Bab Lima Puluh EnamRon dan Hermione berdiri di aula resepsi utama Kementerian, hampir tidak berbicara. Mereka telah menunggu di sini selama dua jam terakhir sekarang. Mereka telah tiba bersama Damien dan Ginny, tetapi Profesor Dumbledore tidak mengizinkan mereka datang ke persidangan. Mereka menolak untuk pulang sampai mereka mengetahui apa yang akan terjadi pada Harry. Jadi mereka memutuskan untuk menunggu di aula resepsi utama. Mereka terus mendapatkan tatapan tajam dari para Auror. Ron hanya merengut pada mereka sementara Hermione berusaha untuk tidak bersikap kasar.
"Menurutmu berapa lama lagi?" Ron bertanya pelan.
"Tidak tahu," jawab Hermione.
Keduanya merasa tidak enak karena tidak membantu Harry. Mereka telah mengakui segalanya kepada Profesor Dumbledore, bahwa mereka telah membantu Harry menghancurkan Horcrux. Mereka telah diberitahu bahwa mereka tidak dapat bersaksi di hadapan Wizengamot karena pengungkapan ini dapat menyebabkan lebih banyak masalah.
Ron terlalu ingin diam dan terus mondar-mandir. Hermione menahan diri untuk tidak mengatakan apapun padanya. Akhirnya dia melihat arus orang yang terus menerus mendekati aula, menuju ke pintu keluar. Kedua remaja itu dengan cepat melangkah ke depan untuk melihat apakah mereka dapat melihat seseorang yang akan memberi tahu mereka apa yang terjadi di persidangan.
Mereka melihat banyak wajah yang tidak mereka kenali. Ron dan Hermione berdiri dengan canggung, mencoba melihat Damien atau Ginny. Ron tersentak dan meraih tangan Hermione. Hermione berbalik untuk melihat ke arah yang dia tatap. Dia merasakan mulutnya ternganga karena terkejut dan terkejut. Neville sedang berjalan bersama dua orang di kedua sisinya. Kedua orang dewasa itu memeluk bahunya. Ron dan Hermione menatap tajam ke dua orang itu. Itu pasti Frank dan Alice Longbottom. Mereka menyaksikan dalam kebisuan saat keluarga Longbottom meninggalkan Kementerian.
"Apa-apaan...," Ron mulai berkata tetapi terputus ketika dia melihat ayahnya berjalan bersama Percy dan Ginny.
Hermione dan Ron berlari ke arah mereka. Hermione merasa jantungnya melonjak saat dia bertatapan dengan Ginny yang tersenyum lebar pada Hermione.
"Ginny! Ginny apa yang terjadi?" baik Ron dan Hermione berteriak padanya dengan campuran kegirangan dan kegugupan.
Ginny terus tersenyum tapi tidak mengatakan apapun. Dia berbalik untuk melihat seseorang datang di belakangnya. Ron dan Hermione mengikuti pandangannya dan menghela napas lega.
Mereka melihat Harry berjalan bersama sekelompok kecil di sekitarnya. Harry memeluk ibu dan ayahnya, mirip dengan Neville. Damien berjalan bersamanya, seringai terpampang di wajahnya yang lelah. Sirius dan Remus ada di sisi James dan Lily. Mereka semua tampak seperti telah melalui neraka dan kembali.
Tanpa menunggu mereka mendekat, Ron dan Hermione berlari ke arah mereka. Harry mendongak tepat waktu untuk melihat gadis berambut lebat berlari ke arahnya. Dia tidak pernah mendapat kesempatan untuk mempersiapkan dirinya saat Hermione mendekatinya. Harry terkesiap sedikit ketika tubuhnya yang babak belur dan memar keberatan dengan pelukan yang tiba-tiba itu. Hermione menjauh darinya dan menatapnya dengan malu. Dia tidak bermaksud melakukan itu tetapi melihat dia berjalan dengan bebas keluar dari Kementerian hanya membuat Hermione bertindak tanpa berpikir panjang.
"Maaf" dia berbisik padanya.
Harry hanya tersenyum lelah padanya, tidak benar-benar menyalahkannya. Dia tidak tahu bahwa Harry sangat kelelahan sehingga dia berjuang untuk tetap tegak. Ron datang untuk berdiri di samping Hermione. Dia berseri-seri pada Harry dan Harry tahu bahwa dia sangat dekat untuk memeluknya juga. Ron hanya tersenyum padanya, tidak benar-benar tahu harus berkata apa.