanya. Sirius telah mengambil keputusan untuk mengubah Damien menjadi saingan James yang membuat masalah. Tentu saja Damien terlalu bersemangat untuk belajar dari seorang Perampok.
Lily menatap foto James dan merasakan hatinya sakit karena merindukannya. Dia tidak melihatnya selama dua minggu terakhir. Tapi rasa sakit itu tidak seberapa dibandingkan dengan penderitaan yang menimpanya setiap kali dia melihat foto di sebelahnya. Foto itu diambil hanya 3 hari sebelum dia... .diambil. Lily mengalihkan mata zamrudnya ke potret putra tertuanya, Harry. Dia terkikik dan menunjuk padanya. Jantungnya berdegup kencang saat dia melihat bayinya. Dia berpaling dari gambar dan ke kalender kecil di mejanya, tanggal hari ini, 31 Mei. Dia merasakan napasnya tersengal-sengal di dadanya. 'Dua bulan' pikirnya 'dua bulan tepatnya dan dia akan berusia enam belas tahun, memulai tahun keenamnya di Hogwarts'.
Dia selalu memikirkan Harry seperti ini. Sulit bagi James untuk berbicara dengannya setiap kali dia mengangkat topik tentang Harry dan apa yang akan dia lakukan jika dia masih hidup. James telah menerima pukulan emosional karena kehilangan seorang anak jauh lebih keras dari yang diperkirakan. Lagipula itu miliknyateman yang telah mencuri Harry dari tepat di bawah atap mereka dan menyerahkannya kepada monster. James telah bersumpah untuk membalas dendam pada Peter dan Voldemort karena membunuh Harry. James beruntung tidak terbunuh dalam upaya yang dilakukan Peter. Dia telah kehilangan banyak darah dan pukulan di kepalanya membuatnya pingsan selama dua minggu penuh. Dia selalu menyalahkan dirinya sendiri karena dia tidak bisa melindungi putranya. Butuh waktu berbulan-bulan untuk akhirnya mengucapkan sesuatu selain 'Aku minta maaf, Harry... maafkan aku nak... .tidak bisa melindungimu.'
Dua tahun kemudian, kedatangan Damien memberi James kehidupan kedua. Hanya dengan Damien dalam hidupnya barulah James menjadi dirinya sendiri lagi. Dia sangat protektif terhadap putra kedua mereka, bahkan lebih dari Lily. Dia masih membiarkan Damien bersenang-senang, dan bahkan Lily harus mengakui bahwa mungkin tidak ada anak lain yang cukup manja. Tetap saja, Damien adalah anak yang baik, dan dia tidak pernah menerima begitu saja.