Bab Lima Puluh EmpatButuh lebih dari satu jam untuk akhirnya menenangkan Damien. Awalnya dia siap untuk turun ke bawah dan menceritakan semuanya kepada orang tuanya, tetapi tiga orang lainnya tahu bahwa Damien hanya marah dan tidak benar-benar ingin melakukan itu. Dia hanya mati-matian mencari cara untuk membuat Harry tetap tinggal.
Ketika Lily naik ke atas untuk memberi tahu Damien bahwa mereka siap untuk pulang, Damien berhasil keluar dari kamar dengan kepala menunduk. Lily menatap putranya dengan belas kasih, salah membaca emosinya karena mengira dia kesal karena ayahnya.
"Dia akan tenang, Damy. Beri dia ruang" katanya sambil memeluk bahu anak yang lebih muda dan memeluknya.
Damien tidak menjawab. Dia terjebak dengan apa yang harus dia lakukan. Jika dia tetap diam sekarang, mereka semua akan kehilangan Harry, mungkin selamanya. Damien melihat ayahnya berdiri di samping perapian, siap untuk pergi. Hanya ada Mrs Weasley di ruangan itu. Semua orang telah pergi. Damien memutuskan bahwa dia akan mengabaikan apa yang dikatakan semua orang dan hanya memberi tahu ayahnya segalanya.
"Ayah"
James memandang sekelilingnya tetapi tidak menjawab.
Sebelum Damien bisa mengatakan apapun, kata-kata yang diucapkan Ginny beberapa menit yang lalu terlintas di benaknya.
'Harry menjalani seluruh hidupnya seolah-olah dia berada di dalam sangkar. Kandang yang sangat rumit tetapi bagaimanapun juga itu adalah kehidupan yang terkurung. Voldemort tidak pernah membiarkan Harry menjalani kehidupan yang layak. Jika kamu benar-benar mencintainya, Damy, kamu harus membebaskannya. Dia tidak akan senang jika Anda memaksanya melakukan sesuatu. Biarkan dia pergi. Itu yang dia inginkan. Untuk kali ini Harry harus bisa melakukan apa yang dia inginkan '
Kekuatan baru Damien yang ditemukan hancur saat dia mengingat kata-katanya. Dia tahu bahwa Ginny memiliki banyak alasan untuk menginginkan Harry tetap seperti dia. Tetapi jika dia bisa melepaskannya, Damien harus mencobanya juga.
"Sial?" Lily bertanya karena mereka semua menunggu untuk melihat apa yang ingin dikatakan Damien.
Damien hanya menggelengkan kepalanya untuk memberi isyarat bahwa dia tidak punya sesuatu untuk dikatakan.
James pergi ke Perapian untuk pulang dulu. Kemudian Damien akan pergi dan kemudian Lily.
Saat perapian berubah menjadi hijau dan James menghilang, Damien bergerak menuju perapian. Dia melewati jendela dan melihat ke luar dengan insting. Dia berhenti sesaat.
Harry masih di luar. Dia melihat Harry keluar dari bayang-bayang, hanya sedikit sehingga Damien bisa melihatnya. Damien menghendaki dirinya sendiri untuk tidak lari keluar. Damien diam-diam menganggukkan kepalanya ke arah Harry, matanya kembali berkaca-kaca. Harry mengangkat tangannya dengan sangat lambat sambil memberi isyarat selamat tinggal padanya. Damien juga mengangkat tangannya dan kemudian menyisir rambutnya, untuk menyamarkan ucapan selamat tinggalnya yang enggan.
Damien terpaksa pindah, karena dia tidak bisa hanya berdiri di samping jendela. Dia melihat Harry menjauh saat dia mulai berjalan menuju perapian. Harry menghilang ke dalam bayang-bayang lagi tepat saat Damien mengalihkan pandangan darinya. Dengan kepala menunduk, Damien bergegas ke perapian. Dia hampir tidak bisa berbicara karena benjolan di belakang tenggorokannya. Dia melihat ibunya sekilas. Dia menatapnya dengan ekspresi khawatir. Dia tahu ada sesuatu yang mengganggunya selain perilaku James terhadapnya. Lily memutuskan dia akan berbicara dengannya nanti dan melihat apa yang sedang terjadi.
Damien tiba di Godric's Hollow dan bergegas ke kamarnya, mengunci pintu di belakangnya. Dia tahu dia akan hancur jika ada yang berbicara dengannya malam ini.